Klakson mobil
Klakson mobil

Inilah Alasan Mengapa Bunyi Klakson Mobil Berbeda-Beda

14 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Klakson adalah salah satu komponen dalam mobil yang secara umum digunakan untuk memberi sinyal-sinyal tertentu. Klakson juga bisa berfungsi untuk memberi peringatan bagi mobil atau pengendara lainnya. Misalnya, ketika kamu sedang ingin melintasi perempatan yang tidak ada lampu lalu lintasnya atau mungkin memberi tanda mobil depan untuk segera maju di lampu merah. 

Selain untuk memberi sinyal tertentu, mobil-mobil di era modern ini sudah banyak yang menghubungkan klakson ke sistem alarm keamanan. Biar lebih paham apa saja jenis klakson dan bentuknya, berikut penjelasannya :

Jenis-jenis Klakson

Biasanya untuk truk, bus, dan kendaraan-kendaraan besar lainnya menggunakan klakson yang berbeda dengan klakson-klakson pada mobil pribadi. Berdasarkan sumber bunyinya, klakson bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Electric Horn dan Air Horn. Electric Horn ini sering digunakan oleh mobil pribadi, dan untuk Air Horn digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus.


Lalu berdasarkan tipe dan spesifikasi, klakson bisa dibedakan menjadi tiga jenis yaitu;

Disc Horn

Tipe ini berbentuk ramping dan cenderung kedap air. Klakson Piringan menghasilkan bunyi dengan memanfaatkan resonansi plat/piringan. Komponen yang menyusun klakson ini adalah plat resonansi, membran, jangkar, magnet listrik, pegas, kontak pemutus, baut pengikat, baut penyetel kontak, mur penyetel kontak, dan kondensator.

Inilah Alasan Mengapa Bunyi Klakson Mobil Berbeda-Beda

Fanfare atau Klakson Keong

Tipe ini banyak digunakan oleh kendaraan-kendaraan di eropa yang menginginkan bunyi seperti nyaringnya terompet. Fanfare mempunyai corong yang panjang sehingga mudah kemasukan air. Akan tetapi, suara yang dihasilkan oleh fanfare memiliki harmonisasi karena dilengkapi oleh nada bas. Oleh karena itu, Fanfare juga sering digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar yang berbasis Air Horn. 

Inilah Alasan Mengapa Bunyi Klakson Mobil Berbeda-Beda

Nautilus atau klakson udara

Tanpa memakan arus listrik yang besar, klakson ini dapat menghasilkan suara yang lantang karena memiliki tabung angin. Sebenarnya, klakson ini termasuk ke dalam jenis klakson kapal. Namun, sudah banyak mobil yang menggunakan klakson ini.

Inilah Alasan Mengapa Bunyi Klakson Mobil Berbeda-Beda

Tentu saja, jika ingin menerapkannya pada mobil, Sahabat sebaiknya memperhatikan kestabilan listrik mobil. Kekurangan dari Nautilus adalah bentuknya yang sangat besar.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 14 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN