Komponen AC Mobil Harus Dirawat Secara Rutin
Komponen AC Mobil Harus Dirawat Secara Rutin

Jangan Tunggu Rusak, Segera Servis AC Mobil Kamu

27 Okt 2023 | 23:37 WIB

Perawatan Rutin pada AC menjadi hal wajib agar komponen AC dalam mobil tetap berada dalam kondisi baik. Selain itu dengan perawatan AC akan membuat kinerjanya tetap optimal saat digunakan. Tentu saja ini bertujuan agar Sahabat bisa berkendara dengan nyaman tanpa harus merasa gerah. 


Untuk merawat AC sebenarnya tidak sulit, hanya dibutuhkan jadwal rutin pengecekan dan servis ringan. Secara umum, perawatan AC harus dilakukan servis rutin, seperti pengecekan dan flushing kompresor setiap 20.000 KM atau 1 tahun sekali.


Ketahui, Tanda-Tanda AC Mobil Tidak DIngin

Ketahui, Tanda-Tanda AC Mobil Tidak DIngin


Servis rutin dilakukan agar kinerja komponen AC tetap dalam kondisi baik serta tidak ada kerusakan yang bisa menjalar ke part lainnya. Jadi, jangan tunggu hingga AC mobil rusak ya Sahabat! karena bisa menyebabkan biaya perbaikan yang tidak terduga dan nantinya akan menguras kantong kamu.


Apabila Sahabat mulai menyadari ada tanda bahwa AC mobil kamu mulai mengalami gangguan atau bahkan rusak, maka sudah saatnya servis AC mobil kesayangan kamu. Lalu, tanda-tanda apa saja yang muncul? Kamu bisa simak dibawah ini.


AC Mobil Dingin, Berkendara Pun Menyenangkan

AC Mobil Dingin, Berkendara Pun Menyenangkan


  • AC Berisik dan Kasar 

Salah satu tanda bahwa inilah waktu yang tepat untuk melakukan servis AC mobil adalah ketika terdengar bunyi kasar saat AC dihidupkan. Adanya bunyi tersebut menjadi penanda bahwa terdapat kerusakan pada kompresor AC mobil. 


Sebaiknya segera kunjungi bengkel AC mobil terpercaya jika keluar bunyi kasar saat AC dihidupkan. Dengan bantuan para montir handal, Sahabat dapat mengetahui penyebab terjadinya bunyi kasar tersebut, apakah dari AC atau bagian lain mobil. 


  • Suhu AC Tidak Stabil

Tidak hanya mengeluarkan suara yang kasar, suhu AC yang tidak stabil juga menjadi tanda bahwa AC mobil Sahabat harus segera diservis. Kerusakan pada komponen magnetic clutch akan membuat suhu AC berubah-ubah. 


Menurunnya kinerja magnetic clutch akan menimbulkan kesulitan pada kompresor AC untuk menyerap uap freon AC. Akibatnya, suhu AC bisa terasa dingin, bisa juga terasa panas. 


Pentingnya Sistem Pendingin Mobil

Pentingnya Sistem Pendingin Mobil


  • Udara AC Tidak Sejuk 

Sahabat pasti mengetahui, AC berguna untuk mengalirkan udara yang sejuk bagi Sahabat dan penumpang di dalam mobil. Apabila AC tidak lagi menghasilkan udara yang sejuk, maka sudah saatnya kamu untuk servis AC mobil. 


Performa AC akan menurun apabila tenaga kompresornya juga menurun, bahkan kehilangan tekanan. Awalnya, suhu AC mungkin terasa sejuk. Namun, lama-kelamaan kesejukannya pun akan berkurang hingga dapat menimbulkan rasa panas. 


  • Refrigerant AC Bocor

Salah satu tanda, jika AC mobil rusak adalah terjadinya kebocoran refrigerant. Refrigerant merupakan udara dingin yang dikeluarkan oleh AC sehingga udara yang sejuk dapat dirasakan pengemudi. 


Apabila refrigerant mengalami kebocoran, maka udara dingin bisa saja keluar dari mobil dan cepat habis. Selain membuat boros, uap refrigerant yang keluar dapat membahayakan Sahabat dan penumpang karena akan mengganggu sistem pernapasan. 


Servis AC Mobil Secara Berkala

Servis AC Mobil Secara Berkala


Oleh karena itu, segera servis AC mobil kesayangan kamu agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Sebaiknya isi juga fluida dengan yang baru agar AC mobil kembali dingin. 


Itulah Sahabat, beberapa tanda yang wajib kamu perhatikan agar kinerja AC mobil kesayangan kamu tetap terjaga. Segera servis AC mobil di bengkel terpercaya agar udara di dalam mobil tetap terasa sejuk dan membuat kamu nyaman. 


Jangan Tunggu Rusak, Segera Servis AC Mobil Kamu


Garasi.id sebagai e-commerce otomotif terpercaya, selalu peduli kebutuhan Sahabat dalam perawatan AC mobil. Kunjungi website dan mobile www.Garasi.id dan nikmati semua promo terbaik sesuai kota tercinta kamu. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis terbaik Clara dari Garasi.id.


Kamu juga bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate atau informasi menarik lainnya hanya di Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 27 Okt 2023 | 23:44 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikotomotifacmobilfilteracsuhuacudaraacperawatanmobilservisacservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family