Suspensi Berfungsi Baik Kemudi Mudah Diarahkan Dengan Tepat
Suspensi Berfungsi Baik Kemudi Mudah Diarahkan Dengan Tepat

Jangan Sepele! Ini Penyebab Utama Mobil Kamu Kurang Nyaman Saat Dikendarai

05 Apr 2022 | 11:00 WIB

Suspensi atau shockbreaker merupakan salah satu komponen utama yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Jika bagian ini sudah bermasalah, maka pemilik mobil akan mengeluhkan benturan keras dan menganggu kenyamanan saat mobil dikendarai.

Penyebab suspensi mobil keras ada beberapa faktor. Salah satunya sering melewati jalan jelek. Alhasil mempengaruhi kinerja suspensi hingga bantingan terasa keras dan bisa berpotensi mengalami kerusakan.

Banyak pemilik mobil yang abai menjaga kinerja suspensi agar tetap optimal, baru akan memperhatikan jika sudah mengalami masalah. Cara berkendara yang buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab suspensi mobil keras.


Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil Biar Nyaman Dikendarai

Cek Kerusakan Kaki-kaki Mobil Biar Nyaman Dikendarai


Nah, ini penyebab utama yang membuat suspensi mobil Sahabat Garasi terasa keras:

1.    Suspensi Kadaluwarsa

Penyebab suspensi mobil keras yang pertama umumnya karena masa pakai sudah habis alias kedaluwarsa. Bukan hanya makanan saja yang bisa kedaluwarsa, namun berlaku juga untuk komponen suspensi.

Umumnya masa pakai suspensi mobil adalah lima tahun. Ketika umur tersebut oli suspensi bisa saja sudah cair atau kekentalannya tidak optimal. Lalu elastisitas per pun berkurang.

Jika mobil digunakan setiap hari dan sering melewati jalanan rusak umurnya bisa di bawah lima tahun. Lebih tepatnya berpatokan pada rasa kenyamanan berkendara, jika dirasa sudah keras baiknya langsung dicek ke bengkel.

2.    Sering Melewati Jalan Rusak

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jika sering melewati jalan rusak atau berlubang merupakan salah satu penyebab suspensi mobil keras. Hal ini akan mempercepat usia pakai. Sebab suspensi dituntut untuk selalu bekerja keras.

Efeknya bisa banyak, mulai dari elastistas per yang berkurang, hingga terjadi kebocoran oli shockbreaker. Ujung-ujungnya bantingan jadi tidak berkualitas alias kurang empuk.

Bukan cuma jalan rusak yang jadi masalah. Kamu sering melaju cepat mobil kemudian mengerem mendadaak, juga menjadikan beban kerja suspensi bertambah. Ini tentu bisa berakibat ke usia pakai jadi lebih pendek.

3.    Pemasangan Upper Mounting Tidak Pas

Penyebab suspensi mobil keras selanjutnya adalah pemasangan upper mounting yang kurang tepat. Apabila pemasangannya kurang pas maka suspensi tidak berada di tempat semestinya, kadang geser sedikit.

Apabila hal tersebut dibiarkan maka kinerjanya menjadi kurang maksimal sehingga suspensi Mobil menjadi keras. Jadi cek pada bagian upper mounting apakah posisinya sudah tepat atau tidak.

Kondisi ini umumnya terjadi ketika penggantian suspensi lama dengan baru dilakukan. Hal serupa juga bisa diakibatkan saat Kamu memasang suspensi jenis aftermarket.

4.    Suspensi Kotor

Letak suspensi yang berada di bawah mobil tentunya akan mudah terkena kotoran debu atau lumpur, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab suspensi mobil keras.

Kotoran yang menumpuk pada suspensi tentunya bisa mengakibatkan kinerjanya menjadi tidak optimal. Paling parah menyebabkan kerusakan seperti oli rembes alias bocor. Ujung-ujungnya bantingan suspensi terasa lebih keras.

5.    Bawa Muatan Berlebihan

Penyebab suspensi mobil keras berikutnya adalah seringnya membawa muatan berlebih. Hal ini akan diperparah ketika jalan yang dilalui merupakan jalan rusak dan melewatinya dengan kecepatan tinggi.

Alhasil mobil dipaksa bekerja keras untuk bisa melewati medan tersebut, termasuk suspensi. Akibatnya suspensi bisa mengalami kebocoran. Kalau sudah bocor olinya, maka peredaman jadi tidak optimal dan terasa keras.

Kalau mengalami kebocoran oli, kamu bisa melakukan servis shockbreaker. Dapat pula melakukan penggantian komponen secara keseluruhan. Tentu bujetnya akan lebih mahal bila harus ganti baru.

6.    Ban Mobil Aus

Membiarkan ban mobil sudah tipis terlalu lama bisa berpotensi penyebab suspensi mobil keras. Hal tersebut menjadikan jarak main shockbreaker jadi lebih sempit. Alhasil kinerjanya jadi lebih keras dari biasanya dan menjadikan usia pakai suspensi berkurang.

7.    Jarang Servis Berkala

Selanjutnya, penyebab suspensi mobil keras adalah pemilik mobil jarang melakukan servis berkala. Dengan melakukan servis berkala tentunya mekanik bengkel akan mengecek semua bagian mobil termasuk suspensi.


Tips Agar Suspensi Mobil Empuk

Inia da beberapa tips yang bisa Sahabat Garasi lakukan untuk membuat suspensi mobil menjadi lebih empuk.

·         Ganti Suspensi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat suspensi mobil menjadi empuk adalah dengan mengganti suspensi. Cek terlebih dahulu apakah suspensi mobil kesayangan Kamu sudah rusak atau bocor.

Jika sudah rusak, sebaiknya diganti dengan yang baru. Ketika hendak mengganti biasanya Kamu akan ditawarkan pada beberapa pilihan merek suspensi dari toko. Banyak dari merek aftermarket menawarkan suspensi yang lebih oke dari standarnya. Soal harga, semua tergantung dari konsumen mau memilih merek dan tipe apa.

·         Ganti Bushing

Mobil yang sudah berumur biasanya mengalami kerusakan komponen seperti bushing. Agar lebih nyaman dan empuk, ganti bushing tersebut secara berkala. Hal tersebut lantaran bushing menjadi salah satu komponen kaki-kaki yang sering lupa diganti oleh pemilik mobil.

Bushing sendiri terbuat dari bahan karet yang lama kelamaan akan hancur seiring pemakaian kendaraan.

·         Ganti Mounting

Cara membuat mobil menjadi empuk lainnya bisa dengan cara mengganti mounting shock atau support shock. Komponen satu ini berada tepat di atas sokbreker yang berfungsi tahanan atau dudukan sokbreker.

Jika sudah rusak, karet ini bisa merusak kaki-kaki. Kasus terburuk yang bisa dialami salah satunya adalah kaki-kaki yang ‘ambrol’ ketika mobil sedang digunakan.

Karet yang sudah keras juga bisa mempengaruhi kenyamanan, sehingga pantulan sokbreker akan menjadi keras. Jika diganti dengan karet baru, pantulan sokbreker bisa menjadi lebih empuk.

·         Ganti Ban

Siapa yang menyangka jika mengganti ban menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat suspensi mobil jadi lebih empuk. Hal tersebut dikarenakan kompon yang digunakan oleh setiap ban berbeda-beda.

Ada yang menggunakan material hard compound, medium, dan soft. Sehingga keempukan mobil juga dipengaruhi oleh ban yang digunakan.

Umumnya ban yang memiliki kenyamanan yang baik punya harga yang tidak murah. Jika Sahabat Garasi ingin membuat mobil empuk, maka bisa dengan berinvestasi di ban mobil dengan merek terpercaya. Jangan lupa untuk menggunakan angin nitrogen sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pabrikan.


Ganti Ban Jangan Menyalahi Standar Pabrikan

Ganti Ban Jangan Menyalahi Standar Pabrikan

·         Modifikasi Suspensi Mobil

Hal terakhir yang bisa menjadi ‘jalan pintas’ untuk membuat mobil jadi empuk adalah dengan melakukan modifikasi. Modifikasi ini sering dilakukan oleh para pemilik mobil dengan cara berkonsultasi dengan bengkel spesialis suspensi.

Biasanya bengkel suspensi memiliki racikan tersendiri untuk membuat suspensi mobil yang tadinya keras menjadi empuk.


Jangan Sepele! Ini Penyebab Utama Mobil Kamu Kurang Nyaman Saat Dikendarai


Jika Sahabat Garasi ingin mengatasi permasalahan suspensi mobil, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Roadtrip Harmoni dengan diskon jasa servis hingga 50%. Promo ini berlaku mulai 1 April 2022 hingga 16 Mei 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Apr 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalajasaservisperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family