Fitur Keselamatan
Seat Belt Pretensioner

Kenali Cara Kerja Seat Belt Pretensioner

10 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Sabuk keselamatan (seat belt) tipe pretensioner bukanlah barang baru di dunia otomotif. Kendati demikian banyak kalangan masih belum mengenal dan paham karakter dan cara kerjanya. 

Kenali Cara Kerja Seat Belt Pretensioner

Fitur ini diklaim lebih canggih karena mampu lebih maksimal melindungi penumpang saat terjadi benturan. Sistem kerjanya menggunakan sensor yang sama dengan kantung udara (air bag). Saat terjadi benturan keras, air bag akan mengembang, dan seat belt juga langsung mengencang untuk menjaga posisi tubuh tidak terhempas, beberapa detik kemudian secara otomatis akan langsung mengendur sendiri.

"Model pretensioner jelas lebih aman dalam melindungi. Langkah ini berfungsi menekan tubuh lebih maksimal dan mencegah terkena benturan keras, baik dari depan atau terhempas, saat sudah kejadian akan langsung release (longgar) dengan sendirinya," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), yang dilansir dari laman Kompas.com beberapa waktu silam. 

Cara kerja pretensioner mengunakan gas atau semacam senyawa campuran kimia yang bisa bereaksi.

Baca Juga : Tak Punya Batas Waktu, Coba Cek Masa Pakai Seat Belt Mobilmu

 Saat terjadi kecelakaan pemantik akan membuat zat kimia bereaksi yang membuat sabuk mengembang dan menarik. 

Dalam kecepatan rendah, mekanisme pretensioner akan bekerja sendiri tanpa air bag. Artinya saat terjadi tabrakan pada kecepatan rendah hanya seat belt saja yang bekerja.

Nah Sahabat, sekarang jadi lebih tau kan cara kerja dan karakter Seat Belt Pretensioner. Meski kendaraan yang Sahabat miliki sudah dilengkapi beberapa fitur keselamatan, alangkah baiknya dari masing-masing kita tetap berhati-hati saat berkendara ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 10 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN