AC Mobil Harus Selalu “ON” Saat Hujan
AC Mobil Harus Selalu “ON” Saat Hujan

Kenapa AC Mobil Harus Selalu “ON” Saat Hujan?Cek Disini Penyebabnya

12 Sep 2022 | 10:40 WIB

Musim hujan tiba, para pengendara mobil diwajibkan untuk selalu menyalakan ac mobil. Hal tersebut menjadi penting karena, para pengendara mobil pasti sudah tahu hal utama yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil adalah memastikan keamanan jarak pandang. Nah, bagaimana jika tiba-tiba hujan turun dan membuat kaca mobil menjadi berembun? Kondisi ini sudah  pasti berbahaya karena jarak pandang seorang pengemudi bisa menjadi berkurang.

Akan lebih berbahaya lagi jika berkendara di malam hari dan minim penerangan jalan dan ditambah lagi, sampai saat ini ternyata tidak sedikit pengemudi yang masih belum paham atau belum tahu bagaimana cara menghilangkan embun pada kaca di saat hujan turun. Padahal, caranya sangat mudah.

Embun yang menutup kaca mobil biasanya disebabkan karena adanya perbedaan suhu antara udara di dalam kabin mobil dan suhu di luar. Suhu di luar kabin saat hujan biasanya akan lebih dingin dibandingkan dengan di kabin dan inilah yang menyebabkan munculnya embun pada kaca.

Seperti yang sudah disinggung di atas, satu langkah mudah untuk menyingkirkan embun pada kaca mobil adalah dengan cukup menyalakan AC yang merupakan sistem penyejuk udara di dalam kabin mobil. Tujuannya supaya kaca mobil tidak berembun dan tidak menyebabkan terganggunya jarak pandang pengemudi.

Maka dari itu, tetap menyalakan AC saat hujan. Dengan menyalakan AC embun akan hilang dengan sendirinya. Mematikan AC lalu membuka kaca bukan solusi yang tepat karena adanya perbedaan suhu yang jauh antara kedua ruangan dan hal ini bisa membuat embun sulit hilang.

Kenapa AC Mobil Harus Selalu “ON” Saat Hujan?Cek Disini Penyebabnya


Agar embun bisa segera menghilang, suhu AC tidak perlu terlalu dingin, tapi pastikan suhunya lebih dingin dari suhu di luar. Tidak hanya itu, inilah beberapa cara jitu yang bisa membuat embun di kaca mobil saat hujan hilang :

1. Turunkan Temperatur di dalam Kabin Mobil 

Seperti yang sudah disebutkan, embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, Sahabat dapat menurunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

2. Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger 

Mobil biasanya dilengkapi dengan fitur defrost/defogger. Fitur tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, Sahabat dapat menggunakan fitur defogger. 

 

3. Resirkulasi Udara dalam Mobil 

Salah satu cara mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun. Fungsi resirkulasi udara ini tidak perlu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika embun sudah menghilang, Sahabat bisa menonaktifkan fitur ini. 


Kenapa AC Mobil Harus Selalu “ON” Saat Hujan?Cek Disini Penyebabnya

 

4. Menyalakan AC dan Wiper 

Embun tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin, juga memungkinkan spot-spot embun untuk terbentuk pada kaca. 

 

Jangan khawatir, Sahabat bisa mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC, dengan begitu dapat mengurangi embun yang terbentuk pada kaca. Sahabat juga bisa menggunakan wiper dalam untuk menyeka embun yang terbentuk pada kaca mobil. Namun, pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan, ya agar tidak mengganggu penglihatan Sahabat saat berkendara.

 

5. Membuka Jendela 

Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk pada kaca mobil adalah dengan membuka jendela mobil. Sahabat dapat membuka jendela mobil sampai embun menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.

 

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun pada kaca saat berkendara di musim seperti sekarang. Dan jangan lupa juga Sahabat, pastikan AC mobil kamu dalam kondisi yang prima. Untuk melakukan pengecekan ataupun perawatan AC, Sahabat bisa cek Garasi.id. Karena di bulan September ini Garasi.id punya promo menarik yaitu diskon hingga 50%. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 12 Sep 2022 | 10:40 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifacmobilhujanmobilhujan
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family