Menyalakan dan Mematikan AC di Waktu Yang Tidak Tepat Juga Berbahaya
Menyalakan dan Mematikan AC di Waktu Yang Tidak Tepat Juga Berbahaya

Ini Risiko Menyalakan AC Mobil Tanpa Menyalakan Mesin

03 Jul 2023 | 11:27 WIB

AC merupakan salah satu benda dengan fungsi yang cukup penting pada kendaraan roda empat yang berfungsi menyejukkan atau mendinginkan kabin mobil untuk melawan hawa panas di luar. Saat menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil, kita pasti biasa langsung menyalakan penyejuk kabin atau air conditioner (AC).


Terlebih bila cuaca sedang panas, otomatis Sahabat akan menyalakan AC ketika masuk dalam mobil atau saat mobil sedang berjalan. Namun, menyalakan dan mematikan AC pun tak bisa sembarangan. Terkadang pengemudi akan menyalakan AC saat mobil berhenti dan mesin dimatikan. Hal ini biasa dilakukan saat sedang menunggu seseorang atau saat sedang berhenti sebentar di suatu tempat.


Cek Secara Berkala Kondisi AC Mobil

Cek Secara Berkala Kondisi AC Mobil


Agar tak merasa gerah, pengemudi yang menunggu di dalam mobil akan tetap menyalakan AC meskipun mobil berhenti dan mesin mati. Hal ini ternyata ada bahayanya lho, Sahabat. Bahayanya bukanlah karena bisa menyebabkan kecelakaan atau mengganggu kesehatan. Akan tetapi, bahaya di sini adalah berpengaruh pada kinerja AC yang akan menjadi cepat rusak dan mesin mobil yang juga akan terkena imbasnya. 


Menyalakan AC saat mesin mati bisa menyebabkan mobil mogok dan tak bisa dinyalakan kembali. Bahkan, ketika sudah menyalakan mesin pun, Sahabat tidak boleh langsung menyalakan AC karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen AC mobil. Sebaiknya tunggu selama beberapa saat setelah mesin menyala untuk menghidupkan AC.


Lakukan Pengecekan Kelistrikan Mesin Mobil

Lakukan Pengecekan Kelistrikan Mesin Mobil


Apa yang akan terjadi jika AC dipaksa untuk menyala padahal mesin mobil masih mati? Berikut ini beberapa risiko hidupkan AC saat mesin mobil mati yang perlu Sahabat waspadai.


  • Cadangan Listrik Mobil Tekor

Pada dasarnya, komponen AC mobil memerlukan listrik untuk bisa menyala. Listrik ini didapatkan dari baterai atau accu mobil. Akan tetapi, listrik baru bisa tersalurkan ketika sistem listrik mobil sudah hidup. Sistem pengisian listrik tidak akan hidup selama mesin mobil belum menyala. Jadi, ketika AC tetap dipaksa untuk menyala meski mesin belum dihidupkan, maka komponen AC akan menarik listrik cadangan dari baterai cadangan. Alhasil, hal ini akan membuat baterai atau sumber listrik cadangan pada mobil jadi tekor. Jika listrik tekor, mesin mobil tidak akan kuat untuk melakukan starter.


  • Komponen AC Mobil Rusak

AC mobil terdiri atas sejumlah komponen, termasuk kompresor, kondensor, dan evaporator AC mobil. Ketiga komponen ini memerlukan daya listrik yang sangat besar untuk bisa dihidupkan. Saat mesin mobil masih mati, maka tidak ada sumber listrik yang bekerja. AC mobil yang dipaksa untuk menyala saat mesin mati akan menarik listrik dari sumber listrik cadangan.


Tapi, jumlah listrik cadangan ini terbatas sehingga tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik pada sejumlah komponen AC. Apabila komponen ini tidak mendapatkan dorongan listrik yang memadai, maka risikonya akan jadi lebih cepat mengalami kerusakan.  Sementara, jika ingin komponen AC lebih awet, maka harus mendapatkan sumber listrik yang kuat dan listrik kuat itu hanya bisa didapatkan setelah mesin mobil dinyalakan.


Mobil Mogok Jika Komponen Mengalami Kerusakan
Mobil Mogok Jika Komponen Mengalami Kerusakan

Catat Sahabat, memaksa untuk hidupkan AC saat mesin mobil mati sangat berisiko. Selain hal itu, sebenarnya kebiasaan buruk dalam mematikan mesin juga bisa memicu sejumlah masalah lain pada mobil. Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat akan mematikan mesin mobil. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.


1. Tidak Mematikan AC Sebelum Mesin Mobil Mati

Perlu diperhatikan, sebelum mematikan mesin mobil sebaiknya matikan AC mobil terlebih dahulu. Mengapa demikian? Ketika AC menyala, kompresor akan berputar. Saat mesin tiba-tiba dimatikan saat kompresor masih berputar, makan akan terjadi hentakan keras pada kompresor AC. Hentakan yang terjadi secara terus-menerus akan membuat kompresor lebih cepat rusak dan tidak tahan lama. Lama-kelamaan, kerusakan pada kompresor akan membuat AC mobil tidak dingin.


Ini Risiko Menyalakan AC Mobil Tanpa Menyalakan Mesin

Rawat AC Mobil Secara Berkala


2. Mematikan Mesin Saat Putaran masih tinggi

Putaran tinggi terjadi ketika Sahabat menginjak gas. Jangan sampai, setelah menginjak gas dan putaran masih tinggi, kamu langsung mematikan mesin secara mendadak. Ketika putaran masih tinggi, piston juga masih bergerak naik-turun dengan kecepatan tinggi. Selama piston bergerak, oli mesin akan membantu melumasi piston agar pergerakan lebih halus.


Tapi Sahabat, apabila mesin tiba-tiba dimatikan, maka oli tidak bisa tersalurkan dengan baik ke piston. Akibatnya, piston tetap akan bergerak cepat tanpa adanya pelumasan yang memadai. Hal ini akan membuat mesin mobil cepat aus.


3. Tidak mematikan Audio Sebelum Mesin Mobil Mati

Selain mematikan AC, pastikan Sahabat juga sudah mematikan audio mobil sebelum mesin dimatikan. Jika audio tidak dimatikan, maka saat mesin mobil dinyalakan kembali, audio akan langsung menyala secara otomatis. Namun, audio yang langsung menyala begitu mesin dihidupkan sebenarnya lebih berisiko.


Sistem audio akan mendapatkan listrik yang tidak stabil begitu mesin baru dinyalakan. Listrik yang tidak stabil akan merusak komponen di dalam sistem audio mobil. Kerusakan akan semakin parah jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus.


Pilih Layanan Jasa Servis Terbaik

Pilih Layanan Jasa Servis Terbaik di www.Garasi.id


Selain itu, jika ingin komponen AC tetap awet, maka pastikan untuk selalu menghindari kebiasaan buruk sebelum mematikan mesin, salah satunya membiarkan AC menyala meski mesin mobil sudah dimatikan. Memiliki mobil tentu Sahabat sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. Sebab, apabila dibiarkan terlalu lama, maka kondisi kerusakan akan semakin parah. Kerusakan yang parah akan memakan biaya perbaikan yang juga semakin tinggi.


Karena itu, jangan menunda waktu untuk servis AC mobil. Begitu merasakan adanya tanda kerusakan, langsung bawa mobil kesayangan untuk diservis. Sahabat bisa kunjungi e-commerce otomotif terpercaya www.Garasi.id, temukan layanan jasa servis yang sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan Sahabat. Jika terdapat kendala Sahabat bisa tanyakan langsung ke tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Jul 2023 | 11:27 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalaacmobilsolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family