Ini Sebenarnya Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter
Ini Sebenarnya Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ini Sebenarnya Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

30 Mei 2022 | 15:00 WIB

Sangat menjengkelkan memang bila mobil kesayangan tiba-tiba tidak bisa distarter padahal sedang buru-buru ingin digunakan. Penyebab mobil tidak bisa distarter biasanya karena bagian aki sudah mulai usang ataupun soak. Komponen penyimpan energi listrik pada mobil ini memang akan mengalami penurunan fungsi seiring jangka waktu pemakaian. Semakin lama waktu pakainya, maka aki akan semakin menurun kinerjanya. Namun, selain karena aki, apakah ada penyebab lain mobil tidak bisa distarter atau dihidupkan?

Ini Sebenarnya Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter


Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Berikut ini adalah informasi mengenai berbagai penyebab mobil tidak bisa distarter. Agar dikemudian hari Sahabat bisa mengenali penyebab dan mengerti mengatasinya. 

Ini Sebenarnya Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter


1. Busi mobil kotor

Busi adalah komponen penting dalam proses starter mobil. Busi yang kotor bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter. 

Debu dan kotoran dapat menghambat percikan bunga api ketika proses starter dijalankan. Untuk itu Sahabat harus rutin melakukan pembersihan pada busi untuk mencegah kotoran menempel.Gosok bagian busi yang kotor dengan cairan khusus. 

Namun, bisa juga busi motor sudah tak dalam kondisi baik sehingga mobil susah dinyalakan saat kondisi mesin masih panas. 

Saat temperatur mesin sudah menurun, barulah mobil dapat dinyalakan. 

Kalau seperti ini kondisinya, maka ada baiknya Sahabat segera mengganti busi dengan yang baru agar tak menghambat kinerja mobil. 

2. Gigi Pinion Rusak

Gigi pinion adalah roda gigi kecil di antara dinamo starter dan flywheel. Komponen ini berfungsi ketika mesin dihidupkan dan roda gigi pinion muncul dan kemudian bertautan dengan roda gigi pada flywheel.

Roda gigi pinion ini bisa aus karena selalu bersinggungan dengan flywheel. Jika masalahnya di gigi pinion, satu-satunya cara adalah mengganti komponen ini.

 

3. Aliran bahan bakar tak lancar

Agar bisa menyala, mesin membutuhkan bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin. Akan tetapi, apabila aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan sempurna, maka mobil tidak bisa distarter. 

Logikanya, bagaimana mungkin mesin bisa menyala tanpa bahan bakar, bukan?

Untuk mengatasi masalah aliran bahan bakar yang terhambat, Sahabat dapat melakukan pembersihan. 

Tindakan pembersihan dilakukan pada tangki bahan bakar, filter, dan needle valve. Apabila tidak percaya diri untuk melakukan pembersihan sendiri, Sahabat bisa ke bengkel terdekat. 

4. Aki Kurang Setrum

Aki seharusnya mengeluarkan setrum untuk menyalakan motor starter, tapi kalau aki tekor maka mobil tidak bisa dinyalakan dan muncul bunyi tek tek saja. Ini menandakan bahwa arus listrik yang dibutuhkan besar, namun jumlah yang didapatkan justru lebih kecil.

Bila ini terjadi, Sahabat perlu turun dan mengecek berapa tegangan aki yang dihasilkan ketika mobil sedang distarter. Pengecekannya sendiri dapat memanfaatkan avometer digital dan aki sebaiknya memiliki tegangan minimal 12,6 Volt.

Apabila usai diukur jumlahnya lebih sedikit, sebaiknya cobalah untuk mencharge aki. Namun jika Sahabat tidak dalam keadaan dapat mencharge maka bisa melakukan jumper aki.

Aki yang bermasalah meskipun Sahabat sudah mencharge nya berarti harus segera diganti dengan yang baru

5. Dinamo starter/ampere rusak

Dinamo ampere atau kerap disebut alternator adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. 

Apabila dinamo ampere rusak atau bermasalah, maka ia dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. 

Namun, perlu Sahabat ketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang gampang rusak.

Artinya, bila komponen ini menurun performanya, bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah usia pakai yang sudah lebih dari delapan tahun. 

6. Bagian koil terlampau panas

Di samping dinamo ampere dan busi motor, komponen lain yang juga berperan dalam proses starter kendaraan adalah koil. 

Bagian koil berfungsi menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke aki. 

Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan dapat memantik pijaran bunga api. Itulah mengapa jika koil terlalu panas, dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. 

Sahabat, itulah penyebab mobil tidak bisa distarter dan juga cara mengatasinya, semoga dengan informasi diatas Sahabat jadi semakin paham permasalahan pada mobil kesayangan yang timbul. 


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 30 Mei 2022 | 15:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifstartermobilaki
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family