Perawatan Kaca Mobil Sangat Penting Untuk Visibilitas Pengemudi
Perawatan Kaca Mobil Sangat Penting Untuk Visibilitas Pengemudi

Kaca Mobil Kamu Mulai Kusam, Ini Gejalanya!

16 Agt 2022 | 10:25 WIB

Kaca merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki peran krusial, khususnya dalam hal visibilitas berkendara. Tetapi, masih banyak pengguna mobil kurang menyadari perawatan kaca mobil yang baik dan benar, sehingga berimbas pada kondisi permukaan kaca yang berjamur hingga hadirnya baret-baret halus.

Kaca mobil yang kusam tak hanya mengganggu, tapi juga berpotensi berbahaya lantaran mengurangi visibilitas saat mengemudi. Hal ini akan terasa lebih parah ketika berkendara saat malam hari atau saat cuaca buruk. Penyebab kaca mobil memang cukup banyak. Untuk mengatasinya pun akan sangat bergantung pada tingkat kekusaman pada kaca.

 Cuci Mobil Sahabat Setelah Pemakaian Berkendara

Cuci Mobil Sahabat Setelah Pemakaian Berkendara


Berikut ini gejala-gejala yang membuat kaca mobil kusam:

1.    Timbulnya Jamur

Jamur kaca memang sangat mengganggu, karena akan membuat kaca buram dan sinar lampu akan terlihat berpendar di malam hari. Tak hanya menggangu tapi juga berbahaya karena akan mengganggu konsentrasi mengemudi Kamu. Namun untuk mengatasi jamur pada kaca tak bisa sembarangan, karena membutuhkan penanganan profesional, lantaran akan membutuhkan bantuan cairan kimia. Penanganan yang salah akan membuat kaca bergelombang dan semakin mengganggu.

2.    Baret-baret Halus

Mirip dengan bodi mobil pada umumnya, baret halus juga bisa hinggap di kaca. Penyebabnya bisa dikarenakan kerja wiper yang sudah aus pada bagian karetnya, sehingga rangka besi menggores permukaan kaca.

Penyebab lainnya adalah kebiasaan yang keliru saat mencuci mobil, yakni saat mengelap atau menyeka air, sehingga menimbulkan baret. Untuk menghilangkan bare halus, maka Kamu butuh bantuan gerai poles mobil yang terpercaya.

3.    Timbul Retakan Pada Kaca

Retaknya pada kaca umumnya disebabkan karena hantaman kerikil kecil saat berkendara di kecepatan tinggi. Untuk menanggulanginya akan sangat tergantung dari tingkat keretakan di kaca.

Jika ringan hingga sedang dimensi retaknya maka masih bisa dilakukan perbaikan dengan teknis khusus. Namun jika dimensi retaknya sudah besar, maka terpaksa membutuhkan penggantian kaca depan secara utuh.

4.    Lapisan Embun yang Tebal

Embun umumnya hadir akibat perbedaan suhu di luar dan dalam mobil. Timbulnya embun ini bisa diatasi dengan mengatur kembali tingkat suhu pada AC mobil Kamu. Namun jika sudah parah dan sulit hilang, kemungkinan sudah diperparah dengan hadirnya jamur. Sehingga membutuhkan penanganan lebih serius.

 Gunakan Cairan Khusus Pembersih Kaca Mobil

Gunakan Cairan Khusus Pembersih Kaca Mobil


Tips Merawat Kaca Mobil

Berbagai penyebab kaca mobil bisa mengalami baret, seperti contoh karet wiper yang sudah getas, kotoran yang tersangkut di antara bilah karet wiper, hempasan batu kerikil ketika berkendara, goresan cutter saat pemasangan kaca film, atau saat instalasi kaca power window.

Beda lagi dengan timbulnya lapisan jamur di kaca mobil, yang banyak disebabkan oleh bercak sisa air bercampur debu dan sisa gas buang kendaraan lain. Nah, ini cara merawat kaca mobil secara sederhana:

·         Selalu Rutin Perhatikan Karet Wiper

Karet  pada wiper mobil sejatinya cukup rentan menjadi keras dan getas akibat suhu panas yang tinggi ataupun usia pakai. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya saat siang hari menegakkan tiang wiper agar karet tidak menyentuh permukaan kaca.

Jangan lupa setiap sebulan sekali cek kondisi wiper apakah masih lentur atau tidak, termasuk membersihkan permukaan karet wiper menggunakan kain.

·         Membersihkan Kaca Berfilm

Mobil yang diaplikasi kaca film, ada baiknya memperhatikan kondisi kaca film yang tak kalah rentan dari adanya goresan. Untuk membersihkannya, Kamu bisa menggunakan pembersih kaca lembut dengan campuran air kemudian lap dengan chamois.

Usahakan untuk menghindari pengunaan produk cleaner bermaterial soda dan shampo, sebab fitur penahan panas yang terdiri dari beberapa lapisan ini akan terkelupas.

·         Melakukan Treatment Poles Kaca Mobil

Biasanya pengguna mobil sering melakukan treatment poles bodi saja, padahal kaca perlu untuk mendapatkan treatment poles.

Soalnya treatment poles kaca mobil bisa menghilangkan noda jamur yang menempel sekaligus baret yang bersifat minor. Hanya saja treatment seperti ini perlu dilakukan di workshop car care, tidak bisa dilakukan secara mandiri.

·         Gunakan Produk Pembersih Kaca

Jika Kamu lebih gemar merawat mobil secara mandiri, maka Kamu bisa menggunakan produk pembersih kaca yang banyak ditemui di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Banyak produk pembersih kaca mengandung ammonia hingga formula pencegah bercak, bahkan ada yang hanya menggunakan air. Namun idealnya adalah gunakan produk pembersih kaca yang mengandung citric acid atau alkohol.

 Kaca Mobil Kamu Mulai Kusam, Ini Gejalanya!


Nah, Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan kaca mobil, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Merdeka Servis Mobil dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 1-31 Agustus 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 16 Agt 2022 | 10:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatankacamobilservisdetailing
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family