Mobil Jenis MPV Bisa Tampil Keren Jika Dimodifikasi
Mobil Jenis MPV Bisa Tampil Keren Jika Dimodifikasi

Kelebihan Komunitas Mobil Jenis MPV Sebagai Pilihannya

20 Jan 2023 | 11:00 WIB

Bagi para pengguna kendaraan roda empat terutama yang menggunakan kendaraan sebagai mobil keluarga jenis mobil MPV memang menjadi pilihan tepat. Selain karena ukuran mobil yang cukup besar yang bisa menampung hingga tujuh orang mobil ini juga sangat nyaman digunakan untuk bepergian dan fungsinya yang sangat fleksibel.


Jika Sahabat yang sudah memiliki mobil jenis MPV tentunya sangat menarik untuk bergabung dalam komunitas mobil. Selain pecinta otomotif yang senang memodifikasi, banyak kelebihan yang bisa membuat mobil lebih keren dan modern.


Multi Purpose Vehicle (Kendaraan Multiguna) adalah klasifikasi kendaraan yang dapat digunakan baik sebagai pengangkut penumpang maupun kargo. Jenis kendaraan ini biasanya digolongkan sebagai "minibus" (bus kecil) berdasarkan bentuknya. Kendaraan berjenis MPV ini biasanya hadir dalam dua versi produksi, yakni penumpang (dengan kursi penumpang belakang) dan  kargo (tanpa jendela dan kursi  belakang) yang dirancang hanya  untuk angkutan kargo.


Mobil Jenis MPV Masih Laris Manis Di Tanah Air

Mobil Jenis MPV Masih Laris Manis Di Tanah Air


Kini mobil MPV juga muncul dalam kategori baru yang disebut-sebut sebagai mini MPV dengan kapasitas 5 penumpang, namun dari segi muatan dapat memuat barang lebih banyak dari sedan. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak jenis mobil yang beredar di pasaran, salah satu yang paling diminati adalah mobil MPV. Nah, untuk membedakan jenis mobil MPV dengan jenis mobil lainnya, ketahui dulu ciri-ciri mobil MPV berikut ini.


1. Kapasitas Penumpang Mobil MPV

Sebagai kelas minibus, jenis MPV ini memang menjadi jenis mobil yang cukup besar. Tentunya untuk memenuhi perannya sebagai alat transportasi. Dimensinya mampu menampung banyak penumpang.


Layaknya sebuah bus mini, MPV ini mampu menampung 8 orang. Kabin luas yang diusungnya pun membuat penumpang baris depan tetap nyaman. Jarak antar baris kursi relatif sama terlepas dari apakah itu baris kedua atau ketiga.


Selain sebagai kendaraan keluarga, mobil jenis MPV ini juga memiliki ruang penumpang yang cukup luas sehingga muat di bagasi mobil. Ini memiliki ruang yang cukup untuk barang-barang Anda saat bepergian bersama keluarga.


2. Kapasitas Mesin

Sebagai mobil keluarga universal, rata-rata kapasitas mesin MPV kurang dari 1500 cc. Berbeda dengan SUV yang didesain untuk melaju di jalan ekstrim dan memiliki kapasitas mesin 1500 cc atau lebih. MPV memang jenis kendaraan yang lebih cocok untuk dikendarai di jalanan datar.


Pilihlah MPV yang memiliki performa mesin yang baik dan akselerasi perpindahan gigi yang baik serta tentunya hemat bahan bakar sehingga tetap hemat di kantong. Secara umum, rata-rata mobil yang masih baru memiliki keiritan bahan bakar yang baik karena berbagai fitur pendukungnya masih bagus dan membuat mobil tersebut irit bahan bakar.


3. Bodi Mobil

Karena digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang, biasanya bodi MPV lebih tinggi dan lebar, sehingga kabin bagian dalam lebih lebar. Fitur-fitur tersebut juga menjadi kelebihan jenis mobil MPV, ini sangat cocok sebagai kendaraan keluarga.


Saat memilih MPV untuk keluarga, kenyamanan tempat duduk harus diperhatikan. Pilih tempat duduk yang memberikan kenyamanan bagi Sahabat dan penumpang lainnya. Pastikan setiap tempat duduk juga dilengkapi dengan seat belt atau sabuk pengaman untuk menjamin keselamatan baik pengemudi maupun penumpang.


4. Nyaman saat dikendarai di berbagai medan

Meski sedang melalui jalanan yang kasar, penumpang MPV tetap merasa nyaman saat berkendara. Karena mobil jenis ini biasanya memiliki kabin yang luas. Penumpang dapat duduk dengan nyaman dan meregangkan kaki. Tak heran, MPV bisa diandalkan untuk menempuh jarak jauh.


Selain itu, MPV kini juga memiliki beberapa fitur yang meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang di berbagai kondisi jalan. Misalnya, ia memiliki fitur dataran tinggi. Fitur ini dapat membantu kendaraan bergerak lebih lancar di medan yang berbeda, seperti jalan yang tidak rata, jalan berlubang dan genangan air atau banjir.


Dengan demikian, penumpang dapat merasa lebih nyaman selama perjalanan. Bahkan, beberapa merek mobil MPV juga memiliki fitur-fitur canggih yang memungkinkannya melaju di jalan menanjak, sempit, dan berkelok-kelok.


5. Clearance

Ciri-ciri mobil MPV lainnya dapat dilihat pada clearance yaitu jarak dari bagian bawah mobil ke tanah. MPV jenis ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, rata-rata lebih dari 200 mm, yang memungkinkan untuk dikendarai meski di jalan yang kasar.


6. Fitur Keselamatan Lengkap

Selain kenyamanan, keselamatan berkendara menjadi faktor penting dalam memilih kendaraan. MPV terbaru dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, termasuk Electronic Stability Program (ECS), Tire Pressure Monitoring System dan Emergency Stop Signal (ESS) dan dual SRS airbag. Fitur-fitur tersebut dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang selama perjalanan.


Tampilan Mobil MPV Terlihat Begitu Atraktif

Tampilan Mobil MPV Terlihat Begitu Atraktif


Adapun Mobil MPV sendiri terbagi menjadi beberapa tipe. Berikut penjelasan jenis-jenis MPV:


  • Low MPV

Tipe Low MPV merupakan kategori MPV dengan fitur yang lebih sederhana dan bodi yang tidak terlalu besar. Namun tipe ini tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari dan hemat bahan bakar.


  • Medium MPV

Berada satu tingkat diatas low MPV, tipe medium MPV merupakan kelas dengan body lebih besar dan fitur lebih lengkap dibandingkan low MPV. Harga mobil jenis ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Low MPV.


  • MPV Premium

Tipe ini merupakan tipe mobil tercanggih di kelas MPV. Bodi mobil di kategori ini lebih besar, dengan interior yang bisa dibilang kelas VIP.


Mengetahui apa itu mobil MPV bagi kalangan pecinta otomotif sangatlah bermanfaat untuk mengetahui jenis kendaraan roda empat yang tepat untuk menjadi mobil keluarga dengan harga murah dan ramah lingkungan yang cocok dimiliki sebagai kendaraan keluarga.


Sebagai e-commerce yang peduli untuk kebutuhan mobil Sahabat, Garasi.id  selalu memberikan jasa layanan terbaik, kamu bisa cek promo terbaik di www.Garasi.id. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi Clara di Wasap atau email [email protected].


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 20 Jan 2023 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkomunitasmodifikasimobilmpv
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family