AC Mobil Grasi.id
Ac Mobil

Isi Freon AC Mobil Jangan Asal, Perhatikan Kode Supaya Aman

26 Mei 2020 | 15:52 WIB

Tidak jarang dari beberapa pengguna mobil mengeluhkan soal AC kendaraannya yang tidak dingin saat digunakan. Penyebab AC mobil tidak dingin banyak faktor, salah satunya freon yang sudah mulai menipis. Nah, saat mengisi freon mobil sebaiknya hati-hati agar tidak salah.

Sebab, jika freon yang diisi tidak sesuai akan menimbulkan hawa dingin berlebihan dan kerusakan pada komponen AC.

Isi Freon AC Mobil Jangan Asal, Perhatikan Kode Supaya Aman

Pemilik bengkel servis AC mobil dari Maju Lestari, Ari mengatakan, salah satu penyebab utama sistem AC mobil cepat bocor, dan hawa dinginnya berlebihan karena salah isi freon. Setiap mobil mempunyai kode freon yang berbeda-beda.

"Salah isi freon hawa dingin yang disemburkan AC terlalu berlebihan yang membuat suhu kabin terlalu dingin. Ini tidak baik untuk kesehatan. Karena, zat kimia dan tekanannya lebih tinggi," ujarnya seperti yang dilansir dari laman VIVA, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, penyebab lain jika salah isi freon mengakibatkan kebocoran pada selang dan karet saluran AC, dan masih banyak konsumen yang tidak sadar akan hal tersebut.

Ari mencontohkan, mobil jaman sekarang rata-rata kode freonnya R134a, namun diisi dengan R12. Inilah yang menimbulkan kerusakan.

"Sekarang rata-rata mobil pakai freon R134a. Kalau mobil jadul sebagian besar masih R12, sedangkan untuk AC rumah R22. Itu yang saya tahu. Mobil jaman dahulu juga pernah ada yang pakai freon R22 tapi sekarang sudah enggak boleh," tuturnya.

Isi Freon AC Mobil Jangan Asal, Perhatikan Kode Supaya Aman

Nah Sahabat, mulai sekarang coba kamu lebih perhatikan kode freon kendaraan kamu ya biar tidak salah mengisi. Kalau Sahabat ragu, Sahabat bisa lakukan pengecekan ke ahlinya. Di Garasi.id Sahabat bisa gunakan layanan service AC dari Rotary Bintaro. Semua service Rotary Bintaro diskon 50% jasa + 10% sparepart. Jadi untuk AC mobil yang bermasalah Sahabat nggak usah khawatir, karena Garasi.id siap jadi #SolisiPuas kamu.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Mei 2020 | 15:54 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsacmobilgarasiidrotarybintaroisifreonac