Scanning Melakukan Pengecekan Komponen Yang Mesti Diperbaiki
Scanning Melakukan Pengecekan Komponen Yang Mesti Diperbaiki

Jangan Bingung! Ini Manfaat Scanner Mobil

26 Mei 2023 | 09:01 WIB

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, beberapa sistem pada mobil sudah dikontrol secara elektronik. Hal ini membuat sistem terkait menjadi lebih akurat, handal, stabil dan minim perawatan/penyetelan. Sebagai contoh di engine management system, ada sebuah modul ECM (Engine Control Module), berbagai sensor dan aktuator untuk mengontrol kerja mesin, seperti injeksi bahan bakar, pengaturan saat pengapian, mekanisme variable valve, drive by wire dan sebagainya.


Untuk dapat mengetahui kerja dari sistem tersebut, Sahabat membutuhkan sebuah alat yang disebut dengan scanner, scan tool, atau sejenisnya. Alat ini dapat berkomunikasi dengan ECM, sehingga dapat diketahui nilai nilai dari sensor, kerusakan sebelumnya dan aktual kerusakan. Ada banyak merk dan seri scan tool yang tersedia di pasaran. Masing-masing menawarkan fitur dan kelebihannya masing-masing. Ada scantool yang hanya kompatibel dengan satu merk, tapi ada juga yang dapat digunakan pada semua merk mobil.


Pelajari Cara Kerja Scanner Mobil

Pelajari Cara Kerja Scanner Mobil


Pengertian Scanner Mobil

Mungkin Sahabat bertanya-tanya sebenarnya scanner mobil untuk apa? Scanner mobil adalah alat yang digunakan untuk mendiagnosa kerusakan pada mesin mobil dan sistem kelistrikan mobil. Scanner bekerja pada sistem yang menggunakan EFI atau Electronic Fuel Injection. 


Scanner mobil ini hanya bisa dilakukan pada kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ECU (Engine Control Unit) atau yang menggunakan sistem injeksi. Pasalnya, data yang diterima dari scanner itu berasal dari sensor yang ada di dalam mesin dan sistem kelistrikan mobil. Jadi, untuk mobil yang menggunakan sistem pengabutan dengan karburator tidak bisa didiagnosa menggunakan alat ini. 


Selain itu, tidak semua kerusakan dalam sistem kelistrikan di mobil bisa dideteksi menggunakan scanner mobil. Meskipun demikian, scanner sangat membantu mekanik dalam mencari tahu kerusakan yang ada di mobil. Selain scanner, sebenarnya ada juga sistem cek engine mobil lainnya misalnya menggunakan tespen. 


Engine Scan Mampu Menganalisa Kerusakan Komponen Mobil

Engine Scan Mampu Menganalisa Kerusakan Komponen Mobil


Cara Kerja Scanner Mobil 

Scanner mobil bekerja dengan cara membaca data dari ECU mobil. Bagi Sahabat yang belum familiar, ECU mobil adalah seperangkat alat yang bekerja sebagai pengatur dan pengontrol pada kendaraan bermesin. 


Jika diibaratkan, fungsi ECU ini mirip seperti otak dari sebuah mobil yang mengatur semua komponen yang berhubungan dengan sistem pembakaran dan kelistrikan. Oleh karena itu, dalam ECU ini tersimpan banyak sekali data mobil. Data itulah yang ditangkap oleh scanner mobil sebagai Diagnostik Trouble Code atau DTC.Cara membaca data Diagnostik Trouble Code ini tidak bisa sembarangan dan sebaiknya dilakukan oleh mekanik orang yang sudah cukup mengerti mengenai sistem mesin mobil.  


Manfaat menggunakan scanner mobil 

Setelah Sahabat mengetahui pengertian dan cara kerja scanner mobil, ada beberapa manfaat saat menggunakan alat scanner mobil. Kamu bisa simak disini: 


  • Mempermudah Kerja Teknisi

Scanner mobil banyak digunakan karena bisa mempermudah teknisi dalam mencari tahu kerusakan pada kendaraan, khususnya yang berhubungan dengan sistem pembakaran mobil dan sistem kelistrikan. Scanner mobil akan mengecek kondisi setiap komponen lalu memberitahukan statusnya di layar sehingga teknisi bisa lebih fokus pada apa yang menjadi permasalahan. 


Kondisi Mobil Sehat Berkendara Pun Menyenangkan

Kondisi Mobil Sehat Berkendara Pun Menyenangkan


  • Hemat Waktu dan Biaya

Biaya scan mobil tentu jauh lebih murah ketimbang melakukan pengecekan manual. Pada pengecekan manual, komponen harus dibongkar terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakannya. 


  • Hemat Bahan Bakar

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari alat ini untuk mencari tahu Fuel Trim dari suatu kendaraan. Fuel trim sendiri merupakan perhitungan bahan bakar dan udara oleh ECU agar rasio campuran bahan bakar dengan udara selalu ideal. Hasil pemeriksaan fuel trim pada scanner mobil ditampilkan menggunakan persentase. Ketika scanner menunjukkan angka 0,0%, itu berarti sistem bahan bakar bekerja dengan sempurna. 


Jangan Bingung! Ini Manfaat Cek Engine Mobil

Untuk merawat mobil Sahabat agar tetap awet perlu servis secara berkala, kamu bisa kunjungi www.Garasi.id dan sikat Promo Payday dari Bengkel Bos berikan diskon hingga 15 % untuk jasa layanan engine scanning service, tune up, servis berkala, jasa kuras transmisi, servis rem, spooring balancing dan cuci mobil. Jika Sahabat masih bingung menentukan jasa servis apa atau bengkel mobil mana yang tepat, kamu bisa langsung hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ingat Sahabat, selalu rawat mobil kesayanganmu dengan sepenuh hati ya! Selamat servis mobil Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 26 Mei 2023 | 10:27 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifscannermesinmobilservismobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family