Rawat Mobil Diesel Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama
Rawat Mobil Diesel Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Ini Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap Putih

01 Feb 2022 | 15:00 WIB

Memiliki kendaraan diesel memang memerlukan perawatan yang ekstra. Sebab, mesin diesel memiliki beban kerja yang terbilang ekstrem dibanding mobil bensin karena rasio kompresi tinggi dan turbo.

Kendaraan bermesin diesel lebih kuat dan memiliki performa lebih stabil ketimbang mesin bensin. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mobil diesel memiliki risiko rusak 3 kali lipat lebih besar dan memakan biaya reparasi yang lebih besar pula.

 

Pahami Cara Perawatan Mobil Diesel Yang Benar

Pahami Cara Perawatan Mobil Diesel Yang Benar


Kerusakan yang paling mendasar pada mobil diesel adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Nah, Sahabat Garasi perlu mengetahui tanda-tandanya sehingga mobil diesel tersebut harus masuk bengkel. Ini ulasannya:

1.    Kondensasi Udara Dingin

Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki suhu dingin, maka mobil diesel akan mengeluarkan asap putih pada saat dipanaskan. Asap putih ini adalah hasil dari udara dingin yang ada di sekitar mobil.

Asap putih yang dihasilkan dari proses kondensasi ini cenderung tipis dan juga cepat menghilang. Biasanya, asap ini akan menghilang tidak lebih dari lima menit. Apabila mobil Kamu mengalami kondisi ini, maka tidak perlu khawatir. Karena asap putih ini tidak lebih hanya sekadar reaksi mesin mobil terhadap perubahan suhu dari dingin menjadi panas.

2.    Silinder Rusak

Keluarnya asap putih dari knalpot mobil diesel juga bisa disebabkan oleh komponen silinder yang mengalami kerusakan. Kerusakan ini tentu saja akan memengaruhi proses pembakaran bahan bakar. Hasilnya, posisi ring piston juga akan bergeser dan oli bisa mengalami kebocoran hingga ruang bakar. Hal inilah yang menyebabkan keluarnya asap putih tebal pada saat mobil dipanaskan.

3.    Umur Mobil Tua

Umur kendaraan juga dapat memengaruhi mobil diesel untuk mengeluarkan asap putih saat dipanaskan. Apabila umur mobil sudah terlalu tua atau di atas 7 tahun, maka kondisi mesin pun akan mengalami banyak penurunan. Sistem pembakaran bahan bakarnya tentu tidak sebaik pada saat mobil baru pertama digunakan. Hasilnya, knalpot mobil pun akan mengeluarkan asap putih pada saat dipanaskan.

4.    Blok Mesin Retak

Retaknya bagian blok mesin ini membuat air akan merembes masuk ke dalam ruang bakar mesin. Air yang masuk inilah yang membuat knalpot mobil diesel akan mengeluarkan asap putih tebal pada saat dipanaskan.

Proses pembakaran pada mobil hanya melibatkan bahan bakar saja. Apabila ada zat lain yang seperti air yang ikut terbakar tentu bisa dipastikan hasil dari pembakaran tersebut akan berbeda.

5.    Oli Terbakar

Zat lain yang bisa ikut terbakar adalah oli. Oli yang ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar ini akan menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih tebal. Dalam kondisi normal, tentu saja oli tidak akan bisa masuk ke dalam ruang bakar mesin. Oli akan terhenti di ring piston sebelum bisa mencapai ruang bakar. Apabila oli bisa mencapai ruang bakar, maka artinya ring piston mengalami kerusakan. Bisa jadi karena aus sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Jika keadaan ring piston sudah aus, maka ada baiknya lakukan perbaikan segera untuk menormalkan kembali kinerja di dalam mesin mobil. Pentingnya Ganti Oli diganti, mengurangi resiko kerusakan pada mesin mobil.

6.    Pompa Bahan Bakar Aus

Penyebab mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan yang terakhir adalah pompa bahan bakar yang sudah mulai aus. Biasanya, masalah ini disebabkan karena mobil menggunakan pompa bahan bakar model manual. Pada saat membrane pompa rusak, oli akan masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar bersama dengan bakar. Imbasnya tentu knalpot mobil akan mengeluarkan asap putih sebagai hasil pembakarannya.


Tips Merawat Mobil Diesel

Walaupun mobil diesel dikenal dengan ketangguhannya, Sahabat Garasi masih perlu rajin untuk melakukan perawatan berkala agar tetap awet dan tahan lama. Berikut caranya:

1.    Panaskan Mobil

Apabila mobil hendak digunakan, panaskan terlebih dahulu mesin mobil selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk melancarkan sirkulasi oli sehingga dapat melumasi komponen yang ada di dalam mesin.

2.    Pakai Oli yang Tepat

Cara merawat mobil diesel selanjutnya adalah melakukan penggantian oli dengan spesifikasi yang tepat. Seperti yang diketahui, fungsi oli mesin adalah sebagai pendingin suhu mesin, membersihkan, dan melindungi komponen yang ada di dalam mesin. Maka dari itu, gunakanlah oli mesin yang memiliki spesifikasi sesuai dengan rekomendari pabrikan dan jangan pernah telat untuk mengganti oli mesin.

3.    Pakai BBM Berkualitas

Merawat mesin diesel juga bisa dengan cara memerhatikan kualitas bahan bakar yang digunakan. Karena solar, bahan bakar yang digunakan oleh mesin diesel memiliki kandungan Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah.

Beberapa jenis solar dengan kadar CN tinggi dan juga kandungan sulfur yang rendah telah tersedia di berbagai SPBU di Indonesia. Kandungan sulfur yang tinggi ini bisa membuat komponen injektor menjadi rusak dan pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak sempurna.

4.    Servis Berkala Filter Bahan Bakar

Penggantian filter bahan bakar ini wajib dilakukan karena berfungsi sebagai alat penyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air atau kotoran. Ketika kandungan air atau kotoran yang ada di solar masuk ke sistem pembakaran, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan besar kemungkinan mobil akan mogok.

Pastikan juga filter bahan bakar diganti sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang ada pada buku manual mobil untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat air atau kotoran berhasil masuk di mesin.

5.    Ganti Filter Udara

Proses pembakaran pada mesin akan sempurna karena dipengaruhi oleh faktor udara yang bersih. Namun, debu atau kotoran yang ukurannya sangat-sangat kecil bisa terbawa angin dan juga masuk melalui pori-pori filter udara. Debu dan kotoran yang terlanjur masuk melewati filter udara ini tentunya akan memengaruhi proses pembakaran yang menjadi tidak sempurna.


Memelihara mesin dan melakukan servis mobil adalah salah satu bentuk kasih sayang yang bisa kita lakukan agar mobil selalu prima saat dikendarai. Untuk itu, sebagai komitmen Garasi.id sebagai #SolusiPuas untuk semua kebutuhan mobil anda!. Sahabat bisa mendapatkan berbagai macam servis mobil khususnya bagian mesin di Promo Gaspol In Love. Promo yang berlangsung hingga 28 Februari tersebut menawarkan beragam perawatan mesin mulai dari servis berkala, kuras air radiator, kuras minyak rem, engine tune up hingga ganti oli mobil.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 17 Feb 2022 | 09:50 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmesindieselservisberkalaperawatanmobilgarasiid