Selain membantu pencahayaan, lampu kabut juga dapat mempercantik mobil kamu
Lampu kabut atau fog lamp berfungsi untuk memberikan tamabahan cahaya disituasi berkabut atau hujan deras

Jangan Memasang Lampu Kabut Berwarna Putih

29 Jun 2019 | 18:01 WIB
BAGIKAN

Sahabat mungkin pernah mengeluhkan ketika menghadapi musim penghujan lampu mobil kamu tidak memberikan pencahayaan yang optimal. Oleh karena itu, penggunaan fog lamp atau lampu kabut menjadi aksesoris yang dibutuhkan pada saat berkendara bukan hanya sekedar penghias bumper depan saja.

Menggunakan lampu kabut (fog lamp) akan sangat membantu untuk menambah daya penglihatan di saat kondisi hujan atau pada saat kondisi berkabut. Kelengkapan yang satu ini biasanya ditawarkan sebagai kelengkapan standar mobil tipe tertentu ketika Sahabat membeli mobil. Sementara untuk Sahabat yang mobilnya belum dilengkapi dengan fog lamp, ada baiknya untuk menambah kelengkapan ini agar daya penglihatan menjadi lebih baik saat berkendara di waktu hujan terlebih di malam hari.

Seperti dilansir Daihatsu.co.id salah satu cara menggunakan fog lamp dengan bijak adalah dengan tetap mempertahankan penggunaan bohlam halogen bening dan bukan biru (sesuai standar pabrik), karena pada saat hujan atau berkabut, daya tembus cahaya kekuningan lebih baik ketimbang putih. Penggunaan fog lamp tidak disarankan pada saat cuaca cerah, karena meskipun letaknya di bawah masih dapat membuat silau pengemudi dari arah berlawanan pada saat berada di jalan yang berbeda tinggi permukaannya atau tanjakan dan turunan.

Selain membantu untuk menambah daya penglihatan di saat kondisi hujan atau pada saat kondisi berkabut, fog lamp juga akan membuat tampilan muka mobil Sahabat lebih sedap dipandang! Setidaknya daripada Sahabat membiarkan tempat untuk fog lamp di bumper kosong. Umumnya varian mobil yang aslinya tidak dilengkapi fog lamp tetap menyediakan  tempat untuk fog lamp, sehingga pemiliknya dapat memasangnya sebagai aksesori tambahan tanpa harus melakukan modifikasi bumper.



Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 29 Jun 2019 | 18:01 WIB
BAGIKAN