Kaca atap mobil
Kaca atap mobil

Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil

12 Jun 2020 | 19:45 WIB

Pernahkah Sahabat memperhatikan keberadaan kaca di atap mobil? Ternyata ada beberapa jenis kaca atap mobil, yaitu sunroof mobil, moonroof, dan panoramic roof. Ada banyak orang di luar sana yang meskipun mengaku penggemar otomotif, namun tetap saja tidak bisa membedakan antara mana yang sunroof mobil, moonroof, serta panoramic roof.

Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil

Tren memasang jendela pada atap mobil memang sudah lama dilakukan oleh produsen-produsen mobil. Bahkan, membuat jendela pada atap mobil sudah dilakukan sejak tahun 1937 oleh Nash Motor Company. Selanjutnya, teknologi tersebut berkembang pesat hingga muncul wujud yang lebih inovatif dari kaca atap mobil ini seperti sunroof mobil murah, moonroof, dan panoramic roof.

3 jenis kaca atap mobil

Ada berbagai jenis kaca atap yang terpasang pada mobil. Saat ini ada tiga jenis yang umum terpasang pada mobil yaitu sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Sunroof bahkan sering disebut-sebut sebagai moonroof. Padahal ketiganya berbeda dari sisi penggunaan dan manfaatnya. Tak sedikit masyarakat menginginkan mobil yang ada atapnya ada kaca tersebut. Oleh karena itu yuk simak perbedaan dari ketiga jenis kaca atap mobil tersebut.

Kaca atap mobil sunroof

Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil

Sunroof adalah istilah kaca atap mobil yang paling umum dipakai oleh para produsen mobil buat menamakan fitur panel kaca yang tersemat pada mobil mereka. Kenyataannya, kaca atap mobil sunroof adalah sebuah panel atap yang bisa dibuka biar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam mobil.

Panel tersebut menggunakan bahan yang sama dengan bodi mobil, bukan menggunakan kaca seperti pada kaca atap mobil moonroof

Moonroof

Jenis kaca atap mobil yang kedua adalah moonroof. Sebenarnya moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Perbedaannya hanya rel yang mengarahkan atap bergerak ke arah mana. Bila sunroof mengangkat kaca atap mobil, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca atap mobil ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara.

Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil

Oleh karena itu, kaca atap mobil ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet. Kaca atap mobil moonroof adalah istilah yang dibuat oleh John Atkinson pada tahun 1970 dimana manager marketing dari Ford ini menamakan panel kaca atap mobil Lincoln Mark IV sebagai moonroof untuk membedakan dengan sunroof yang sudah pernah ditemukan sebelumnya.

Panoramic Roof

Jenis kaca atap mobil terakhir adalah panoramic roof. Jenis kaca atap mobil ini sering juga disebut sebagai panoramic roof. Model ini menggunakan ukuran kaca atap mobil yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Lalu kaca atap mobil tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru kaca atap mobil yang ada di bawahnya alias penutupnya.

Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil

Tidak ada fungsi sebagai ventilasi udara pada kaca atap mobil panoramic roof karena memang tujuan utamanya adalah untuk memberi pengalaman menarik bagi pengguna mobil untuk mengendarai mobil sambil menikmati pemandangan luar. Jika sedang tidak ingin melihat pemandangan luar atau matahari sedang sangat terik, panoramic roof bisa ditutup dengan lapisan atap mobil sehingga tak lagi berupa kaca besar, namun kembali seperti atap mobil pada umumnya.

Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil

Kalian lebih pilih yang mana: sunroof, moonroof, panoramic roof, atau sekaligus panoramic sunroof yang bisa menjalankan fungsi sunroof dan panoramic roof sekaligus? Nah bila Sahabat sudah mengetahui perbedaan sunroof, moonroof, dan panoramic roof, ada baiknya Sahabat yang sudah atau ingin memiliki kendaraan dengan sunroof, lebih baik mengetahui terlebih dahulu cara merawat kaca atap mobil tersebut.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 12 Jun 2020 | 19:45 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family