Kondisi Kaki-Kaki Yang Baik Akan Memberikan Kendali Dan Stabilitas Pada Mobil
Kondisi Kaki-Kaki Yang Baik Akan Memberikan Kendali Dan Stabilitas Pada Mobil

Jangan Abaikan Pengecekan Bagian Kaki-Kaki Mobil

17 Mei 2023 | 09:36 WIB

Tak hanya mesin, bagian vital yang perlu dilakukan pengecekan setelah berkendara jarak jauh yaitu pada bagian kaki-kaki mobil. Ingat Sahabat Garasi, kaki-kaki mobil wajib dilakukan pemeriksaan lantaran bagian ini mendapatkan tekanan dari mobil paling besar.


Lain halnya jika tidak dilakukan perawatan, kaki-kaki mobil akan mengalami berbagai masalah. Pasalnya, performa kaki-kaki mobil sangat berhubungan dengan aspek kenyamanan dan keselamatan ketika mengemudi. Jika kaki-kaki mobil terjadi kerusakan, maka bagian komponen lain bukan tak mungkin akan turut berdampak.


Pastikan Mobil Kesayangan Sahabat Selalu Terjaga Kondisinya

Pastikan Mobil Kesayangan Sahabat Selalu Terjaga Kondisinya


Nah Sahabat, mau tahu bagian kaki-kaki mobil mana saja yang wajib diperiksa atau dirawat? kamu bisa melakukan pengecekan dengan point-point sebagai berikut:


1. Shockbreaker

Dampak terparah suspensi mobil tidak diperbaiki adalah pada kestabilan berkendara. Shockbreaker berfungsi untuk meredam segala guncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, jalanan berlubang dan kondisi jalan lainnya. Shockbreaker sendiri terbuat dari bahan baja anti karat sehingga memiliki daya tahan yang amat tinggi.


Jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau terlalu sering digunakan, daya redam shockbreaker akan menurun. Dengan begitu, maka saat dikendarai mobil Sahabat akan terasa limbung. Kondisi ini akan semakin terasa saat menggunakan mobil untuk melaju dengan kecepatan tinggi.


Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan bagian ini adalah dengan memperhatikan secara seksama apakah ada suara bising saat mobil melaju. Cara lain adalah dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan lurus. Jika mobil terasa limbung maka sudah waktunya Sahabat untuk mengganti shockbreaker mobil.


Jangan Menunda-Nunda Pengecekan Kaki-Kaki Mobil

Jangan Menunda-Nunda Pengecekan Kaki-Kaki Mobil


2. Bushing Arm

Bushing arm adalah bagian kaki-kaki mobil yang fungsinya adalah sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. Komponen ini berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. Alat ini juga bertanggung jawab untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.


Jika bushing arm mengalami kerusakan maka kondisi mobil tidak akan nyaman untuk dikendarai. Selain itu, suara bisingnya turut membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Cara mudah mendeteksi kerusakan ini adalah dengan mengamati arah laju mobil yang dikendarai. Jika terasa melenceng ke arah kanan atau kiri maka bushing arm mobil Sahabat harus segera diperbaiki.


3. Bearing

Bagian terpenting dari kaki-kaki mobil yang berikutnya adalah bearing. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. Bearing juga memberi pengaruh terhadap kestabilan laju mobil.


Cara mendeteksi kerusakan mobil ini adalah dengan memperhatikan putaran roda satu per satu. Dongkrak ban mobil Sahabat satu per satu dan putarlah secara manual. Jika terasa ada suara gemuruh atau bising berarti bearing mobil mengalami masalah. Atasi hal ini dengan segera mengganti bearing mobil Sahabat dengan yang baru.


4. Ban Mobil

Saat berbicara mengenai kaki-kaki mobil maka tak akan bisa lepas dari ban. Setelah melakukan perjalanan panjang biasanya satu bagian mobil yang paling terasa dampaknya adalah ban mobil. Hal ini dikarenakan ban lah yang mendapatkan gesekan langsung dari aspal dan ban lah yang bekerja paling keras dalam setiap perjalanan.


Periksa Pergerakan Roda Mobil

Periksa Pergerakan Roda Mobil


Oleh karena itu Sahabat, perawatan ban sangatlah penting untuk dilakukan bagi setiap pemilik mobil. Cara termudah untuk merawat ban adalah dengan melakukan rotasi ban. Rotasi ban adalah cara paling aman untuk menjaga keawetan dan kenyamanan ban mobil kesayangan Sahabat.


Kaki-kaki mobil yang rusak atau tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan kendaraan tidak stabil saat bermanuver atau berbelok. Hal ini dapat menyebabkan mobil kehilangan traksi dan menyebabkan kecelakaan. Tanda-tanda kaki-kaki mobil akan bermasalah agak sulit dideteksi jika tidak memeriksanya secara langsung. Terlebih setelah dipakai perjalanan jauh, pengecekan komponen-komponen jadi hal yang penting demi keselamatan berkendara.


Bila Sahabat enggan repot melakukan pemeriksaan, serahkan saja pada layanan jasa servis dari bengkel terbaik di www.Garasi.id. Sikat potongan harga dari bengkel pilihan yang terdekat sesuai area rumah kamu.


  • Bengkel Fast cabang Jakarta Selatan dan home servis cabang Jakarta Pusat dengan pilihan jasa servis spooring, balancing, gurah mesin, tune up, ganti oli serta ganti aki.



  • Bengkel Automaster cabang kota Bandung memberikan harga ekonomis paket ganti oli Eneos. Nikmati jasa servis yang tersedia lainnya yaitu paket spooring balancing, servis rem, isi nitrogen 4 roda, tune up, cuci mobil serta produk cleaner yang cocok sesuai kebutuhan mobil Sahabat.


Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id. Ingat Sahabat, mobil kesayangan yang kita kendarai menunjukkan banyak hal tentang kita. Selamat servis mobil Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 19 Mei 2023 | 09:55 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalashockbreakerbushingarmbearingbanmobilbengkelfastmontecarloautomaster
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family