Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merugikan Pengendara Lain
Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merugikan Pengendara Lain

Jangan Dibiasakan! Hal Ini Bisa Bikin Mobil Cepat Rusak

11 Sep 2023 | 23:27 WIB

Sahabat sebagai pengendara baik, sudah pasti mobil dijadikan prioritas transportasi utama, baik untuk bekerja, kuliah bahkan berwisata bersama keluarga dan kerabat. Mengendarai mobil kesayangan dapat membuat aktivitas keseharian Sahabat lebih praktis dan mudah dilakukan.


Tidak cukup itu saja Sahabat, ada kebiasaan berkendara yang harus kamu lakukan saat mengendarai mobil kesayangan. Jika kebiasaan buruk ini tidak dirubah, dampak buruknya komponen mobil bisa rusak tapi juga bisa berpotensi mengancam keselamatan saat berkendara dan tentunya akan merugikan pengendara lain di jalan.


HIndari Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi

HIndari Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi


Nah Sahabat, kebiasaan buruk apa saja saat berkendara yang dapat merusak komponen mobil kesayangan kamu? Yuk cek apakah kamu melakukan salah satu kebiasaan berikut ini.


  • Menetralkan Gigi Saat Jalan Menurun

Kebiasaan yang satu ini tidak hanya membuat mobil kesayangan Sahabat cepat rusak, namun juga berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal lho! Karena saat mobil berjalan menurun menggunakan gigi netral, maka mobil akan melaju lebih cepat dan ringan. Begitu mobil berjalan menurun dalam kecepatan tinggi akan sangat berbahaya dan kamu akan kesulitan untuk mengerem, memasukkan gigi ataupun mengontrol mobil. Hal ini dapat mengakibatkan mobil slip sehingga berpotensi terjadi kecelakaan. Ingat ya Sahabat, saat berjalan menurun sebaiknya perlambat kecepatan mobil dengan menggunakan gigi rendah.


Hindari Rem Secara Mendadak

Hindari Rem Secara Mendadak


  • Sering Rem Mendadak

Saat berkendara, hindari kebiasaan mengerem mendadak karena hal tersebut dapat membuat kampas rem cepat aus. Sebaiknya, saat hendak berhenti, tekan pedal rem secara perlahan dari jarak jauh. Lakukan sedikit demi sedikit hingga kecepatan mobil perlahan-lahan menurun dan berhenti sempurna. Selain membuat kampas rem awet, kebiasaan ini juga membuat konsumsi BBM mobil kesayangan Sahabat lebih hemat lho.


  • Sering Menginjak Pedal Gas Mendadak

Mungkin saat Sahabat sedang terjebak lampu merah dan terlambat untuk beraktivitas. Karena panik, saat lampu lalu lintas berganti hijau, kamu langsung menginjak pedal gas sedalam-dalamnya supaya mobil cepat melaju. Namun, menekan pedal gas terlalu dalam dari kondisi berhenti membuat mesin bekerja sangat keras dalam waktu singkat, sehingga RPM dipaksa berputar dalam kecepatan tinggi secara tiba-tiba. Apabila dilakukan terus menerus, hal ini dapat merusak komponen mesin dan mengakibatkan konsumsi BBM lebih boros.


Cek Kembali Kondisi Dalam Mobil

Cek Kembali Kondisi Dalam Mobil


  • Lupa Mematikan Lampu

Hampir semua pengendara pernah meninggalkan mobil dengan kondisi lampu kabin yang masih menyala. Apakah Sahabat juga melakukan hal yang sama? sebaiknya jangan sering dilakukan ya. Karena apabila terjadi terus menerus, maka energi dari aki mobil akan cepat habis. Untuk menyalakan lampu, dibutuhkan tenaga dari aki. Ketika mesin mobil mati, aliran energi ke aki terputus sehingga aki akan menggunakan energi cadangan yang lama kelamaan juga akan habis. Akibatnya, mesin mobil kesayangan kamu tidak bisa dinyalakan.


  • Malas Servis Mobil

Tindakan ini sangat fatal ya Sahabat, jika tidak sempat melakukan servis mobil tepat waktu sesuai yang dianjurkan di buku manual. Karena mesin adalah bagian paling penting dari sebuah mobil sehingga perlu perawatan khusus seperti servis berkala dan ganti oli. Selain itu servis mobil penting untuk memastikan mesin mobil kesayangan kamu agar selalu awet digunakan bertahun-tahun. Kamu pastinya tidak ingin mesin mobil menjadi rusak karena munculnya berbagai masalah pada kendaraan.


Tidak Rutin Servis Berkala Bisa Menyebabkan Mobil Mogok

Tidak Rutin Servis Berkala Bisa Menyebabkan Mobil Mogok


Itulah Sahabat, kebiasaan yang bisa membuat mesin mobil kamu tidak awet. Sebaiknya dari sekarang mulai kurangi kebiasaan buruk yang merugikan mesin mobil kesayangan kamu agar nantinya tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perbaikannya.


Jika Sahabat memiliki kesibukan lain, atau sekedar malas datang ke bengkel. Kamu bisa langsung mengecek partner bengkel terdekat dari rumahmu hanya di www.Garasi.id. Jika ada kendala, kamu akan dibantu oleh tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Jangan Dibiasakan! Hal Ini Bisa Bikin Mobil Cepat Rusak


Nikmati promo terbaik servis berkala September Petir Promo Melintir berikan diskon hingga 250ribu. Promo ini berlaku hingga 30 September 2023. Syarat dan ketentuan berlaku.


Mobil sehat, hati pun tenang. Selamat servis mobil kesayangan Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 12 Sep 2023 | 07:46 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkebiasaanburukmengemudiremmendadakmalaservismesinrusakturunmesinservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family