Garasi.id
Isi Angin Ban Mobil

Isi Angin Ban Mobil Dengan Nitrogen, Aman Tidak Ya?

09 Jan 2019 | 19:16 WIB
Kita sebagai pengendara terkadang bingung, memilih angin apa yang tepat untuk ban pada mobil kita. Angin biasa yang berbasis dari oksigen atau nitrogen?

Hal ini menjadi sangat penting terlebih untuk pengguna mobil bekas yang notabene tidak memiliki ban yang tidak lagi baru, dan disarankan untuk melakukan pergantian jika sudah memiliki kualitas terbaik. Sudah pasti pemilihan angin yang tepat jadi solusinya.
Isi Angin Ban Mobil Dengan Nitrogen, Aman Tidak Ya?

Baca juga: Jangan Asal, Gunakan Ban Sesuai Peruntukanya Agar Aman

Lalu kelebihan apa saja yah, yang dimiliki angin nitrogen untuk ban? Rupanya perbedaan angin nitrogen dengan angin biasa, tidak lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Yaitu memiliki beberapa keuntungan seperti ukuran partikel yang lebih besar. 

Partikel yang lebih besar memungkinkan bisa menyerap panas lebih bagus. Keuntungan yang lain, berkat partikelnya yang besar kalau terjadi kebocoran di ban dia lebih lambat keluarnya daripada angin biasa.

Karena angin nitrogen itu tidak teroksidasi dengan udara artinya tidak timbul karat pada pelek. Dan pastinya Anak garasi pernah melihat dong dalam pelek itu terdapat karat, itu disebabkan oleh angin biasa atau oksigen.

Kelebihan lainnya, memilih angin nitrogen ialah bisa memperpanjang umur ban. Hal ini disebabkan tekanannya yang sesuai. Sehingga jika habis akan merata. Tidak lupa angin nitrogen bisa membuat ban memiliki daya cengkram dan kinerja ban juga bisa menjadi lebih optimal karena grip mobil akan rata terpakai.

Hebatnya, angin nitrogen diklaim tidak bisa terbakar dan tidak berbau. Serta bisa menghemat BBM karena tekanan angin merata sehingga meringankan kerja mesin.

Foto: Garasi.id

Mobil Terasa Boros BBM, Simak Faktor Penyebabnya

Mobil terasa lebih boros bahan bakar minyak (BBM) dibanding biasanya, faktornya bukan hanya dari cara berkendara si pengemudinya, tapi masih ada penyebab lain.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:28 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

bannitrogenanginBBMiritamangarasiidotomotif