Pentingnya Melakukan Perawatan AC Mobil Secara Berkala
Pentingnya Melakukan Perawatan AC Mobil Secara Berkala

Kabin Sudah Mulai Panas, Waktunya Servis AC Mobil

18 Des 2023 | 23:49 WIB

Ketika AC mobil kesayangan Sahabat mulai mengalami kondisi mulai tidak dingin, pastinya kondisi ini sangat kamu hindari. Karena dapat membuat kamu berkendara menjadi tidak nyaman bersama keluarga.


Tapi tahukah Sahabat, AC mobil panas kerap terjadi lantaran kamu sebagai pemilik kendaraan yang lalai tidak pernah melakukan perawatan pada sistem pendingin kabin mobil.


Akibatnya penggunaan AC secara berlebihan berdampak semakin membebani kerja mesin. Konsumsi bahan bakar jadi makin tinggi dan boros. Untuk itu Sahabat, kamu perlu tahu bagaimana caranya AC mobil akan mendinginkan mobil lebih efektif, tentunya akan menghemat bahan bakar juga.


Peran Penting AC Mobil Agar Tetap Dingin

Peran Penting AC Mobil Agar Tetap Dingin


Bagaimana Sahabat, kamu sudah melakukan perawatan AC mobil kesayangan belum? Berikut ini adalah bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan AC mobil agar lebih maksimal. Ini alasannya.


  • Lakukan Perawatan AC Mobil Secara Berkala

Sahabat masih ingat, kapan terakhir kali melakukan perawatan AC, seperti mengganti filter kabin? Bila sudah terlalu lama, katakanlah sudah setahun yang lalu, itu tandanya kamu perlu kembali melakukan perawatan AC.


Biasanya setelah sekitar 5.000 km, kamu harus memeriksa dan membersihkan filter AC. Efisiensi pertukaran panas AC akan semakin optimal jika salurannya bersih. Apalagi saat musim panas, sebaiknya tingkatkan pemeriksaan dan perawatan sistem saluran udara agar AC bisa tetap dingin.


Perhatikan Kondisi Komponen AC Mobil

Perhatikan Kondisi Komponen AC Mobil


  • Sesuaikan Suhu Kabin dan Kecepatan Kipas AC Mobil dengan Tepat

Bagi Sahabat yang memiliki mobil yang telah dilengkapi fitur AC auto climate biasanya akan langsung menghembuskan udara dingin di suhu paling rendah. Climate control akan menutup ventilator dan memutar kipas pendingin dengan kecepatan maksimum di mode auto.


Bagi kamu yang memiliki mobil yang masih menggunakan pengaturan AC yang manual, kamu harus mengatur tingkat daya AC yang sesuai berdasarkan jumlah penumpang di dalam kendaraan. Berbeda dengan mode auto climate, pada AC konvensional maka pengaturannya dilakukan agar kabin suhu mendingin secara bertahap. Bila dirasa suhu kabin sudah berangsur dingin, maka atur suhu di dalam kendaraan sekitar 25 derajat Celcius agar kerja AC tidak berat.


Jangan Sepelekan Parkir Mobil di Bawah Terik Matahari

Jangan Sepelekan Parkir Mobil di Bawah Terik Matahari


  • Hindari Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari

Saat parkir, usahakan Sahabat mencari tempat yang teduh. Namun, jika terpaksa parkir di lapangan terbuka, kamu perlu menyiapkan sarung mobil yang waterproof dengan 3 layer untuk mobil. 


Sarung mobil seperti ini terdapat reflektif tambahan untuk sisi luar sehingga sinar matahari bisa memantul. karena jenis sarung mobil dengan tiga lapisan seperti ini bisa mereduksi hawa panas saat mobil terjemur di bawah panas matahari. 


Bila perlu, panel reflektif tambahan untuk bagian dalam mobil atau sunshade pada kaca depan. Tujuannya agar memberikan efek memantulkan sinar UV dan meredam panas. 


Bersihkan Interior AC Mobil Secara Rutin

Bersihkan Interior AC Mobil Secara Rutin


  • Buang Hawa Panas Saat Mobil Baru Dijalankan

Saat Sahabat menyadari mobil sudah terparkir di luar terlalu lama, suhu di dalam kabin kendaraan bisa mencapai lebih dari 50 derajat Celcius akibat penyerapan panas. Oleh karena itu sebelum berangkat,  sebaiknya kamu menyalakan AC mode kipas angin untuk membuang hawa panas tersebut.


Turunkan seluruh jendela dan nyalakan mode kipas di panel AC dengan kecepatan tertinggi. Tujuannya untuk mendorong udara beracun keluar sekaligus mendinginkan kabin. Cara ini efektif dapat menghilangkan sisa udara panas di dalam saluran pendingin sekaligus memberi sirkulasi udara segar agar kabin tidak pengap.


Setelah mobil berjalan kurang lebih 5-10 menit, tutuplah jendela dengan rapat dan nyalakan AC. Turunkan secara bertahap level kecepatan kipas untuk mendapatkan kesejukan yang nyaman.


Servis AC Mobil di Bengkel Terpercaya

Servis AC Mobil di Bengkel Terpercaya


Ingat Sahabat, jangan menyalakan AC mobil sebelum atau bersamaan dengan menstarter mobil, karena akan mempengaruhi sistem pengisian aki mobil. Kerja aki yang terlalu berat mengurangi umur aki, karena harus menyuplai listrik dengan kapasitas yang terlalu besar.


Itulah Sahabat beberapa hal yang kamu perhatikan dalam mengoptimalkan AC mobil. Sebaiknya mulai dari sekarang bersihkan AC mobil secara rutin, menghindari sinar matahari langsung saat parkir, mengatur suhu dan kecepatan kipas dengan tepat, merupakan cara menghalau panas berlebih dalam kabin. 


Kabin Sudah Mulai Panas, Waktunya Servis AC Mobil


Garasi.id sebagai e-commerce otomotif yang peduli untuk kebutuhan mobil kesayangan Sahabat. Nikmati promo GASPOL berikan diskon hingga 90% untuk layanan servis AC, servis berkala, ganti oli, spooring & balancing dan jasa servis terbaik lainnya sesuai kota tercinta kamu masing-masing dibawah ini.



Untuk syarat dan ketentuan yang berlaku Sahabat bisa hubungi Tim Customer servis Clara dari Garasi.id. Kebahagiaan adalah saat berkendara bersama keluarga tercinta dengan AC mobil yang sejuk dan dingin. Selamat merawat AC mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 19 Des 2023 | 15:18 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifacdinginservisacacmobilfilterackebersihanmobilperawatanmobilparkirmobilinteriormobilacsejukservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family