Bertemakan Future in Motion, GIIAS 2019 menjadi ajang pamer mobil lsitrik di tanah air
Bertemakan Future in Motion, GIIAS 2019 menjadi ajang pamer mobil lsitrik di tanah air

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019

23 Jul 2019 | 15:01 WIB
BAGIKAN

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2019 menghadirkan beberapa mobil ramah lingkungan alias Hybrid. Sesuai dengan tema tahun ini, Future in Motion, mulai dari mobil bertenaga listrik hingga mobil berteknologi hybrid yang menggabungkan bahan bakar fosil dan tenaga listrik melalui baterai dipamerkan dalam gelaran akbar otomotif tahunan ini.

Sederet nama pabrikan otomotif besar dunia seakan tidak ingin ketinggalan untuk memamerkan mobil berteknologi canggih yang ramah lingkungan. Berikut ini adalah beberapa mobil ramah lingkungan yang dipamerkan di ajang GIIAS 2019:


BMW i3S

BMW Group of Indonesia meluncurkan New BMW i3S sebagai mobil berteknologi listrik yang dibanderol dengan harga 1,299 miliar off-the-road. Mesin dari BMW i3s mampu menyuplai tenaga sebesar 137 Kw atau setara dengan 184 dk. Untuk model yang sekarang, BMW i3s mampu mencapai torsi maksimal hingga 269 Nm, meningkat sebesar 20 Nm ketimbang dengan model sebelumnya.

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019


Walaupun menggunakan mesin listrik, BMW i3s diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,9 detik saja.


BMW i8 Roadster

Selain BMW i3s, BMW juga membawa seri i8 Roadster dalam ajang GIIAS 2019 ini. Menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.5000 cc tiga silinder TwinPower Turbo, BMW i8 Roadster mampu melontarkan tenaga sebesar 231 dk. Jika dipadukan dengan motor listriknya, BMW i8 Roadster mampu menghasilkan tenaga hingga 374 dk dengan torsi maksimal sebesar 420 Nm.

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019



DFSK Glory E3

Produsen mobil asal China Dongfeng Sokonindo (DFSK) membawa mobil listriknya yakni Glory E3 di GIIAS 2019. Mobil yang kuat dengan desain SUV itu sebelumnya pernah tampil untuk pertama kalinya di ajang Shanghai Auto Show 2018 lalu. DFSK Glory E3 menggunakan sistem penggerak motor listrik dan baterai berkapasitas 52,56 kwh yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 405 kilometer.

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019


Untuk pengisian baterai, Glory DFSK E3 hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mencapai 80 persen daya baterai dengan menggunakan teknologi fast charging.


Renault Twizy

Seakan tidak mau kalah, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) menghadirkan mobil listrik Renault, yaitu Renault Twizy pada ajang GIIAS 2019. Twizy hadir dengan desain unik berbodi futuristik dan elegan. Kendaraan dengan empat roda itu hanya dapat diisi dua orang saja dan menjadi brand carrier Renault di Indonesia.

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019


Renault Twizy dibekali motor listrik berdaya empat kW. Baterai lithium ion dengan kapasitas mencapai 6,1 kWh dapat menempuh rata-rata 60-80 km perjalanan dalam sekali pengisian. Pengisiannya baterai itu membutuhkan waktu tiga jam hingga baterai penuh.


Daihatsu HYFun

Mobil prototipe masa depan dengan status ‘World Premiere’ diperkenalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di GIIAS 2019 kali ini. Model baru yang dipamerkan pabrikan asal Jepang tersebut memiliki nama Daihatsu HYFun.

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019


Lekuk desain yang tajam, digabungkan dengan model grill bertingkat seperti pada Xenia facelift dan sentuhan warna biru pada tiap ruas grill, semakin mempertegas tampilan Daihatsu HYFun sebagai mobil masa depan yang membawa teknologi hybrid.

Bila dilihat dari samping, terlihat tampilan mobil sport utility vehicle dengan atap yang tinggi dan melandai di bagian belakang. Menariknya, sistem buka tutup pintu pada baris pertama dan kedua cukup unik karena harus digeser yang berlawan arah. Sistem pintu itu membuat kabin sangat terasa lapang ketika kedua pintunya dibuka lebar.


Mitsubishi Outlander PHEV

Lagi-lagi produsen mobil asal Jepang kembali menjadi ‘primadona’ GIIAS 2019 dengan meluncurkan mobil hybrid yang menawan. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan mobil berjenis SUV berteknologi hybird, Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicles) .

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019


Bermesin 2.400 cc dengan tenaga 99 Kw atau 132 dk, Outlander PHEV mampu melontarkan torsi sebesar 211 Nm. Outlander PHEV menggunakan motor listrik di bagian depan dan belakang penggerak rodanya. Untuk bagian depan, motor listrik penggerak rodanya mampu melontarkan tenaga sebesar 60 Kw dan memiliki daya jelajah sejauh 45 kilometer. Sedangkan untuk motor listrik penggerak roda belakangnya, mampu melontarkan daya sebesar 70 Kw atau sekitar 93 dk.

Terkait pengisian daya mobil, pengendara bisa melakukan dengan dua cara yaitu Regular Charging dan Quick Charging.


Toyota C-HR Hybrid

PT Toyota-Astra Motor resmi meluncurkan kendaraan ramah lingkungan, CH-R Hybrid di Indonesia, yang akan dipasarkan mulai Rp 523 juta.

C-HR Hybrid menggunakan teknologi Toyota Hybrid dengan dua motor penggerak yaitu Internal Combustion Engine (ICE) dan motor listrik. Model itu memakai mesin 2ZR-FXE dengan power 100 PS yang dikombinasi motor listrik berkekuatan 36 PS.

Ini Mobil-Mobil Hybrid yang Hadir di GIIAS 2019


Sebagai kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan, konsumsi bahan bakar C-HR Hybrid diklaim lebih efisien 62 persen dibandingkan varian konvensional sehingga emisinya CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60 persen.


Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 23 Jul 2019 | 15:01 WIB
BAGIKAN