Perhatikan Secara Detail Tentang Cara Merawat Mobil
Perhatikan Secara Detail Tentang Cara Merawat Mobil

Jangan Sampai Salah! Perawatan Penting Untuk Mobil Matic Dan Manual

25 Agt 2023 | 15:39 WIB

Bagi Sahabat sebagai pemilik mobil, pasti paham biaya perbaikan di masa sekarang sangatlah mahal. Ada berbagai biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurusi atau merawatnya, baik mobil bertransmisi matic maupun manual. Keduanya sama sama memerlukan perawatan yang khusus. 


Transmisi yang berbeda bukan hanya berdampak pada cara mengendarainya, tetapi juga mempengaruhi cara perawatannya. Meski terdapat perbedaan perawatan mobil matic dan manual, keduanya juga memiliki beberapa kesamaan dalam hal perawatannya.


Servis Mobil Kesayangan Secara Berkala

Servis Mobil Kesayangan Secara Berkala


Selain melakukan perawatan, penting untuk kamu selalu mengecek mobil kesayangan secara berkala. Karena di dalam mobil, transmisi merupakan salah satu komponen vital yang membutuhkan perawatan secara rutin supaya performanya bisa optimal. Nah, jika transmisi pada mobil kamu rusak, siap-siap mobil harus merogoh kocek yang dalam untuk perbaikan.


Kira-kira, perawatan penting apa saja baik untuk mobil matic dan manual? Sahabat bisa ketahui agar nanti tenang apabila terjadi kerusakan pada mobil kesayangan dibawah ini.


Perhatikan Semua Komponen Pada Mobil
Periksa Semua Komponen Pada Mobil

Mobil Bertransmisi Matic


Untuk mengatasi adanya kerusakan dan permasalahan pada komponen mobil matic, dibutuhkan perawatan agar komponen tersebut tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Perawatan pada mobil matic biasanya tergantung dari jarak tempuh yang sudah dilalui oleh kendaraan dan juga cara pemakaian pengemudi mobil. Berikut adalah perawatan yang harus dilakukan terhadap mobil matic.


  • Mengganti Oli Transmisi

Dengan melumasi oli transmisi, maka persneling akan lebih enak untuk digunakan dan Sahabat pun akan nyaman berkendara. Perlu diperhatikan juga bahwa tidak boleh sembarangan menggunakan oli. Sebaiknya gunakan merek oli yang telah disarankan pabrik. Sebagai patokan, gantilah oli transmisi saat mobil telah digunakan antara 25.000-50.000 km.


Pahami Tuas Transmisi Mobil Matic

Pahami Tuas Transmisi Mobil Matic


  • Cek Valve Mobil Matic

Jangan lupa Sahabat untuk rutin melakukan pengecekan pada valve mobil matic. Hal ini dikarenakan masalah kerusakan gasket transmisi yang seringkali terjadi pada jenis mobil matic. Sedangkan penyebab dari kerusakan ini yakni tarikan gas atau sentakan gas yang terlalu keras.


  • Cek Perpindahan Tuas

Transmisi matic perlu diperhatikan dengan teliti. Ada satu cara sepele yang bisa Sahabat praktekkan. Cobalah untuk menempatkan tuas transmisi pada posisi D atau R dan lepaskan rem mobil. Jika kamu mendengar suara aneh saat melakukan perpindahan transisi, kemungkinan besar terdapat masalah.


Kontrol Penginjakan Gas Pada Mobil Matic

Kontrol Penginjakan Gas Pada Mobil Matic


  • Jangan Langsung Menginjak Gas Dalam-dalam

Pada saat awal mengemudi, jangan langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Hal ini karena akan mengganggu kualitas katup solenoid. Sebaiknya, saat mobil Sahabat baru mulai berjalan, injak gas perlahan agar menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi.


  • Pindahkan ke Posisi Netral atau N Saat Berhenti

Saat jalan sedang macet dan laju kendaraan jadi terhenti, sebaiknya posisikan tuas transmisi pada posisi netral (N) jangan di Drive (D) karena akan memicu kanvas kopling mobil terus bergesekan.nSebaiknya kamu menghindari posisi tuas di Parking (P) karena akan menyebabkan banyak gesekan ketika beralih menuju posisi D.


Cek Kondisi Tuas Mobil Moanual
Cek Kondisi Tuas Mobil Manual

Mobil Bertransmisi Manual


Perhatikan ini Sahabat, perilaku buruk saat berkendara rupanya sangat berpengaruh besar kepada kerusakan transmisi manual. Ini karena sistem hidrolik dan elektronik sudah dikombinasi dengan teknologi komputer yang mampu mengatur pergantian gigi lebih mudah dan sederhana, mencegah kamu untuk melakukan pergantian gigi yang tak sesuai dengan seharusnya. Berikut adalah perawatan yang harus dilakukan terhadap mobil transmisi manual antara lain.


  • Menggunakan Suku Cadang Asli

Sebaiknya Sahabat mengganti suku cadang kendaraan dengan merk yang disarankan pabrik. Mengingat perawatan mobil transmisi manual lebih murah, sebaiknya gunakan suku cadang yang asli.


  • Rajin Setel Kopling

Sesuaikan pedal kopling pada posisi yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Jika terlalu tinggi akan menyebabkan perpindahan gigi menjadi kasar. Sebaliknya, jika terlalu rendah akan menyebabkan sering terjadi hentakan.


 Periksa Komponen Starter Mobil

Periksa komponen starter mobil


  • Hindari Kaki Menempel di Pedal Kopling

Yang menjadi perbedaan perawatan mobil matic dan manual salah satunya ada di bagian pedal kopling. Kebiasaan jelek yang sering tidak Sahabat sadari adalah menempelkan kaki ke pedal kopling. Kebiasaan ini ternyata dapat mengakibatkan terjadinya friksi serta mempercepat usia pemakaian komponen pada mesin.


  • Periksa Strater Mobil

Perhatikan kesehatan starter mobil manual. Kesusahan ketika menghidupkan mobil merupakan tanda starter mobil kesayangan Sahabat bermasalah pada bagian starternya. Oleh karena itu, memeriksa filter setiap saat merupakan suatu kewajiban. Akan tetapi apabila kamu belum paham mengenai hal ini, akan lebih baik jika memeriksanya ke bengkel terdekat.


Nah itu dia beberapa perawatan baik mobil bertransmisi matic maupun manual. Sudah suatu kawajiban bagi Sahabat  untuk mengimbanginya dengan cara melakukan perawatan yang teratur. Oleh karena itu, perhatikanlah kesehatan dan kondisi mobil kesayangan Sahabat setiap saat.


Sahabat tidak perlu khawatir tentang layanan jasa servis mobil, kamu bisa cek www.Garasi.id sekarang. Sikat promo potongan harga untuk perawatan baik mobil bertransmisi matic maupun manual.


Jangan Sampai Salah! Perawatan Penting Untuk Mobil Matic Dan Manual


Banyak keuntungan yang Sahabat dapatkan jika bertransaksi di Garasi.id. Dapatkan tambahan bonus poin 30ribu langsung dari aplikasi Getplus jika kamu upload struk jasa servis sekarang. Download aplikasi Getplus secara gratis dan Sahabat bisa nikmati reward di aplikasi Getplus. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 25 Agt 2023 | 15:39 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiftransmisimatictransmisimanualservisberkalasolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family