Lebih Baik Bensin Terisi Penuh daripada Kehabisan
Lebih Baik Bensin Terisi Penuh daripada Kehabisan

Jangan Pusing, Solusi Aman Jika Kehabisan Bensin di Jalan

29 Jan 2024 | 16:08 WIB

Sudah banyak pengendara mobil ketika melakukan perjalanan jauh terkadang kurang fokus dengan tidak memperhatikan indikator bensin yang sudah menipis. Akibatnya pengemudi mengalami kehabisan bensin di dalam kota maupun jalan tol.


Sahabat mungkin pernah lupa mengisi bensin di SPBU yang ada di jalan atau rest area, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius loh! Karena jika mobil kesayangan kamu kehabisan bensin, selain mobil mogok kamu juga terpaksa harus mencari bensin secara darurat.


Lakukan Pengisian Bensin Mobil Secara Berkala

Lakukan Pengisian Bensin Mobil Secara Berkala


Oleh karena itu Sahabat, sangat disarankan untuk mengisi bensin sesuai kebutuhan dan berkala saat melakukan perjalanan, terutama melalui jalan tol. Saat kamu berhenti di rest area, sebaiknya bensin terisi penuh daripada kekurangan saat tidak ada SPBU di sekitar.


Nah, masalah akan timbul apabila mobil kesayangan Sahabat mengalami kehabisan bensin di tengah jalan. Jangan pusing ya, karena ada solusi aman untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara di bawah ini


1. Bawa Mobil ke Tepi Jalan dengan Tenang

Merasa pusing ketika mobil kehabisan bensin di jalan tol hanya akan membuat suasana menjadi emosional. Apabila mobil kesayangan Sahabat sudah memberi tanda kehabisan bensin dengan suara mobil yang brebet, hal yang bisa kamu lakukan dengan menyalakan lampu hazard.


Hal ini harus segera Sahabat lakukan untuk memberi sinyal kepada mobil di belakang. Agar mobil di belakang kamu waspada dan menghindari terjadinya tabrakan. Ketika mobil masih dalam keadaan berjalan, dan sudah menyalakan lampu hazard, langsung injak pedal kopling dan pindah gigi transmisi ke netral. Lalu arahkan mobil kesayangan Sahabat ke bahu jalan tol. Setelah mobil menepi, kamu bisa menghubungi layanan tol untuk mendapatkan bantuan dari petugas.


Tidak Perlu Panik Bila Kehabisan BBM di Jalan

Tidak Perlu Panik Bila Kehabisan BBM di Jalan


2. Menghubungi Layanan Tol

Perlu Sahabat ketahui, layanan dari Jasa Marga atau layanan dari jalan tol itu sendiri memiliki petugas yang rutin melakukan patroli. Patroli ini dilakukan untuk memantau jalan tol apabila ada kerusakan baik itu di jalan tol maupun untuk melayani pengguna tol yang sedang dalam masalah.


Layanan tol yang bisa Sahabat hubungi melalui nomor 14080 dan 0813-8006-8000 untuk membantu mengatasi masalah yang terjadi di dalam tol. Tidak hanya soal bensin yang habis namun bisa membantu dalam menderek mobil yang mogok atau terjadi masalah lainnya.


3. Informasi Penting Layanan Tol

Apabila Sahabat mengalami masalah mobil di dalam jalan tol, Sahabat sebagai pengguna jalan dapat menghubungi beberapa nomor layanan di bawah ini. Nomor-nomor penting ini dapat membantu kamu bila terjadi suatu masalah di dalam tol, tidak hanya saat kehabisan bensin saja. Sahabat dapat mengetahui nomor layanan penting saat terjadi masalah di dalam tol berikut ini.


  • Layanan Call Center Darurat: 112
  • Pusat informasi jalan tol: 0813-8006-8000
  • Layanan Kepolisian: 110
  • Layanan pemadam kebakaran (Damkar): 113
  • Layanan SAR dan Basarnas: 115
  • Layanan ambulans: 118 atau 119
  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB): 117
  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub): 151
  • Pusat Krisis Kemenkes RI: 0812-1212-319
  • BPJS Kesehatan: 1-500-400


Rutin Melakukan Perawatan Mobil

Rutin Melakukan Perawatan Mobil


Disarankan, sebelum Sahabat menggunakan mobil, tentu harus memperhatikan indikator bensin. Karena kendaraan bermotor tidak dapat berjalan tanpa adanya bensin. Maka dari itu, jangan sampai kehabisan bensin di tengah perjalanan ya Sahabat.


Itulah Sahabat solusi aman jika kehabisan bensin di jalan tol. Pastikan untuk memperhatikan indikator mobil saat melakukan perjalanan jauh di dalam tol. Selain itu, pastikan untuk menggunakan bensin sesuai anjuran sehingga dalam perjalanan tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.


Untuk menghindari kebingungan Sahabat ketika mobil kesayangan kamu bermasalah di jalan, sebaiknya Sahabat gunakan jasa Layanan Asisten Darurat Mobil - Emergency Roadside Assistance (ERA) dari Garasi.id jika mengalami masalah di jalan tol.


Jangan Pusing, Solusi Aman Jika Kehabisan Bensin di Jalan


Selain mengatasi mobil mogok dijalan karena kehabisan bensin, layanannya juga meliputi keadaan darurat pada aki mobil, penggantian ban bocor, mobil derek dan membantu mengatasi masalah kunci yang tertinggal di dalam mobil. Sahabat juga akan mendapatkan bonus voucher gratis jasa servis dari Garasi.id senilai 100ribu + Blibli Tiket rewards 100ribu poin.


Ingatlah Sahabat, bahwa keselamatan adalah yang utama. Garasi.id siap berikan Layanan Asisten Darurat Mobil dan hadir untuk membantu kamu dalam situasi darurat selama di perjalanan. Jika ada kendala silahkan Sahabat hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Jan 2024 | 16:14 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifbensinhabisjalantoljasamargamobilmogokderekmobilbanbocorkuncitertinggalakisoakvouchergarasisolusiamanasistendarurat
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family