Tips Mobil
Water Hammer

Kenali Kondisi "Water Hammer" di Mesin Mobil

04 Okt 2018 | 11:34 WIB

Istilah " water hammer" sudah cukup familiar di telinga, terutama saat musim banjir tiba sampai musibah tsunami terjadi. Situasi yang memungkinkan mesin mobil terendam air, menjadi momok mengerikan buat pemilik kendaraan

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, water hammer adalah kondisi di mana mesin tidak bisa menyala lagi, karena ada air yang masuk ke dalam ruang bakar atau sistem pelumasan, di mana kompresinya tidak bisa berjalan lagi. 

Kenali Kondisi "Water Hammer" di Mesin Mobil

"Jadi mesin itu mengompresi udara dalam ruang bakar, jika ada air masuk yang menekan adalah air, dan tekanan itu bisa mendorong piston dengan sangat besar, bahkan bisa membuat setang piston bengkok, itu kondisi pertama," ujar Nurrahman yang dilansir dari laman Kompas.com, Senin (1/10/2018). 

Kemudian kondisi kedua, ketika sistem pelumasan kemasukan air, dan bercampur dengan oli. Ini membuat sistem pelumasan menjadi tidak maksimal dan mengakibatkan panas, ketika indikator panas didiamkan, maka mengakibatkan over heat dan membengkokkan komponen mesin juga. 

Baca Juga : Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar, Simak ini

"Jadi yang namanya air ini sangat jahat jika masuk ke sistem ini," ujar Nurrahman. 

Jalan masuk air ke ruang bakar macam-macam kasusnya, bisa jadi dari sela-sela lubang busi, kemudian juga dari air intake-nya.

"Karena itu mobil off-road biasanya menggunakan snorkel biar udara diambil dari atas, bukan dari bawah, yang berpotensi membawa air masuk," ujar Rahman. 

Tentu saja jika komponen mobil seperti piston bisa sampai bengkok, maka biaya perbaikannya tentu tak murah. Jadi berhati-hatilah ketika melalui genangan, tapi ketika mobil sudah terlanjur tergenang, baiknya langsung bawa ke bengkel untuk diperbaki, tanpa harus dipaksa menyala terlebih dahulu.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:43 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsamanwaterhammerbanjirtsunamigarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family