Manual
Mobil Manual

Kenali Tanda 'Minta Jajan' Kopling Baru Buat Mobil Manual Sahabat

12 Sep 2018 | 14:00 WIB

Seperti komponen mobil lainnya, kopling pada mobil bertransmisi manual juga harus mendapat perhatian. Sebab, komponen kopling bisa mengalami keausan dan memiliki usia pakai tersendiri.

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, usia pakai kopling mobil manual tergantung dari gaya mengemudi pemakai mobil tersebut.

Kenali Tanda 'Minta Jajan' Kopling Baru Buat Mobil Manual Sahabat

"Untuk komponen kopling pada mobil manual biasanya tergantung pemakaian, pola pengemudi dan pola jalan, biasanya 80-100 ribu kilometer," kata Didi eperti dilansir dari laman VIVA, Senin (10/9).

Senada dengan Didi, pemilik bengkel mobil Fendryss Motor, Rusdi Sopandi mengatakan, gaya mengemudi sangat berpengaruh pada usia pakai komponen kopling. Jika pengemudi sering menggantungkan kaki di pedal kopling, maka bisa lebih cepat aus komponen tersebut.

"Kopling termasuk cukup lama penggantiannya, biasanya mulai aus usia mobil tiga sampai lima tahun pakai," kata Rusdi.

Mobilmu Manual? Simak 6 Cara Mudah Merawatnya

Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun juga memerlukan perawatan secara berkala. Hal itu pun berlaku pula untuk mobil manual.

Meski cenderung awet, Rusdi mengatakan, pemilik mobil bisa mengetahui tanda bahwa pelat kopling sudah mengalami keausan dan harus segera diganti.

"Biasanya kalau kopling sudah tipis, ada beberapa gejala, yakni tarikan mesin terasa berat, pedal kopling terasa keras saat diinjak, serta terasa getar saat mobil pertama kali jalan atau bergerak," kata Rusdi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 02:32 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelimanualtransmisiperawatankoplinggantitipsmenjagaperawatanotomotifgarasiid