Jenis aki mobil
Jenis aki mobil

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

08 Jun 2021 | 13:40 WIB

Mobil yang Sahabat miliki terdiri dari berbagai macam komponen yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Jika ada kerusakan di antara komponen tersebut sudah dipastikan mobil tidak akan bekerja secara optimal. Seperti halnya pada komponen aki mobil yang sejatinya berfungsi untuk memberikan daya ke seluruh komponen listrik pada mobil terutama untuk menyalakan mobil.

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Untuk menyalakan mesin mobil, dinamo starter membutuhkan daya yang sangat besar untuk menyalakan mesin mobil. Aki sebagai satu-satunya sumber tenaga listrik yang mampu memberikan daya besar wajib kita perhatikan kesehatannya. Jika tidak, bisa jadi mobil susah dihidupkan, lampu-lampu mobil redup hingga mati, dan sistem kelistrikan lainnya terganggu. 

Jenis aki mobil

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis aki mobil yang umumnya dijual di pasaran yakni aki mobil basah atau aki mobil kering (Maintenance free). Tetapi ternyata ada jenis aki mobil lainnya yang tersedia di pasaran lho Sahabat. Apa saja jenis lain aki mobil tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Aki mobil basah

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Jenis aki mobil yang pertama adalah aki basah. Sesuai dengan namanya, di dalam aki mobil basah terdapat cairan elektrolit (air aki) yang membantu aki bekerja. Cairan tersebut mengandung timah antimony yang mudah menguap sehingga Sahabat perlu untuk mengecek secara berkala mengingat sifat cairannya yang mudah menguap dan cepat habis. 

Aki mobil kering

Jenis aki mobil yang kedua adalah aki kering atau biasa disebut aki maintenance free. Sesuai dengan namanya, aki ini tidak perlu mendapatkan perlakuan seperti aki basah. Walaupun sama-sama mengandung cairan elektrolit, aki kering mobil mengadung timah kalsium yang lebih lambat dalam proses penguapannya. 

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Jika dibandingkan dengan timah antimony pada aki basah mobil, timah kalsium lebih hemat dalam proses penguapannya sehingga perawatan aki mobil kering tidak membutuhkan pengisian ulang cairan elektrolit seperti pada aki mobil basah.

Aki mobil kalsium

Jenis aki mobil yang ketiga adalah aki kalsium. Mungkin Sahabat jarang mendengar jenis aki mobil ini karena memang faktanya jarang dijual di pasar Indonesia.  Yang membedakan aki kalsium dengan kedua aki sebelumnya adalah kutub aki ini terbuat dari material kalsium. 

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Kelebihannya adalah aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih kecil daripada aki pada umumnya. Selain itu, material kalsium pada kutubnya disebut-sebut sangat baik dalam menyalurkan listrik kepada seluruh komponen kelistrikan mobil. Namun sayangnya, aki kalsium masih kalah populer dengan aki mobil kering atau aki mobil basah.

Aki mobil Hybrid

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Aki hybrid merupakan gabungan atau kombinasi dari aki biasa dengan aki kalsium. Aki ini memiliki tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak perlu mendapatkan perawatan yang terlalu rutin. Hanya saja, kekurangan dari aki mobil ini adalah cairan elektrolit di dalamnya yang sangat berbahaya bagi kulit manusia dan sulit ditemukan di toko-toko otomotif di Indonesia.

Aki mobil gel

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Jenis aki mobil yang terakhir adalah jenis aki mobil gel. Sesuai namanya, aki mobil ini tidak menggunakan cairan elektrolit di dalamnya, melainkan menggunakan gel. Tentu dengan perbedaan cairan didalamnya membuat aki mobil ini diklaim lebih minim perawatan ketimbang aki mobil lainnya di atas. Selain itu, sifat gel yang ramah terhadap kulit manusia membuat aki ini memiliki tingkat keamanan yang paling baik ketimbang yang lainnya. Oleh karena itu, aki mobil gel memiliki harga pasaran yang tinggi dan sulit dicari di Indonesia. 

Perawatan sederhana aki mobil

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Seperti sudah dijelaskan di atas, dari berbagai macam jenis aki mobil yang ada di Indonesia, aki mobil basah dan aki mobil kering adalah jenis aki yang paling sering digunakan. Tentu Sahabat sudah paham fungsi dari komponen yang satu ini kan. Walaupun aki kering dikatakan lebih minim perawatan ketimbang aki mobil basah, Sahabat tetap harus melakukan perawatan atau pengecekan terhadap kondisi aki. Apa saja jenis perawatan aki mobil yang bisa lakukan? Yuk simak di bawah ini.

Perawatan aki mobil 

Kenali 5 Jenis Aki Mobil, Perbedaan dan Cara Melakukan Perawatannya

Sebenarnya untuk melakukan perawatan aki mobil sangat sederhana, baik itu aki mobil basah atau aki mobil kering. Karena aki basah memiliki cairan elektrolit yang lebih mudah menguap, Sahabat harus selalu melakukan pengecekan rutin terhadap ketinggian cairan pada aki mobil. Daripada bingung inilah beberapa jenis perawatan aki mobil basah atau aki mobil kering yang wajib diketahui :

  • Cek ketinggian volume cairan elektrolit pada aki mobil basah (cairan harus di antar garis bawah dan garis atas, tidak boleh kurang atau berlebih)
  • Baik aki kering atau aki basah, selalu pastikan cek kondisi aki, apakah ada retak atau tidak.
  • Bersihkan kutub positif dan kutub negatif menggunakan sikat kawat/amplas.
  • Bersihkan juga kabel penghubung ke aki (warna merah dan hitam) dari kotoran yang menempel
  • Panaskan mobil sehari sekali agar aki tetap awet
  • Matikan komponen kelistrikan sebelum mesin menyala atau mati
  • Pastikan kabel penghubung ke kutub positif atau negatif terpasang dengan erat

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Jun 2021 | 13:40 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

akimobiljenisakimobilakikeringakibashgarasiidperawatangarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family