Kenyamanan Mobil Tentu Menjadi Hal Utama Dalam Mengemudi
Kenyamanan Mobil Tentu Menjadi Hal Utama Dalam Mengemudi

Inspeksi Mobil Sebelum Perjalanan Mudik Agar Aman dan Nyaman

13 Mar 2024 | 09:24 WIB

Pengecekan mobil sebelum perjalanan touring adalah salah satu hal yang harus Sahabat lakukan dan perhatikan. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan siap dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Dapat dibayangkan betapa susahnya bila ditengah perjalanan tiba-tiba mesin mobil mogok atau paling sederhana bannya bocor. Pastilah perjalanan yang mestinya menyenangkan menjadi menyebalkan.


Masih banyak masyarakat umum berpikir inspeksi mobil hanya untuk mobil bekas yang akan dijual, melainkan ditujukan agar performa mobil Sahabat dalam kondisi menjadi lebih baik, selain itu akan memberikan kesiapan bagi mobil untuk dikendarai kapan saja dan dimana saja atau untuk perjalanan sangat mendadak.


Persiapan perjalanan touring dengan mobil harus dilakukan dengan benar dan seksama. Tujuan dari cek mobil sebelum perjalanan touring ini adalah untuk memastikan mobil Sahabat dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan.


Cek Semua Kondisi Mobil Secara Berkala

Cek Semua Kondisi Mobil Secara Berkala


Apa yang perlu dipertimbangkan dalam perjalanan? Ada banyak cek list point kendaraan yang perlu Sahabat lakukan. Maka dari itu, kamu harus cek mobil sebelum perjalanan jauh agar aman dan nyaman saat berkendara. Berikut beberapa cek list point kendaraan sebelum perjalanan touring yang harus kamu pertimbangkan. Simak diantaranya di bawah ini.


1. Air radiator

Coba cek air radiator mobil Sahabat, apakah dalam keadaan penuh? Atau malah sudah habis? Selain air radiator, cek mobil sebelum perjalanan touring yang harus kamu perhatikan adalah selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Pastikan selang terpasang dengan baik dan tidak mengalami kebocoran. Jangan sampai selang tersebut mengalami keretakan atau menggelembung. Jika sudah seperti itu, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. Tujuan cek list mobil ini adalah untuk menghindari selang pecah saat sedang perjalanan touring.


2. Filter Mobil

Pada mobil, filter berfungsi untuk mencegah dan menyaring kotoran serta debu agar tidak masuk ke mesin. Bagian ini harus masuk ke dalam daftar cek mobil sebelum perjalanan touring. Selain itu, Sahabat juga bisa mengecek filter oli mobil, filter udara, dan juga filter bensin. Cek list kendaraan yang juga harus dilakukan adalah membersihkan filter AC mobil agar perjalanan kamu tetap nyaman.


3. Oli Mesin

Hal yang perlu dicek mobil sebelum perjalanan touring berikutnya adalah oli mesin. Sahabat  harus memastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Caranya adalah dengan memeriksa level pada stik oli. Oli mesin yang memiliki volume cukup, garisnya harus berada di antara tanda L dan F. Jika kurang, maka sebaiknya tambahkan oli secukupnya. Cek list kendaraan yang harus kamu perhatikan adalah pemakaian batas waktu oli masih cukup untuk jarak perjalanan jauh.


4. Baterai Aki Mobil

Perhatikan apakah baut kutub aki dalam keadaan bersih atau tidak. Jika kotor, sebaiknya dibersihkan dari kotoran yang menempel.


5. Belt kipas

Melakukan perjalanan dalam mobil artinya harus menggunakan AC secara terus menerus. Maka dari itu, cek mobil sebelum perjalanan touring adalah dengan memperhatikan belt kipas. Jika ada yang retak, maka segera ganti. Cek kendaraan lainnya yang perlu kamu lakukan adalah mengecek tegangan tension belt agar putaran kipas bisa optimal. 


Pilih Jasa Servis Yang Cocok Buat Mobil Kesayangan

Pilih Jasa Servis Yang Cocok Buat Mobil Kesayangan


Kamu bisa memperhatikan jarum penunjuk di temperature. Jika melebihi garis tengah, artinya mesin dalam kondisi panas dan masih aman untuk digunakan. Apabila lebih dari setengah, ada baiknya untuk berhenti dan tunggu sampai mesin dingin, kemudian periksa kondisi air pendingin dari kipas. Jika kamu sudah mengendarai mobil sejauh atau lebih dari 50.000 km, ada baiknya untuk mengecek kondisi timing belt mobil. Tapi hal yang perlu kamu lakukan untuk cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah mengganti timing belt meskipun belum ada kerusakan.


6. Rem Mobil

Rem menjadi salah satu komponen penting yang harus dicek sebagai persiapan perjalanan touring naik mobil. Sahabat harus memeriksa level minyak rem. Jika kurang dari batas minimal, maka kamu harus mengecek adanya kebocoran atau tidak.


7. Ban Mobil

Cek mobil sebelum perjalanan touring adalah dengan mengecek tekanan ban mobil. Normalnya berada di sekitar 30-34 psi. Untuk bagian yang sangat vital ini, jangan ambil risiko, ya. Pastikan kamu menggunakan merek ban mobil terbaik atau ban mobil yang disarankan oleh produsen mobil. 


8. Lampu Mobil

Pastikan semua lampu bisa berfungsi dengan baik. Jangan lupa mengganti jika ada lampu yang mati, ya Sahabat! Agar pandangan menjadi lebih jelas saat mengendarai mobil malam hari.


9. Wiper Mobil

Di musim penghujan, fungsi wiper sangat dibutuhkan. Maka dari itu, wiper masuk ke dalam daftar cek mobil sebelum perjalanan touring. Pastikan wiper di mobil Sahabat bisa berfungsi dengan baik. Cara merawat wiper mobil sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu memastikan elastisitas karet yang melapisi rangka besinya.  Selain itu, kamu perlu memastikan air wiper terisi dengan cukup. 


Perlu untuk diketahui, dalam kesemua rangkaian pemeriksaan kendaraan, yang terpenting adalah melakukan servis rutin berkala kendaraan. Pastikan Sahabat sudah cek mobil sebelum perjalanan touring agar nyaman, aman, dan tentunya selamat sampai di tujuan. Cek perjalanan touring kamu sebelum pergi untuk mengkalkulasi kemungkinan hal-hal yang terjadi.


Inspeksi Mobil Sebelum Perjalanan Mudik Agar Aman dan Nyaman

Cek Mobil Segera Sebelum Perjalanan Mudik



Bila Sahabat merasa ragu dengan cara pemeriksaan cek persiapan mobil sebelum perjalanan touring, Garasi.id memberikan solusi terbaik, Sahabat bisa pesan Inspeksi Mobil dari Garasi.id untuk membantu kamu dalam melakukan pengecekan kendaraan karena dilakukan lebih dari 170 titik pengecekan pada bagian mobil secara menyeluruh. Solusi ini akan memberikan hasil inspeksi yang akurat, transparan, dan detail sehingga Sahabat mendapatkan informasi menyeluruh tentang kondisi mobil.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Mar 2024 | 09:24 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

inspeksimobilmudikperawatanberkalaservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family