Ban Mobil
Ban Mobil Sesuai Peruntukan

Jangan Asal, Gunakan Ban Sesuai Peruntukanya Agar Aman

24 Sep 2018 | 12:00 WIB

Layaknya manusia yang membutuhkan sepatu model terkini agar tampil trendi, maka mobil pun kerap diganti pada bagian ban agar terlihat keren saat di jalanan.

Namun begitu, meski mengganti-ganti ban boleh dilakukan, akan tetapi hal tersebut tak bisa sembarangan.

Jangan Asal, Gunakan Ban Sesuai Peruntukanya Agar Aman

Menurut Deputy General Manager PT YHI Indonesia (ban Yokohama Indonesia), Eka Satria, meski bentuk ban sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan baik secara performa maupun kualitas bahan compound yang dipakai.

"Begitu juga ban SUV beda karakter dengan sedan. Nah ini kebetulan dibuat ban untuk MPV dan sedan. Tapi jangan dipakai buat Fortuner karena peruntukannya beda," ucap Eka saat meluncuran ban Yokohama Advan dB V552 khusus ban premium sedan, di kawasan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta,yang dilansir dari laman Liputan6, Kamis (5/9/2018).

Kata Eka, salah memakai ban bisa membuat fungsi safety pada ban berkurang. Selain itu, performa ban yang digunakan juga tidak akan maksimal.

Baca Juga : Sahabat Perlu Perhatikan Ban Cadangan Mobil

Karena itu, jika ban SUV digunakan pada mobil sedan, maka bobot mobil tidak sesuai terhadap ban. Artinya, risiko yang didapat jadi cepat rusak.

"Karena itu ban sendiri harus lihat dulu peruntukannya. Istilahnya bukan tidak bisa dipakai (ban sedan) untuk Innova, tapi buat apa punya sepatu basket dibuat lari. Jadi tidak akan perform optimal. Ban juga sama," tutupnya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubagusjualbelibansesuaperuntukanamanberkendarajalantipsgarasiidotomotifSUVMPVcitycar
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family