Garasi.id
Komponen mobil yang bisa didaur ulang

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

05 Mei 2020 | 17:38 WIB

Tidak semua komponen yang rusak pada mobil berarti tidak bisa di pergunakan lagi atau harus dibuang lho Sahabat. Nyatanya ada beberapa komponen mobil yang dapat di daur ulang dan digunakan lagi. Apa saja ya? yuk simak

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Ada 6 bagian mobil yang bisa dimanfaatkan lagi untuk hal yang lebih berguna. Adapun komponen yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

1.Kaca Depan Mobil

Kaca depan  mobil yang retak dan tidak bisa diperbaiki lagi, maka bisa didaur ulang dan dimanfaatkan untuk bahan isolasi fiberglass. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan Sahabat,  maka kaca depan mobil Sahabat memang wajib untuk diperbaiki.

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Namun pastikan kaca depan  mobil rusak tersebut Sahabat serahkan ke tangan orang yang tepat agar bisa dijadikan atau diberdayagunakan kembali. Sahabat bisa memberikannya ke tangan orang yang paham akan daur ulang. penyebab embun pada kaca mobil bisa Sahabat jadikan sebagai informasi tambahan.

Kaca depan mobil yang rusak tersebut jika di daur ulang akan bisa dimanfaatkan menjadi bahan dasar blok beton dan juga batok kaca. Semantara itu, plastik yang merupakan pinggiran dari kaca depan mobil yang sudah rusak tersebut bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan karpet lem. 

2. Ban Bekas

Ban bekas pada mobil Sahabat jangan buru buru dibuang ke tempat sampah, karena ban  bekas yang sudah tidak terpakai ini bisa didaur ulang kembali sebagai bahan untuk aspal jalanan. 

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Jika Sahabat habis mengganti ban lama dengan ban yang baru, sebaiknya Sahabat jual ke pengepul barang bekas. Selain berdaya guna, maka ban ini juga tidak akan menyumbang banyaknya sampah dimuka bumi ini.

3. Gagang Pintu dan Besi Tua Lainnya

Pada umumnya, jika mobil sudah tergolong memiliki usia tua, maka kita akan dapati banyak sekali komponen yang harus diganti jika kita akan meremajakan mobil itu kembali. Sebut saja seperti gagang pintu yang memang notabenenya terbuat dari bahan besi.

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Jika Sahabat melakukan peremajaan terhadap mobil tua kesayanagn, maka tentunya ada banyak bahan besi yang bisa Sahabat manfaatkan untuk di daur ulang kembali. 

Gagang pintu atau berbagai besi tua yang lainnya yang terdapat pada mobil Sahabat, bisa di manfaatkan sebagai bahan baku pembuatan besi batangan, yang mana besi-besi batangan tersebut bisa dimanfaatkan dan diberdaya gunakan untuk keperluan yang lainnya. Sebut saja seperti bahan bangunan atau yang lainnya.

4. Jok Mobil

Jok mobil juga bisa Sahabat manfaatkan untuk kebutuhan atau keperluan yang lainnya jika Sahabat mendaur ulangnya. Sebut saja seperti pembuatan kursi santai, sebagai busa karpet lantai atau untuk keperluan yang lainnya.

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Mobil yang sudah memiliki masa pakai yang lumayan lama dan juga intensitas pemakaian yang lumayan sering tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi jok mobil itu sendiri. Oleh karena itulah sering banyak mobil yang mengganti jok mobilnya.

Entah itu memang karena sesuai kebutuhan akan diganti dan bisa juga oleh keinginan pemilik mobil untuk mendapatkan jok mobil yang sesuai dengan keinginannya. Dan bekas dari jok mobil yang Sahabat ganti tersebut bisa di daur ulang untuk kebutuhan yang lainnya.

5. Oli Mobil

Meski memang bukan termasuk ke dalam komponen dari sebuah mobil, namun oli bekas atau oli yang sudah kotor dalam mobil kamu bisa diolah kembali untuk keperluan yang lainnya. Sebut saja seperti pelumas rantai motor, pelumas pagar rumah, atau bisa juga digunakan untuk kebutuhan pelumas bahan yang lainnya.

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Selanjutnya, bagian mobil yang bisa digunakan kembali adalah aki mobil bekas. 

6. Aki Mobil

Bagian lain yang bisa didaur ulang adalah baterai atau yang sering disebut aki. Bahkan di negara maju, bagi pemilik mobil yang memiliki aki tidak terpakai biasanya mengembalikannya ke dealer atau toko untuk didaur ulang.

Ini Komponen Mobil Yang Bisa di Daur Ulang

Itulah berapa komponen mobil yang bisa di daur ulang untuk kebutuhan yang lain. Semoga bermanfaat bermanfaat ya Sahabat. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 11:03 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelibekasdaurulangkomponenrusakmanfaatgarasiidotomotif