Dampak Buruk Mesin Diesel Tidak Diservis Akan Brebet Dan Kehilangan Tenaga
Dampak Buruk Mesin Diesel Tidak Diservis Akan Brebet Dan Kehilangan Tenaga

Jangan Anggap Sepele Mobil Mesin Diesel Tidak Mau Hidup

19 Mei 2023 | 10:00 WIB

Mobil mesin diesel memiliki banyak keunggulan. Selain memiliki tenaga besar, mobil diesel juga lebih irit bahan bakar. Ada anggapan yang mengatakan bahwa tangki mobil diesel jangan dibiarkan kosong karena akan berdampak buruk untuk mesin.


Bagi Sahabat sebagai pemilik mobil diesel, perlu mengetahui dalam penggunaan mobil diesel tidak boleh sampai kehabisan solar. selain itu disarankan untuk tidak memaksakan mobil tetap digunakan ketika jarum indikator sudah mendekati habis. Dalam situasi ini, mobil bisa jadi tidak dapat digunakan selama berminggu-minggu dan memakan biaya perbaikan yang besar, tergantung pada ketersediaan suku cadang dan tingkat keparahan mesin diesel yang rusak itu.


Kenali Gejala Mesin Mobil Diesel Mengalami Kerusakan

Kenali Gejala Mesin Mobil Diesel Mengalami Kerusakan


Mobil diesel berbeda dengan mobil dengan mesin bensin. Saat mobil diesel kehabisan solar, pompa bahan bakar dapat mengirim udara melalui sistem bahan bakar, bukannya gas. Ketika mesin diesel menarik udara alih-alih bahan bakar, pompa bahan bakar dan injektor bahan bakar dapat rusak. Ini karena bahan bakar solar digunakan untuk melumasi bagian-bagian bergerak yang dimiliki komponen-komponen tersebut.


Terdapat berbagai faktor penyebab mobil diesel tidak mau hidup mesinnya yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan. Sahabat bisa pelajari penyebab mobil diesel tidak mau hidup dibawah ini.


1. Terdapat Udara dalam Saluran Bahan Bakar

Saluran bahan bakar dalam mobil mesin diesel seharusnya hanya dilewati oleh bahan bakar. Tidak boleh ada udara yang jumlahnya cukup banyak memenuhi saluran karena bahan bakar jadi tidak bisa melewatinya. Penyebab saluran bahan bakar yang terisi angin yakni tangki BBM Solar kosong, menumpuknya kotoran pada katup, serta terjadi kebocoran atau pemasangan saluran yang longgar.


2. Filter Solar Tersumbat

Filter BBM Solar berfungsi untuk menyaring kotoran yang ikut masuk ke dalam tangki BBM. Ketika makin banyak kotoran yang tersaring maka hal tersebut akan mengakibatkan penyumbatan. Hal itu membuat proses pembakaran jadi terganggu karena bahan bakar jadi tidak dapat disalurkan.


Filter Solar Mobil Diesel Perlu Diganti Secara Berkala

Filter Solar Mobil Diesel Perlu Diganti Secara Berkala


3. Tekanan Kompresi Terlalu Rendah

Mesin diesel memerlukan kompresi dengan tekanan tinggi untuk memulai pembakaran karena tidak ada busi atau spark plug yang akan memercikkan api seperti dalam mesin berbahan bakar bensin. Jika tekanan kompresi sangat rendah tentu saja mobil jadi tidak mau hidup karena proses pembakaran tidak terjadi.


4. Glow Plug Bermasalah

Ketika glow plug bermasalah maka tidak ada tekanan kompresi yang dapat meledakkan campuran bahan bakar dan udara. Itu berarti tidak akan ada proses pembakaran yang berlangsung sehingga mobil diesel tidak akan menyala.


5. Rusaknya Priming Pump

Priming pump bertugas untuk membantu supply pump dalam menarik bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Ketika priming pump rusak maka sudah pasti jumlah bahan bakar yang dibutuhkan jadi berkurang. Hal ini akan berdampak pada hasil dari proses pembakaran yang tidak mampu menghidupkan mobil. 


Priming Pump Berfungsi Mengeluarkan Udara Palsu Pada Sistem Bahan Bakar

Priming Pump Berfungsi Mengeluarkan Udara Palsu Pada Sistem Bahan Bakar


6. Injector atau Nozzle Bermasalah

Injector atau nozzle memiliki fungsi untuk mengubah bahan bakar menjadi kabut supaya lebih mudah terbakar. Proses ini sangat penting dalam menghidupkan mobil. Ketika injektor bermasalah, sudah jelas bahwa mobil diesel tidak akan mau menyala.


7. Fuel Rail atau Common Rail Bermasalah

Fuel rail atau common rail berfungsi untuk menjaga tekanan tinggi supaya proses pembakaran dapat berjalan sempurna. Ketika fuel rail bermasalah maka sudah jelas bahwa mobil tidak akan bisa menyala.


8. Sensor Common Rail Bermasalah

Sensor common rail berfungsi untuk mendeteksi kinerja penginjeksian bahan bakar oleh injektor dan beberapa komponen mesin lainnya. Ketika satu sensor bermasalah maka sensor lainnya juga ikut bermasalah. Pada akhirnya hal ini akan berdampak pada proses pembakaran yang tidak sempurna.


9. Rusaknya Supply Pump

Supply pump merupakan komponen yang berfungsi untuk menarik BBM keluar dari filter ke fuel rail supaya dapat terjadi proses pembakaran. Ketika supply pump rusak maka tidak ada bahan bakar yang bisa diinjeksikan ke ruang bakar. Itu berarti mobil diesel tidak akan bisa menyala karena proses pembakaran tidak terjadi.


Kehabisan Solar Dapat Merusak Sistem Bahan Bakar

Kehabisan Solar Dapat Merusak Sistem Bahan Bakar


Itulah beberapa penyebab mobil mesin diesel tidak mau hidup ketika distarter. Meskipun kehabisan BBM memang sebaiknya dihindari baik itu pada kendaraan dengan mesin diesel maupun bensin, namun dalam kasus mesin diesel hal ini perlu lebih diperhatikan. 


Semua tergantung kondisi mesin, kemungkinan perbaikan bisa memakan waktu beberapa jam. Beberapa mesin memiliki sistem kerusakan sendiri, tetapi sebagian besar memerlukan panggilan servis. Ada baiknya langsung bawa mobil Sahabat ke bengkel untuk mengatasi mesin diesel dengan sempurna.


Pahami Cara Kerja Mobil Mesin Diesel Yang Benar

Pahami Cara Kerja Mobil Mesin Diesel Yang Benar


Sahabat tidak perlu cemas, Garasi.id menyediakan layanan perawatan mobil bermesin diesel yang dikerjakan oleh partner bengkel terbaik. Kamu bisa kunjungi www.Garasi.id dan pilih produk paket servis berkala, tune up, ganti oli serta kuras tangki untuk mobil bermesin diesel. Kamu bisa langsung hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id untuk melakukan penjadwalan servis mobil. 


Rawat mobil kesayanganmu dengan baik dan dia tidak akan pernah memberikan satu masalah pun setelahnya. Selamat servis mobil Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 19 Mei 2023 | 11:43 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mesindieseltipsotomotifperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family