Kenali Penyakit Mobil Nissan Livina
Kenali Penyakit Mobil Nissan Livina

Kenali Penyakit Mobil Nissan Livina, Si Mobil Meggelitik

13 Jun 2024 | 11:44 WIB

Mobil Nissan Grand Livina tipe L10 merupakan mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang masih banyak dicari atau diminati. Miliki 7 seat, mobil Nissan Grand Livina menjadi idaman mobil keluarga dan tenar dengan kenyamanannya. Nissan Grand Livina menawarkan tampilan eksterior yang modern dan berbagai fitur yang menawan. Memiliki dua pilihan mesin yaitu mesin HR15DE 1.5L yang mampu mengeluarkan 109 PS dan torsi maksimal 148 Nm dan mesin MR18DE bertenaga 128 PS dan 174 Nm torsi maksimal. dengan transmisi manual atau otomatis


Meski terkenal dengan nyaman dan harganya yang masih terjangkau sehingga masih menjadi incaran, mobil Nissan Grand Livina memerlukan perhatian yang lebih karena memiliki beberapa penyakit yang sering muncul. Tak sedikit pemilik mobil Nissan Livina mempermasalahkan tarikan loyo, power tenaga mesin berkurang, dan konsumsi bahan bakar lebih boros pada saat servis berkala.


Berikut beberapa permasalahan yang sering muncul pada mobil Nissan Grand Livina yang perlu Sahabat ketahui.


Dilansir dari Kompas.com, menurut Taufan selaku Kepala Cabang Dream Garage Bengkel Spesialis Nissan & Datsun Yogyakarta ada beberapa penyakit umum pada Nissan Grand Livina khususnya tahun lama atau lawas.


  1. Mesin Menggelitik

Pada kasus mesin menggelitik di mobil Nissan Grand Livina disebabkan karena pemilihan bahan bakar dengan nilai oktan tidak sesuai spesifikasi pabrikan. Menurut Taufan Nissan Livina dan Grand Livina memiliki kompresi mesin yang tinggi, sehingga pengguna perlu memahami karakternya. Dengan tingkat kompresi mesin yang tinggi pengguna mobil Nissan perlu menggunakan BBM yang baik karena akan mempengaruhi perfoma mobil dalam waktu jangka panjang.


sesuai standar servis untuk menangani permasalahan ngelitik, perawatan yang dilakukan dengan membersihkan ruang bakar. Pembersihan kerak karbon bisa menggunakan menggunakan cairan carbon clean secara menyeluruh. Penumpukan defisit kerak karbon bisa saja terjadi karena pemakaian kualitas BBM di luar spesifikasi.


Kenali Penyakit Mobil Nissan Livina, Si Mobil Meggelitik


  1. Mesin Mudah Panas

Masih sama dengan poin pertama, mesin mobil Nissan Livina yang mudah panas dikarenakan kompresi mesin yang tinggi. Hal ini dikarenakan adanya permasalahan di oli mesin mobil. Taufan menyarankan untuk perhatikan kerak oli dari lubang pengisian oli, pastikan tidak berkerak atau berlumpur. Pergantian oli yang terlambat juga dapat menyebabkan oli mesin pada mobil berlumpur, hal ini menandakan mobil dalam keadaan tidak sehat. Sebaiknya perbaikan untuk oli berlumpur akan efektif dengan melakukan pembongkaran atau turun mesin.


  1. Suspensi yang Lemah

Dalam kasus ini, Taufan menyarankan Nissan Grand Livina yang sudah berusia biasanya memerlukan penyegaran kaki-kaki seperti peredam kejut, bushing member, bushing link arm dan sejenisnya. Menurutnya sudah menjadi konsekuensi, mobil yang nyaman perlu dirawat suspensinya jika tidak maka kenyamanan itu akan hilang, berganti dengan ketidaknyamanan.

Untuk Grand Livina memiliki busi yang berbeda dengan sejenisnya, bila menggunakan busi yang biasa maka tarikan akan menjadi kurang. Pastikan menggunakan busi yang orisinil agar terhindar dari kerugian, selain rugi beli busi juga dapat membuat komponen mesin cepat rusak.


Kenali Penyakit Mobil Nissan Livina, Si Mobil Meggelitik


Itulah beberapa hal umum yang menjadi masalah mobil Grand Livina serta penjelasan penyebabnya. Apabila Sahabat menemukan permasalahan seperti diatas, segera lakukan servis agar mobil Nissan Livina kamu tetap terjaga performanya. Dengan melakukan servis dapat menandakan kepedulianmu sebagai pemilik atau pengguna terhadap mobil. Sahabat bisa menikmati promo Paket Servis Livina diskon hingga 500rb di Garasi.id. Dapatkan promonya disini atau kunjungi www.garasi.id untuk informasi lebih lanjut.

Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 13 Jun 2024 | 11:44 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

nissanlivinanissangrandlivinagrandlivinamobilmvpmobilkeluargagarasiid
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family