Tips memilih mobil bekas
Tips memilih mobil bekas

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

24 Jan 2020 | 15:46 WIB

Setiap orang pasti mendambakan memiliki mobil impiannya masing-masing. Namun, seringkali beberapa pertimbangan muncul ketika hendak membeli mobil. Hal yang pertama kalo sering dipertimbangkan adalah membeli mobil baru atau lebih memilih mobil bekas? 

Jika kamu memiliki keuangan yang cukup, kamu pasti akan memilih membeli mobil baru tentunya. Tetapi bagaimana, jika sebenarnya kamu mampu membeli mobil baru tetapi justru lebih memilih mobil bekas? Apakah hal tersebut salah? Tentunya tidak !

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Banyak yang salah kaprah ketika orang lebih memilih mobil bekas ketimbang mobil baru. Mungkin untuk beberapa orang, mereka akan berpikir ketika mereka membeli mobil bekas, mereka akan mendapatkan mobil-mobil yang kondisinya sudah tidak layak, umur mobil tua, banyak komponen yang harus diperbaiki dan hal lainnya.

Namun lucunya, ada juga sebagian orang yang akan menjual mobilnya ketika kilometer mobil yang mereka miliki sudah menyentuh angka tertentu walaupun umur mobilnya belum mencapai 5 tahun. Bahkan ada yang ingin mengganti mobilnya karena alasan bosan dengan warna mobil yang mereka miliki. Itulah yang mematahkan stigma bahwa ketika orang memilih mobil bekas sudah bisa dipastikan mereka mendapatkan mobil yang tidak layak pakai. 

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Buat kamu para Sahabat Garasi.id, jangan pernah memiliki pikiran bahwa kamu tidak akan mendapatkan keuntungan ketika memilih mobil bekas. Justru banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Biar tidak penasaran, berikut keuntungan yang akan Sahabat dapatkan ketika kamu membeli mobil bekas.

Memilih mobil bekas unggul di harga beli

Sudah jelas memilih mobil bekas memiliki keunggulan di sektor harga. Alasan yang paling umum terjadi ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas adalah masalah anggaran yang terbatas. Jadi jika kendala anggaran menjadi hambatan kamu maka tepat jika Sahabat memilih untuk membeli mobil bekas.

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Sebab inilah yang paling cocok dengan isi kantong kamu sekarang. Harga yang murah juga akan menguntungkan pembeli jika hendak menjualnya lagi mereka tidak akan mengalami banyak penurunan harga. Dan karena dapat harga yang lebih murah, berarti nilai plusnya adalah berhemat.

Memilih mobil bekas lebih banyak varian!

Jenis mobil, warna mobil, tahun pembuatan, berapa jarak kilometer yang sudah ditempuh sangat berpengaruh pada harga ketika memilih mobil bekas. Tetapi tahukah kamu, banyak konsumen yang lebih memilih mobil bekas ketimbang mobil baru karena faktor varian mobil. Mobil bekas dinilai memiliki varian yang lebih banyak sehingga konsumen bebas untuk memilih.

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Walaupun produsen mobil ikut memberikan pilihan varian mobil yang beragam, tetapi untuk tipe-tipe tertentu para dealer sudah tidak menjualnya lagi sehingga konsumen yang ingin memilih model tertentu memilih untuk memilih mobil bekas. 

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Misal saja, penggemar Honda tidak asing lagi dengan model Honda Civic Estilo, Hatchback legendaris dengan desain yang tidak pernah padam. Walaupun mobil tersebut keluar di tahun 90-an, pecinta Honda akan bersusah payah untuk mendapatkan model mobil tersebut, karena dealer sudah mengeluarkan tipe tersebut lagi. Lalu, kamu bisa bebas memilih mobil bekas seperti SUV, MPV, sedan, hatchback, dan tipe lainnya di dalam satu tempat.

Memilih mobil bekas tidak perlu inden

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Berbeda dengan mobil baru, ketika orang memilih mobil bekas akan lebih cepat karena tidak perlu menunggu atau inden baru bisa memakainya. Seorang pembeli yang tak sabaran, bisa saja berubah pikiran karena waktu inden atau antrian yang terlalu lama untuk bisa mendapatkan mobil yang diidamkan. Alhasil, pilihan untuk mendapatkan mobil pun jatuh pada mobil bekas yang sudah 'ready' untuk dibeli.

Biaya bulanan yang ringan

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Ketika orang membeli mobil baru, mobil tersebut cenderung membutuhkan perawatan yang maksimal agar mobil tersebut tetap optimal. Tentunya dengan hal tersebut ada biaya lagi yang harus kamu keluarkan. Selain itu, mobil baru juga membutuhkan premi asuransi yang lebih mahal ketimbang memilih mobil bekas. Belum lagi, mobil keluaran terbaru juga wajib menggunakan bahan bakar non subsidi pemerintah, dan pajak kendaraan baru terutama kendaraan mewah yang lebih tinggi ketimbang pajak kendaraan mobil bekas. 

Fungsi dan kualitas tidak berbeda jauh

Ketika kamu memilih mobil bekas, kejelian Sahabat sangatlah diuji. Jika Sahabat jeli dalam melihat kualitas mobil tersebut, maka kamu akan mendapatkan mobil bekas dengan kondisi sangat bagus. 

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Oleh karena itu, Sahabat harus pintar-pintar mencari mobil bekas yang berumur masih muda, jarak tempuh masih sedikit, dan pastinya harus sudah dilakukan pengecekan oleh tenaga profesional. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan mobil bekas yang kondisinya sama seperti mobil baru dan kalau berbicara harga sudah bisa dipastikan lebih murah.

Jangan Takut Memilih Mobil Bekas! Justru Banyak Untungnya

Saat ini banyak marketplace otomotif yang dapat membantu kamu memilih  mobil bekas dengan kondisi mobil masih prima seperti mobil-mobil di Garasi.id. Karena Garasi.id memiliki koleksi Mobil Pilihan dimana mobil tersebut sudah bisa dipastikan sempurna. Mulai dari kilometer yang rendah, umur mobil yang muda dan sudah melewati proses inspeksi oleh tenaga ahli kami. Jadi, buat Sahabat yang ingin mengganti mobil, memiliki mobil pertama, atau memberi hadiah orang terkasih sebuah mobil, Garasi.id adalah tempat yang tepat.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 31 Mar 2020 | 01:29 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil