Jangan Sepelekan Baret Pada Kaca Mobil
Jangan Sepelekan Baret Pada Kaca Mobil

Kaca Mobil Kamu Penuh Baret, Ini Penyebab Utamanya!

23 Nov 2021 | 16:00 WIB

Kaca Mobil Kamu Penuh Baret, Ini Penyebab Utamanya!

Visibilitas pengemudi yang baik akan sangat ditentukan oleh kondisi kaca depan mobil. Bila kaca depan mobil terjadi sesuatu seperti baret, pastinya akan sangat mengganggu konsentrasi penglihatan ke depan.

Walau terlihat sepele, sebenarnya kaca depan mobil juga perlu perawatan agar terhindar dari baret. Biasanya, pemilik mobil malas merawat bagian kaca depan mobil sehingga terjadi baret

Setidaknya ada dua penyebab utama kaca mobil Kamu baret ya, Sahabat Garasi:

Bersihkan Karet Wiper Biar Tidak Baret

Bersihkan Karet Wiper Biar Tidak Baret


1. Karet Wiper

Kondisi karet wiper yang mulai rusak sering dibiarkan oleh pemilik mobil. Karena tekanan setiap wiper lalu kondisi karet sudah keras dan rusak, saat digunakan maka sangat mungkin membuat baret kaca depan mobil Kamu.

Bisa juga batang besi karet wiper bagi wiper yang masih menggunakan rangka besi mengenai kaca depan mobil sehingga terjadi baret. Bila memang dirasa karet wiper mulai mengeras atau ada tanda-tanda getas ada baiknya lakukan segera penggantian dengan yang baru.


Selalu Bersihkan Kaca Mobil Dari Kotoran dan Debu

Selalu Bersihkan Kaca Mobil Dari Kotoran dan Debu


2. Kotoran

Kondisi kaca depan mobil yang penuh debu dan kotoran menempel sering didiamkan.Kaca depan mobil yang sangat kotor akan rentan membuat kaca depan mobil menjadi baret. Kotoran debu yang menempel dan saat disapu oleh wiper bisa membuat baretan halus bahkan dalam.

Parahnya lagi, bila wiper aktif dan air washer tidak disemprotkan, kemungkinan kaca depan baret bisa terjadi karena kondisi yang kering. Ada baiknya bersihkan kaca depan mobil sebelum digunakan. Atau setelah mobil didiamkan cukup lama dan penuh debu, bersihkan dengan menggunakan air.



Namun, ada baiknya Kamu memperhatikan kaca mobil. Sebab kaca mobil terlebih kaca bagian depan salah satu penentu kenyamanan berkendara. Jika kaca depan sudah baret, tentu akan mengganggu aktivitas mengemudi.

Begini caranya merawat kaca mobil dengan benar:

1. Bersihkan Kaca Jika Terkena Kotoran

Jika kaca terkena debu kering, jang bersihkan kaca dengan menggunakan kemoceng halus (bulu ayam). Sebaiknya menggunakan kain atau lap kering bersih yang berbahan lembut. Hal ini dapat mencegah terjadinya baret-baret halus pada kaca. Jika kaca terkena debu atau tanah basah, siram dengan air bersih secukupnya terlebih dahulu untuk mengangkat kotoran dari kaca, setelah itu dibersihkan dengan kain atau lap kering bersih berbahan lembut sampai kering.

Jika kaca terkena air hujan, siram dengan air bersih terlebih dahulu, karena dikhawatirkan air hujan mengandung asam yang dapat merusak struktur kaca kendaraan, setelah itu bersihkan dengan kain atau lap kering bersih berbahan lembut sampai kering

2. Periksa Kondisi Wiper 

Periksa secara rutin kondisi wiper kendaraan, karena jika wiper sudah rusak akan mengakibatkan goresan pada kaca. Gantilah wiper yang sudah rusak, yang umumnya memiliki tanda antara lain karetnya sudah tidak lentur, terdapat retakan pada karet, dan jika digunakan tidak menyapu air secara sempurna. Tidak mengoperasikan wiper ketika kaca dalam kondisi kering, terutama jika kaca dalam kondisi berdebu atau kotor, karena akan mengakibatkan goresan halus pada kaca. Jika akan menggunakan wiper, semprotkan cairan wiper secukupnya terlebih dahulu.

Periksa secara rutin isi tangki cairan wiper untuk memastikan cairan selalu tersedia. Untuk menjaga kondisi karet wiper agar tidak cepat rusak serta menjaga kondisi kaca, sebaiknya angkat lengan wiper ketika kendaraan diparkir dalam jangka waktu yang lama, terutama jika di bawah terik sinar matahari.

3. Periksa Sisa Pembersih Kaca Bagian Dalam dan Luar

Jika menggunakan cairan pembersih kaca pastikan sisa cairan dilap sampai bersih, jangan sampai tertinggal dan mengering dengan sendirinya pada kaca, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kaca. Jenis kerusakan yang diakibatkan tertinggalnya cairan pembersih kaca antara lain rusaknya struktur kaca, terkelupasnya ceramic pada kaca, kaca menjadi buram, terkelupasnya defogger, timbulnya jamur, dan lain-lain.

Sebaiknya gunakan cairan pembersih kaca yang memiliki PH normal (7), tidak memiliki keasaman yang tinggi sehingga tidak merusak struktur kaca. Kalau Sahabat Garasi malas bersihkan mobil, Garasi.id bisa jadi solusi kalian untuk bersihkan kaca mobil kalian, kalian bisa cek di www.garasi.id atau kalian bisa klik link ini karena Garasi.id ada layanan untuk bersihkan kaca mobil kamu atau sekalian sama mobil kesayangan kamu!.


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 23 Nov 2021 | 16:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkacamobilbaret