Simak! Begini Cara Mengatasi Mogok di Tengah Jalan
Simak! Begini Cara Mengatasi Mogok di Tengah Jalan

Kamu Punya Mobil Matik? Begini Cara Mengatasi Mogok di Tengah Jalan

16 Nov 2021 | 09:29 WIB

Mobil matik menjadi salah satu kendaraan impian banyak orang. Kondisi jalanan yang macet menjadi alasan beberapa orang mulai beralih ke mobil matik. Tentu saja, memilikinya berarti membutuhkan perawatan yang rutin. Bila tidak, pemilik mobil akan mengalami masalah, salah satunya mobil matik Kamu mogok, Sahabat Garasi.

Penyebabnya beragam, salah satu kondisi aki mobil yang sudah soak. Memang aki mobil ini menjadi sangat vital di mobil matik. Apapun alasannya, Kamu harus mencari tahu alasan pastinya sehingga bisa diperbaiki. Jika dibiarkan, tentu saja kondisi ini bakal jadi masalah di kemudian hari. 

Agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar, ada baiknya Kamu mengetahui kemungkinan yang jadi penyebab mobil matik mogok di tengah jalan. Berikut penyebab utama mobil matik Kamu bisa mogok dan harus dilakukan perawatan: 

Kamu Punya Mobil Matik? Begini Cara Mengatasi Mogok di Tengah Jalan

Jangan sampai aki mobil soak


  • Aki Mobil Soak

Salah satu penyebab paling umum mobil matik tidak bisa distarter adalah karena bahan bakarnya habis. Bila Anda melihat indikator bahan bakar nyala di dashboard, maka sudah pasti perlu isi ulang. 

Cobalah mengecek kondisi aki apabila mobil tidak bisa dihidupkan. Aki mobil yang soak akibat pemakaian bisa jadi alasannya. Bila kendaraan Sahabat Garasi sudah berumur lebih dari 10 tahun, sangat mungkin kinerja aki melemah hingga rusak. Solusinya adalah mengganti aki dengan yang baru.


Kamu Punya Mobil Matik? Begini Cara Mengatasi Mogok di Tengah Jalan

Jangan sampai filter bahan bakar kotor dan tersumbat


  • Filter Bahan Bakar Tersumbat

Mobil matik tidak mau menyala padahal bahan bakar penuh? Masalahnya terletak pada filter bensin yang rusak. Kamu harus tahu, filter ini adalah komponen penyaring yang memisahkan air dan kotoran dari bahan bakar.

Bila rusak, baik air maupun zat pengotor bahan bakar akan ikut terbawa ke dalam mesin mobil sehingga tersumbat. Akibatnya, bahan bakar tidak bisa mencapai mesin sehingga mobil tidak bisa distarter. Untuk menghindari hal ini, Kamu bisa mengganti filter bensin saat mobil sudah mencapai sekitar 24.000 km. 

Kamu Punya Mobil Matik? Begini Cara Mengatasi Mogok di Tengah Jalan

Selalu Cek kondisi busi mobil kesayangan kamu


  • Busi Rusak

Di samping aki, busi bisa pula jadi salah satu penyebab mobil matic tidak bisa distarter. Agar bisa menyala, kendaraan butuh percikan bunga api dari busi untuk menghidupkan starter. 

Apabila busi mengalami kerusakan, atau hanya kotor, tersumbat dan berkarat, proses percikan bunga api untuk menghidupkan mesin mobil tidak akan berjalan. Karena itu, coba cek kondisi busi secara berkala.

Untuk menangani kondisi tersebut, Kamu dapat membuka kap mesin, lalu mencabut busi. Bersihkan komponen pada bagian yang ternoda dengan menggunakan kain bersih. Bila ternyata setelah pembersihan mobil tetap tidak bisa menyala, maka Kamu dapat mengganti busi dengan yang baru. 

  • Dinamo Starter Bermasalah 

Selain busi, dinamo starter juga merupakan komponen mobil lain yang bertanggung jawab dalam proses menghidupkan mesin. Tanda-tanda dinamo starter mengalami masalah adalah munculnya suara mesin yang kasar, tetapi mobil tidak bisa distarter. 

Kalau sudah begini, tidak ada cara lain untuk memperbaikinya kecuali dengan mendatangi bengkel dan melakukan pengecekan. Bila ternyata hanya butuh perbaikan, maka dinamo starter akan diperbaiki. Namun, bila tidak, maka harus diganti baru.

  • Aliran Listrik ke Mesin Bermasalah

Bagian ini bisa juga jadi sebab mobil matik tidak bisa distarter bila terdapat gangguan yang membuat aliran listrik tidak menyambung ke mesin. Solusi pertama pada kondisi tersebut adalah melakukan pengecekan untuk memastikan aliran listrik bisa mencapai mesin mobil. 

Apabila sistem kelistrikan masih ada, maka Kamu dapat menyambungkannya langsung tanpa melalui perantara kunci kontak. Namun, kalau Kamu ragu, lebih baik hubungi bengkel terdekat. 

Masalah mobil matic tidak bisa distarter tentu membuat kendaraan tidak bisa jalan. Logikanya, pasti Kamu pun tidak akan bisa membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Tapi jangan khawatir Sahabat Garasi, Kamu bisa mencegah agar mobil matik kamu tidak mogok di tengah jalan. Mobil matik Kamu membutuhkan perawatan ekstra. Untuk itu, kamu harus merawat dengan benar. Ini caranya: 

  1. Rawat aki

Jagalah kesehatan aki mobil matic sebaik mungkin. Aki merupakan komponen yang cukup vital untuk menjaga aliran listrik mobil matic agar bisa menyala dengan baik.

  1. Panaskan mobil seminggu sekali

Ada baiknya kamu memanaskan mobil setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk mengecek mesin dan juga kinerja komponen elektrik.

Caranya, nyalakan mesin kurang lebih selama 15 menit. Selama proses ini, jangan nyalakan radio/music player dan lampu mobil. Setelah dipanaskan, baru cek semuanya berfungsi dengan normal atau tidak.

  1. Cek Oli Mesin dan Transmisi Secara Berkala

Hal ini sebenarnya tidak berlaku untuk mobil matik saja, melainkan seluruh kendaraan. Untuk itu, pastikan kamu mengecek dan mengganti oli mesin dan transmisi secara berkala agar mobil tetap bekerja maksimal. Sahabat Garasi bisa melakukan perawatan mobil mulai dari servis, ganti oli, atau servis berkala di Garasi.id. karena lagi ada promo diskon hingga 50%. Info selengkapnya bisa klik www.garasi.id, promo berlaku hingga 30 November 2021.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 16 Nov 2021 | 09:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilmatictipsotomotifmantap