Interior Mobil Yang Bersih Merupakan Faktor Penting Dalam Kenyamanan Berkendara
Interior Mobil Yang Bersih Merupakan Faktor Penting Dalam Kenyamanan Berkendara

Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Merawat Interior Mobil

20 Sep 2022 | 10:22 WIB

Sahabat Garasi pasti tidak mau melihat mobil kesayangan banyak debu dan kotoran di eksterior maupun interior mobil. Biasanya hal ini disebabkan karena kamu setelah mengendarai mobil yang terkena air hujan maupun parkir bukan di tempat teduh. Tak hanya bagian luar mobil saja, interior mobil pun kadang menjadi sarang kotoran ketika melakukan perjalanan jauh lintas kota.

Bagi kamu yang malas keluar rumah, tentunya membawa mobil ke salon untuk pembersihan menyeluruh adalah solusi yang banyak terpikirkan. Namun, tak perlu khawatir jika kamu hanya memiliki budget sedikit, ada banyak cara sederhana untuk bersihkan interior tanpa harus ke salon.


Gunakan Cairan Pembersih Yang Disesuaikan Dengan Material Dasboard

Gunakan Cairan Pembersih Yang Disesuaikan Dengan Material Dasboard

Jika Sahabat ingin melakukan perawatan mobil yang murah dan mudah. Kamu bisa simak apa saja bagian interior mobil yang dibersihkan dan juga langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Dashboard

Dashboard mobil merupakan pandangan depan saat mengemudi mobil dan juga menjadi bagian interior yang perlu dibersihkan agar enak dipandang.

Biasanya terbuat dari plastik keras, membersihkan dashboard pun tak rumit, sapu permukaan dengan kemoceng atau sapu kecil, lalu bersihkan menggunakan lap basah untuk mengangkat sisa kotoran yang masih tersisa. Demi hasil yang maksimal, bisa juga gunakan campuran air sabun untuk membersihkan dashboard.

2. Karpet Mobil

Komponen interior yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah karpet. Untuk membersihkan bagian yang satu ini, cukup angkat dan keluarkan karpet dari mobil dan goyangkan supaya debu yang menempel bisa terlepas.

Setelahnya, gunakan air dan sikat untuk mengangkat kotoran yang masih membandel, Sahabat bisa tambah campuran sabun juga untuk hasil yang lebih bersih.

3. Plafon Mobil

Tak hanya bagian bawah, bagian atas interior mobil juga perlu dibersihkan. Untuk plafon, beberapa instrumen yang dibutuhkan adalah cairan pembersih khusus serta kain lap microfiber yang halus.

Bagian interior yang satu ini memang cukup rumit karena butuh cairan khusus. Karena bahan wol plafon mobil seringkali tak cocok dengan campuran air sabun biasa.

4. Jok Mobil

Sebagai komponen mobil yang paling penting untuk kenyamanan berkendara, jok mobil perlu mendapatkan perhatian ketika bersih-bersih. Umumnya, jok mobil bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner dan lap basah berbahan halus. Sedot terlebih dahulu debu dan kotoran yang menyelip di sela jok, kemudian bersihkan permukaan jok dengan lap lalu keringkan supaya tidak berjamur.


Berikan Treatment Khusus Untuk Jok Mobil

Berikan Treatment Khusus Untuk Jok Mobil


Dikutip berbagai sumber, mengenai membersihkan jamur dari jok kulit bisa menggunakan kain halus serta penggunaan air hangat. Namun ingat, penggunaan anti jamur pada lapisan kulit tersebut juga diperlukan.

Namun, dalam melakukan pembersihan jamur tersebut, harus dibedakan berdasarkan pelapis jok yang digunakan. Meskipun dari beberapa bahan pelapis tersebut jamur tetap bisa dilakukan, harus mendapat treatment yang tepat agar tidak merusak lapisan kulit jok tersebut.

Sahabat bisa pelajari lebih detail pengerjaan membersihkan jamur berdasarkan jenis pelapis jok. Berikut jenis dan cara perawatannya:

·         Jok Kulit Sintetis

Penggunaan bahan pelapis ini memang rentan terhadap tumbuhnya jamur. Namun, jika jamur sudah mulai muncul, salah satu hal yang bisa diperbuat untuk membersihkannya adalah menggunakan kain halus seperti microfiber serta ditambah dengan air hangat. Kemudian, basuh secara perlahan. Jika jamur masih bertahan di lapisan jok, Anda bisa menggunakan sampo bayi sebagai alternatifnya.

·         Jok Berbahan Beludru

Untuk membersihkan jamur di atas kulit beludru, biasanya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih. Namun, yang harus diingat jika jok kulit tersebut menggunakan bahan ini, jangan melakukan gosokan dua arah. Dikhawatirkan akan merusak bahan tersebut.

Agar hasil maksimal, setelah dibersihkan menggunakan cairan pembersih, jangan lupa mengeringkan bagian tersebut dengan kap bersih dan dijemur di tempat panas. Untuk mempermudah, kursi mobil bisa dilepas terlebih dahulu.

·         Jok Berbahan Vinyl

Jika pelapis jok mobil mulai berjamur namun menggunakan bahan vinyl, tentunya hal ini akan menjadi lebih sangat mudah untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya, hanya perlu menggunakan pembersih khusus jamur dan di lap menggunakan kain yang halus.

Jika masih ada jamur yang membandel, maka bisa dibantu dengan penggunaan baking soda dan dicampur dengan air sebagai pembersihnya. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, maka jangan lupa untuk mengelapnya secara langsung dan jangan ditunda karena dikhawatirkan akan meninggalkan bercak pada lapisan jok.


Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Merawat Interior Mobil


Apakah Sahabat mau tahu apa saja perawatan detailing yang baik buat mobil tercinta? Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan klik tips dan trik otomotif di Garasi.id dan nikmati promo September Ceria Bareng Mobil Tercinta dengan diskon hingga 50% disini. Promo ini berlaku hingga 30 September 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 20 Sep 2022 | 13:24 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawataninteriormobilpromoseptember
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family