Ketahui Cara Mengatasi Setir Mobil Terkunci
Ketahui Cara Mengatasi Setir Mobil Terkunci

Ini Serius! Penyebab Setir Mobil Bisa Terkunci

25 Sep 2023 | 23:53 WIB

Pada beberapa jenis mobil terbaru, terdapat fitur keamanan mobil yang membuat setir mobil terkunci secara otomatis. Mungkin ada beberapa pengemudi atau bahkan Sahabat sendiri tidak mengetahui cara membuka kunci setir mobil.


Hal ini sebenarnya ilmu sederhana yang perlu kamu ketahui saat belajar mengemudi mobil. Penting untuk diingat bahwa jika Sahabat tidak bisa membuka kunci setir, mungkin ada masalah yang lebih serius dengan mekanisme kunci setir.


Jika ini terjadi, sebaiknya Sahabat segera cari mekanik yang ahli dalam hal ini. Selalu berhati-hati saat mencoba membuka setir mobil yang terkunci untuk menghindari merusak setir atau mekanisme kunci lebih jauh.


Jangan Panik Jika Setir Mobil Terkunci

Jangan Panik Jika Setir Mobil Terkunci


Penyebab setir mobil tidak bisa diputar pun beragam. Ada yang karena kurangnya pelumas pada lubang kunci, sampai karena standar setir mobilnya. Tetapi jangan khawatir, Sahabat bisa mengetahui beberapa penyebab setir mobil terkunci di bawah ini.


  • Power Steering Bermasalah

Tanda setir mobil terkunci dalam satu arah karena masalah power steering. Setir mobil terkunci saat berbelok atau pada arah tertentu. Sahabat juga bisa mengetahui dengan adanya notifikasi masalah pada power steering saat mobil sedang dikemudikan pada titik tertentu. Bila begitu, mungkin ada penyumbatan atau masalah mekanis sistem power steering. 


  • Pelumas Pada Power Steering Kurang

Saat Sahabat sedang menyetir dan setir mobil terkunci tiba-tiba, itu mungkin terjadi karena kekurangan cairan power steering atau cairannya sudah keruh. Setir mobil juga akan macet atau sulit dikendalikan saat digunakan dalam kecepatan rendah, misal saat kamu sedang parkir atau ingin berhenti. Cara mengatasi dengan membersihkan dan mengganti pelumas yang baru, setelah diberikan pelumas coba putar kembali setir mobil kamu.


Ketahui Cara Mengatasi Setir Mobil Terkunci

Ketahui Cara Mengatasi Setir Mobil Terkunci


  • Mekanisme Kunci Sudah Rusak

Setir mobil yang macet mungkin terjadi akibat kerusakan mendadak pada mekanisme kemudi, tepatnya pada lengan atau kolom kemudi yang tiba-tiba terkunci. Kasus ini jarang terjadi dan sebaiknya Sahabat meminggirkan mobil dan segera minta bantuan bengkel terdekat. 


  • Ignition Lock Bermasalah

Ignition lock adalah fitur anti-maling yang biasanya aktif pada saat mobil sedang di parkir. Beberapa jenis mobil modern dan keluaran terbaru dilengkapi fitur ini. Jadi misalnya ada pencuri yang bisa berhasil menyalakan mesin mobil kamu tanpa kunci, dia tidak akan bisa menjalankan kendaraan karena setir mobil terkunci. 


Pelari Fitur-Fitur Canggih Pada Mobil

Pelari Fitur-Fitur Canggih Pada Mobil


  • Lupa Kunci Setir Sebelum Mematikan Mesin

Salah satu penyebab yang umum adalah ketika Sahabat lupa mengunci setir sebelum mematikan mesin. Jika ini terjadi, mekanisme kunci mungkin akan secara otomatis mengunci setir untuk mencegah mobil bergerak. Meskipun ini adalah fitur keamanan yang berguna, bisa menjadi masalah jika kamu tidak tahu bagaimana membuka kuncinya. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengingat untuk mengunci setir sebelum mematikan mesin.


  • Mengunci Setir Pada Posisi Roda Tidak Lurus

Perlu Sahabat ketahui, mengunci setir dengan posisi roda yang tidak lurus juga menjadi penyebab masalah ini, karena mekanisme kunci dirancang untuk bekerja ketika roda dalam posisi lurus. Jika roda tidak lurus saat kamu mencoba mengunci setir, mekanisme kunci mungkin tidak akan bekerja dengan baik dan setir bisa terkunci. Untuk mencegah ini, pastikan selalu untuk meluruskan roda sebelum mengunci setir.


Ini Serius! Penyebab Setir Mobil Terkunci


Itulah Sahabat pembahasan mengenai penyebab setir mobil terkunci. Menghadapi masalah setir mobil terkunci memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan pemahaman yang tepat dan pengetahuan tentang cara mengatasinya, kamu bisa mengatasi situasi ini dengan mudah.


Melakukan servis rutin mobil adalah cara terbaik untuk mencegah masalah, termasuk setir mobil yang terkunci. Dalam servis rutin, mekanik dapat memeriksa dan melumasi mekanisme kunci setir, yang dapat mencegah setir terkunci.


Sahabat bisa mengunjungi e-commerce terpercaya www.Garasi.id. Nikmati berbagai Layanan Jasa Servis untuk memastikan mobil kesayangan kamu selalu dalam kondisi terbaik. Jika terdapat kendala, tim customer servis Clara dari Garasi.id siap membantu.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 26 Sep 2023 | 00:12 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiffiturmobilsetirmobilsetirbermasalahsetirterkunciperawatanmobilservisberkala
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family