Ini  Waktu Yang Tepat Buat Ganti Oli Mobil
Ini Waktu Yang Tepat Buat Ganti Oli Mobil

Kapan Si Waktu Yang Tepat Buat Ganti Oli Mobil Kamu?

13 Jul 2022 | 10:17 WIB

Sahabat Garasi yang newbie di dunia otomotif dan memiliki kendaraan pasti bertanya-tanya soal perawatan mobil yang baik dan benar biar mobil kesayangan nggak cepat rusak. Sebagai pemilik kendaraan khususnya mobil, memang sudah menjadi hal wajib untuk selalu melakukan perawatan rutin seperti halnya ganti oli mobil. 

Kapan Si Waktu Yang Tepat Buat Ganti Oli Mobil Kamu?


Namun yang menjadi pertanyaan sekarang, kapan sih waktu yang tepat untuk ganti oli, tanda-tanda oli harus diganti, serta  fakta dan mitos seputar ganti oli mobil.

Menjawab kebingungan Sahabat, kali ini Garasi.id akan memberikan informasi untuk kamu seputar ganti oli, yuk kita simak.

Kapan Saatnya Ganti Oli Mobil?

Pertanyaan yang sangat umum ditanyakan ketika Sahabat baru menjadi pengguna kendaraan roda empat. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan oli diganti. Apa sajakah itu? 

Berdasarkan jarak tempuh

Waktu paling umum untuk ganti oli mobil adalah melihat dari jarak tempuh kendaraan. Ganti oli juga merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan saat service berkala. Penggantian oli berdasarkan jarak tempuh ini relevan untuk kamu yang melakukan perjalanan luar kota atau perjalanan yang jarang menemui kemacetan.

Ada beberapa jenis oli berdasarkan bahan campurannya, di antaranya adalah full sintetik dan semi sintetik atau oli yang dicampur mineral. Kalau mobil Sahabat menggunakan oli full sintetik, maka disarankan untuk melakukan ganti oli setiap 10.000 km. Jika menggunakan oli yang bercampur mineral maka disarankan untuk ganti oli mobil setiap 5.000 km.

Berdasarkan usia pemakaian

Mengganti oli mobil juga bisa berdasarkan usia pemakaian mobil. Terutama bagi kamu yang berada di perkotaan dan sering melalui jalanan macet. Meskipun belum mencapai jarak tempuh 5.000 km atau 10.000 km, tetapi jika sudah mencapai 6 atau 12 bulan, Sahabat disarankan untuk ganti oli mobil ya. Idealnya paling tidak oli diganti ketika mencapai 8.000 km.

Mengapa tetap harus ganti oli mobil padahal belum mencapai jarak tempuh? Karena mesin tetap bekerja pada saat kamu terjebak macet.

Berdasarkan kualitas dan kondisi oli

Selain jarak tempuh dan waktu pemakaian kendaraan, kondisi dan kualitas oli juga perlu diperhatikan. Oli yang baru berwarna bening dengan tekstur licin dan lengket. Sementara itu oli yang sudah lama digunakan akan berubah warna menjadi coklat hitam keruh.

Perubahan warna ini terjadi karena salah satu fungsi oli adalah sebagai pembersih komponen mesin, jadi kehitaman itu adalah kotoran dari kerak akibat proses oksidasi.

Selain itu, jumlah oli yang ada di mesin juga perlu diperhatikan. Jika permukaan oli pada bak atau tangki oli berada di level batas standar maka oli harus ditambah. Penambahannya juga harus memperhatikan batas maksimal, ya. Jangan melebihi batas maksimal karena bisa memperberat kerja mesin.

Hal yang perlu diingat adalah jangan mengecek jumlah oli saat mesin panas karena oli mesin akan naik akibat pemuaian.

Kapan Si Waktu Yang Tepat Buat Ganti Oli Mobil Kamu?


Berdasarkan performa mesin

Kondisi oli tentu saja mempengaruhi performa mesin. Oli yang sudah lama tidak diganti akan memperburuk keadaan mesin. Akibatnya mesin akan terasa bergetar dan kerjanya terasa berat. Selain itu juga timbul suara kasar pada mesin.

Hal ini terjadi karena fungsi oli sudah tidak optimal. Terjadi gesekan yang semakin tinggi antar mesin. Biasanya terasa saat menginjak pedal gas. Gas sudah diinjak cukup dalam tetapi lajunya masih lambat. Gesekan ini juga mengakibatkan mesin bergetar dan terdengar suara kasar.

Kuras oli mesin mobil pada 50.000 kilometer

Selain hal-hal di atas, apabila mobil sudah memasuki jarak 50.000 km, Sahabat juga disarankan untuk menguras oli. Belum tentu ketika ganti oli mobil, bak olinya juga dikuras. Jadi kemungkinan masih ada sisa-sisa kotoran yang tertinggal. Sehingga ketika diberi oli baru, oli yang mengalir pada mesin adalah oli yang benar-benar bersih.

Kapan Si Waktu Yang Tepat Buat Ganti Oli Mobil Kamu?


Berapa Biaya Ganti Oli Mobil?

Sahabat bisa ganti oli mobil tanpa ribet dengan harga terjangkau di Garasi.id. Karena di bulan ini, ada promo JULI (Juaranya servis dan ganti oli).  Dengan promo ini, Sahabat bisa mendapatkan diskon hingga 50% untuk layanan ganti oli dan servis berkala mobil kesayangan mulai dari tgl 1 hingga 31 Juli 2022. 

Tunggu apalagi, yuk buruan nikmati promo JULI di Garasi.id sebelum kehabisan. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 13 Jul 2022 | 10:17 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgantioliolimobilservis
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family