Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan
Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Kamu Wajib Simak, Penyebab Utama Mobil Mogok

02 Nov 2023 | 23:43 WIB

Wajib Sahabat ketahui, ketika memiliki mobil kamu harus rutin melakukan servis secara berkala. Karena bisa saja kejadian tidak terduga terjadi ketika kamu berkendara dengan mobil kesayangan. Ada berbagai peristiwa yang bisa menimpa kamu saat menempuh perjalanan, salah satunya mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan.


Kejadian mobil mogok di tengah jalan merupakan hal tidak menyenangkan yang bisa menyebabkan Sahabat bingung dan panik. Tentu hal ini sangat merugikan kamu karena kurang paham akan masalah mekanikal mesin mobil. Akibatnya, kamu harus menderek mobil ke bengkel serta melakukan perbaikan dengan biaya yang mahal.


Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Penyebab Mobil Mogok Mendadak


Sebenarnya, ada banyak penyebab kenapa mobil bisa tiba-tiba saja mogok saat sedang digunakan berkendara. Oleh karena itu, setidaknya Sahabat perlu memahami apa saja penyebab mobil mogok untuk meminimalisir kejadian tidak mengenakan di jalan. Lalu, apa saja alasan utama mobil bisa mogok? Sahabat wajib simak penyebab utama mobil mogok di bawah ini.


  • Masalah Pada Aki

Salah satu penyebab utama dari mobil kesayangan Sahabat yang tiba-tiba mogok adalah terjadi masalah pada aki. Aki adalah komponen mobil yang menyuplai aliran listrik untuk mobil. Jika aki soak atau rusak, maka mobil tidak akan bisa dinyalakan, bahkan bisa juga tiba-tiba mogok di tengah jalan.


Untuk mengecek apakah mobil memang mogok karena aki yang rusak, Sahabat bisa lakukan dengan mengecek apakah terminal aki sudah terpasang dengan baik atau belum. Jika sudah dan mobil masih sulit atau bahkan tidak mau menyala, maka kamu wajib mengganti aki yang baru.


  • Kerusakan Pada Alternator

Selain aki, masalah mobil mogok juga bisa terjadi karena alternator yang rusak. Alternator adalah komponen yang menyalurkan listrik ke aki. Meskipun aki berfungsi dengan baik, mobil tetap tidak akan menyala jika ternyata alternatornya tidak dapat berfungsi karena putus atau berkarat. Untuk mengatasi masalah ini, hal yang bisa Sahabat lakukan adalah mengganti komponen alternator dengan yang baru.


Mesin Mobil Panas Bisa Menyebabkan Mobil Mogok

Mesin Mobil Overheat Bisa Menyebabkan Mobil Mogok


  • Suhu Mesin Panas

Jika mobil mogok setelah digunakan dalam perjalanan panjang, maka salah satu penyebab utamanya adalah mobil yang terlalu panas atau overheat. Banyak alasan mengapa mobil bisa menjadi overheat, mulai dari air radiator yang kurang, salah jenis, atau bahkan radiator yang ternyata bocor. Inilah kenapa Sahabat wajib servis berkala, karena mengecek radiator sangat dianjurkan sebelum melakukan perjalanan panjang.


Jika setelah dicek ternyata air radiator memang kurang, maka Sahabat harus segera mengisinya. Tapi sebelum melakukan pengisian, Sahabat perlu menunggu beberapa saat. Karena katup radiator bisa saja sangat panas serta bertekanan tinggi sehingga berpotensi melukai kamu. Jika ternyata kerusakan terjadi karena kebocoran radiator atau kerusakan sistem pendingin lainnya, maka Sahabat wajib melakukan penggantian komponen.


  • Dinamo Starter Rusak

Jika sejak awal mobil tidak bisa dinyalakan, salah satu kemungkinan yang terjadi adalah rusaknya dinamo starter. Komponen ini berfungsi untuk memutar mesin mobil saat pertama kali dinyalakan. Umumnya, dinamo starter mobil bisa rusak karena faktor usia. Jika ini yang terjadi, maka Sahabat wajib mengganti komponen tersebut dengan yang baru.


Wajib Melakukan Servis Mobil Secara Berkala

Wajib Melakukan Servis Mobil Secara Berkala


  • Masalah Pada Karburator

Masalah terakhir yang bisa menyebabkan mobil Sahabat mogok adalah karburator tersumbat. Karburator sendiri berfungsi menginjeksi bahan bakar untuk kemudian dibakar di ruang bakar mesin. Jika tersumbat, maka bahan bakar yang terinjeksi akan kurang dan mobil pun jadi sering mogok secara tiba-tiba.


Untuk mengecek karburator secara mandiri, Sahabat bisa melepas selang penghubung karburator dan memasukkannya ke dalam botol. Kemudian, perhatikan apakah bahan bakar yang disemprotkan lancar atau tidak. Jika tidak bisa melakukannya secara mandiri, solusinya tentu saja membawa mobil Anda ke bengkel terdekat.


Apapun yang menjadi penyebab mobil kesayangan Sahabat mogok, hal pertama yang tidak boleh dilakukan adalah panik. Tetap tenang dan coba nyalakan mesin kembali. Jika mesin bisa menyala, bawalah mobil ke bahu jalan dan lakukan pengecekan segera. Bila perlu, kamu bisa menghubungi teman, kerabat keluarga atau bengkel terdekat untuk meminta bantuan.


Untuk menghindari terjadinya peristiwa mobil yang tiba-tiba mogok di tengah jalan. Sahabat wajib melakukan servis rutin, terutama sebelum melakukan perjalanan panjang. Selain itu, solusi terbaik untuk kamu dengan mengunjungi www.Garasi.id.


Kamu Wajib Simak, Penyebab Utama Mobil Mogok


Nikmati Promo Gebyar November yang berikan diskon hingga 80% untuk layanan perawatan mobil, servis AC, ganti oli, cuci mobil, uji emisi, spooring & balancing yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Pilih jasa servis terbaik dari partner bengkel terpercaya yang ada di kota tercinta kamu dibawah ini.



Jadi, lakukan servis mobil sesuai kebutuhan mobil kesayangan kamu sekarang dan jangan pernah sepelekan persiapan sebelum melakukan perjalanan ya Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Nov 2023 | 11:22 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikmobilmogokakisoakalternatorrusakmesinpanasoverheatdinamostarterrusakkarburatortersumbatservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family