Kaca Mobil
Kaca Mobil Mudah Pecah

Kaca Mobil Mudah Pecah? Ini Penyebabnya

14 Feb 2020 | 14:00 WIB

Meskipun terbuat dari tempered glass yang lebih tahan dengan berbagai cuaca dan getaran. Perlu diingat kaca mobil juga sangat mudah retak atau pecah dan bisa memuai. Nah untuk itu ada baiknya Sahabat Garasi lebih memperhatikan kaca mobil kamu ya.

Kaca Mobil Mudah Pecah? Ini Penyebabnya

Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, kemungkinan-kemungkinan kaca mobil retak dan memuai tetap ada. Meski kemungkinanya sedikit, bila tak dipacu oleh suatu penyebab yang ia sebut initial crack.

"Kalau tidak ada initial crack, kondisi ini tidak akan terjadi sama sekali. Semua kaca di kendaraan pasti sudah memakai temper namun tetap saja akan memuai kena panas, dan tidak baik juga kena dingin yang ekstrem," paparnya, seperti yang dilansir dari detikOto beberapa waktu lalu.

"Belum lagi bila ketika dia melintasi jalanan yang cukup bergelombang, itu akan terjadi getaran atau vibration. Kalau sudah ada initial crack bisa ada potensi," tambah Anjar.

Kaca mobil retak jangan langsung diganti

kaca retak akibat terkena benturan. Disarankan jangan buru-buru diganti karena harga kaca sangat mahal.

Kaca Mobil Mudah Pecah? Ini Penyebabnya

Jhenny, salah seorang spesialis reparasi kaca retak dari Yoong Motor mengatakan, kaca mobil retak bisa diperbaiki dengan teknik suntik kaca.

"Kaca retak yang maksimal retakannya sebesar uang koin pecahan, itu masih bisa dibantu repair. Istilahnya kita sebut suntik kaca atau las kaca retak," ujarnya seperti melansir dari iNews.id, baru-baru ini.

Teknik suntik kaca mobil retak

Mekanisme pengerjaannya pertama-tama kaca yang retak dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa debu atau buliran pasir dan tanah yang masih menempel. Setelah itu, bagian kaca yang retak disuntikkan cairan khusus yang diklaim mampu merekatkan kembali bagian kaca mobil yang telah retak.

Kaca Mobil Mudah Pecah? Ini Penyebabnya

"Kami suntik atau istilahnya las dengan memasukkan cairan khusus ke dalam kaca. Cairan ini akan mengikat bagian yang retak. Tujuannya agar tidak menyebabkan retakan yang panjang," kata Jhenny.

Usai proses penyuntikan yang memakan waktu sekitar dua jam, Jhenny menyebutkan retakan pada kaca akan mengecil menjadi hanya seukuran titik kecil yang samar terlihat mata.

"Suntik kaca retak ini tak hanya untuk kaca mobil, bisa untuk semua jenis kaca. Termasuk lampu motor," ujarnya.

Sebelumnya, sempat ramai pemberitaan tentang pecahnya secara tiba-tiba kaca Daihatsu Sigra. Terkait pemberitaan tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia, akui bahwa memang ada terjadi kesalahan pada proses handling (produksi) pada bagian tersebut.

Oleh karena itu, selalu perhatikan kaca mobil khususnya dibagian depan ya Sahabat Garasi. Langsung tangani ketika disinyalir terdapat hal yang mencurigakan pada kaca mobil kesayanganmu.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 13:06 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekaskacapecahmemuaicrack