Pilih Oli Sesuai Mesin Mobil Yang Bersertifikasi
Pilih Oli Sesuai Mesin Mobil Yang Bersertifikasi

Ini Tanda-tanda Oli Mesin Mobil Kamu Berkurang

07 Jul 2022 | 11:00 WIB

Sebagai alat transportasi, mesin mobil memerlukan pelicin atau pelumas untuk bergerak. Pelumas mesin harus sesuai standar dan berkualitas agar sistem pelumasan tetap bekerja secara optimal.. Jika oli berkurang, mobil Sahabat Garasi kurang dapat mempengaruhi mesin pada mobil sehingga kinerjanya akan menurun.

Beberapa tanda oli mobil kurang akan muncul ketika kuantitasnya sudah mencapai batas minimum. Oli memiliki peran yang penting bagi mobil yaitu untuk melumasi, membersihkan, perapat celah, hingga menyerap panas mesin mobil.


 Cek Oli Mesin Mobil Secara Berkala

Cek Oli Mesin Mobil Secara Berkala


Berikut ini tanda oli mobil Kamu berkurang:

1.    Lampu Indikator Menyala

Tanda pertama ketika oli mobil kurang yang mudah dikenali yaitu lampu indikator oli menyala. Lampu indikator ini dapat dilihat pada dashboard mobil Kamu dengan simbol corong beserta tetesan oli.

Namun, dalam beberapa kasus, ada mobil yang tidak menunjukkan indikator menyala dengan jelas. Apabila lampu indikator oli menyala atau berkedip itu merupakan pertanda terdapat gangguan yang terjadi pada sistem oli mobilmu.

Segeralah cek oli mobil Kamu untuk memastikan kualitas dan kuantitas oli tersebut untuk melindungi komponen mesin mobil yang lain.

2.    Mobil Mengeluarkan Suara Kasar

Mobil yang memiliki kapasitas oli yang kurang juga akan mengeluarkan suara kasar ketika di starter. Suara tersebut akan timbul ketika volume oli mesin sudah mencapai batas minimum. Penyebab mobil mengeluarkan suara kasar karena mesin mobil tersebut kekurangan pelumas mesin.

Suara kasar pada mobil juga merupakan indikasi bahwa oli mesin sudah terkontaminasi dengan kotoran dan panas yang berasal dari ruang bakar. Kualitas oli yang menurun tidak bisa meredam gesekan yang terjadi antar komponen mesin mobil dan menyebabkan suara kasar ketika dinyalakan.

3.    Asap Knalpot Mobil Akan Berwarna

Mobil yang normal biasanya mengeluarkan asap dari knalpot yang tidak berwarna atau transparan. Namun, mobil yang kekurangan oli akan mengeluarkan kepulan asap dari knalpot yang lebih pekat. Hal ini terjadi karena adanya penguapan oli dan ikut terbakar di ruang pembakaran mobil. 

Asap pekat dari knalpot juga sebagai tanda terjadi kebocoran pada ring piston atau seher pada mobil sehingga oli bocor dan masuk ke dalam piston. Ketika menyalakan mobil, sebaiknya amati asap yang keluar dari knalpot mobil Kamu untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil.

4.    Posisi Oli Mesin Berada Di Bawah Garis L Stik Oli

Tanda lain mobil kekurangan oli yaitu posisi ketinggian oli mesin berada di bawah garis L stik oli (dipstick). Apabila volume oli mobil Kamu tidak mencapai garis L stik oli, sebaiknya segera lakukan pengisian ulang oli untuk mencegah kerusakan komponen mesin mobil yang lain.

5.    Mesin Mobil Kurang Responsif

Oli sebagai pelumas merupakan komponen penting yang harus ada di dalam suatu kendaraan, salah satunya mobil. Kualitas dan kuantitas oli yang baik akan mengoptimalkan kinerja mesin mobil, sehingga mesin dapat bekerja secara ringan dan mudah untuk dioperasikan.

Sebaliknya, kualitas dan kuantitas oli mobil yang kurang akan menyebabkan daya pelumasan mobil tidak optimal sehingga kinerja antar komponen mesin pada mobil menjadi lebih berat.

Oli dengan kualitas dan kuantitas yang kurang akan mengakibatkan akselerasi kurang responsif.

6.    Mesin Mobil Sulit Dihidupkan

Selain mengeluarkan suara yang kasar dan mobil kurang responsif, oli mobil yang kurang juga ditandai dengan mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan. Keadaan ini terjadi karena kurangnya pelumas pada mesin mobil sehingga mesin tidak bisa bekerja secara optimal.


 Cek Oli Mesin Secara Berkala

Oli Mobil Yang Cocok Memberi Dampak Yang Optimal Bagi Performa Mobil


Penyebab-penyebab Oli Mesin Berkurang

·         Kebocoran Drain Plug

Adanya kebocoran pada drain plug bisa menjadi penyebab oli mobil berkurang. Drain plug adalah komponen pada mobil yang memiliki fungsi untuk membuang oli yang berasal dari dalam mesin dan komponen ini berbentuk baut yang dilengkapi dengan seal khusus.

Kebocoran drain plug disebabkan karena lamanya usia mesin dan sering melakukan bongkar pasang di saat suhu mesin masih panas. Oleh karena itu, jika drain plug bocor, Anda bisa menggantinya dengan karet seal untuk sementara waktu.

·         Kebocoran Oil Plan

Kebocoran yang terjadi pada oil plan juga menjadi salah satu penyebab oli mobil berkurang. Oil plan memiliki fungsi sebagai wadah oli yang berguna untuk melumasi seluruh komponen mesin.

·         Penguapan Oli

Penguapan pada oli akan membuat volume oli berkurang lebih cepat. Penguapan ini terjadi saat kondisi suhu mesin tinggi atau mobil mengalami overheat dan berakibat pada sistem pendingin mesin yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Kualitas oli yang kurang bagus bisa menjadi salah satu indikator penyebab penguapan oli sehingga oli lebih cepat habis.

·         Kondisi Mesin Kurang Baik

Kondisi mesin yang kurang baik juga menjadi salah satu penyebab oli mobil berkurang. Kondisi mesin yang kurang baik ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada beberapa komponene, seperti kerusakan seal klep, ring piston, hingga blok mesin yang retak.

 

Ini Tanda-tanda Oli Mesin Mobil Kamu Berkurang


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil Kamu, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Juli Juaranya Servis dan Ganti Oli dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 1-31 Juli 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 11 Jul 2022 | 09:30 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgantioliservisberkalaperawatanmesin
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family