Lampu Mobil Redup Bikin Gak Nyaman Berkendara
Lampu Mobil Redup Bikin Gak Nyaman Berkendara

Ini Penyebab Lampu Mobil Redup dan Bikin Tidak Nyaman Saat Berkendara!

25 Mar 2022 | 11:00 WIB

Lampu mobil menjadi komponen kendaraan yang sangat penting ketika kita hendak berkendara di malam hari. Tidak adanya lampu atau lampu mobil redup pastilah membuat perjalanan menjadi tidak nyaman bahkan membahayakan pengendara. Untuk itu, Sahabat wajib nih melakukan pengecekan rutin lampu mobil agar selalu dalam kondisi yang optimal dan terhindar dari permasalahan.



Lampu Mobil Redup Bikin Gak Nyaman Berkendara

Lampu Mobil Redup Bikin Gak Nyaman Berkendara


 

Tetapi buat Sahabat yang terlanjur memiliki permasalahan pada lampu mobil seperti lampu mobil yang redup, Sahabat perlu menyimak penyebab lampu mobil redup seperti dibawah ini.

 

1. Relay lampu rusak

Fungsi relay adalah sebagai jembatan bagi arus listrik utama dari baterai langsung masuk ke lampu. Di dalam relay, ada dua rangkaian, yakni rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar lampu dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu. Saat saklar dinyalakan, maka rangkaian utama pada relay akan terhubung sehingga lampu bisa menyala.

Masalah yang sering terjadi, adalah karena kontak di dalam relay itu tidak kencang atau longgar, saat kontak didalam relay renggang maka arus listrik yang sampai ke lampu itu menjadi lebih sedikit sehingga sinar lampu menjadi redup.

2. Soket lampu karatan

Karat ternyata bisa bertindak sebagai hambatan. Pada lampu, karat yang sering ada pada soket bisa menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke lampu. Akibatnya, sinar lampu kurang maksimal atau redup.

Coba Cek Soket Lampu Saat Lampu MObil Kamu Redup

Coba Cek Soket Lampu Saat Lampu MObil Kamu Redup


3. Soket Lampu Meleleh

Lelehan di area soket lampu juga berpotensi menyebabkan lampu mobil redup karena lelehan ini bertindak sebagai hambatan listrik. Soket lampu yang meleleh, bisa diawali dari soket yang kurang klop atau kurang masuk ke dalam terminal lampu. Hal ini menyebabkan adanya loncatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap. Loncatan elektron ini meninggalkan panas yang bisa melelehkan area sekitar terminal lampu yang umumnya berbahan plastik.

4. Aki lemah

Sudah menjadi hal yang lumrah kalau aki lemah berarti tegangan didalam aki juga lemah. Artinya bukan hanya lampu tapi kelistrikan lain juga menjadi kurang maksimal. Contoh proses starting yang berat dan klakson yang suaranya lemah.

Masalah ini, umumnya terjadi saat kondisi mesin mobil dalam kondisi mati. Namun kalau mesin berhasil dihidupkan ada alternator yang sanggup menyuplai semua kebutuhan arus listrik.

5. Mika Lampu Kusam

Kaca lampu atau mika lampu biasanya memiliki kondisi yang sangat bening ketika mobil baru berumur tiga tahun.

Namun kalau sudah lewat tiga tahun, maka kondisi mika akan menjadi lebih kusam. Hasilnya, sinar yang dihasilkan lampu di dalam headlamp tidak mampu terpancar keluar dengan sempurna karena kotoran atau jamur yang menyelimuti mika lampu tidak bisa ditembus cahaya.

6. Bohlam Lampu Rusak

Terakhir, masalah lampu mobil redup juga bisa disebabkan karena kualitas bohlam lampu itu sendiri. Ada beberapa jenis lampu yang digunakan pada mobil, antara lain bohlam halogen dan lampu LED.

Untuk yang halogen, menggunakan kawat tipis bernama filamen yang apabila dialiri arus listrik maka akan membara. Gas halogen, dimasukkan ke bohlam agar bara pada filamen menjadi lebih terang. Kalau kondisi filamen gosong, atau gas halogen pada bohlam bocor maka lampu bisa menjadi redup.

Nah Sahabat, itulah penyebab yang kerap timbul pada lampu mobil kendaraan. Semoga dengan mengetahui penyebab lampu mobil redup, Sahabat jadi bisa langsung memperbaikinya ataupun merawat lampu mobil sedini mungkin sehingga tidak perlu mengalami lampu mobil redup. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 25 Mar 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiflampumobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family