Perhatikan Penyebab Air Wiper Tidak Keluar
Perhatikan Penyebab Air Wiper Tidak Keluar

Kerap Dilupakan, Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

31 Okt 2023 | 23:57 WIB

Saat Sahabat berkendara dengan mobil kesayangan, pasti pernah mengalami pandangan depan kaca mobil yang terlihat kotor. Tentu kamu langsung bergegas menarik tuas wiper untuk menyemprotkan air wiper agar kotoran tersebut hilang.


Namun, ada saja masalah yang terjadi ketika ingin menyemprotkan tapi air wiper tidak keluar. Ketika air wiper mobil tidak keluar, sebaiknya Sahabat cek semua yang berhubungan dengan wiper mulai dari selang hingga masalah kelistrikan dan lakukan penggantian part bila perlu agar wiper bisa berfungsi normal kembali.


Sahabat pasti sudah mengetahui, fungsi air wiper pada mobil adalah untuk membersihkan bagian kaca depan dan belakang agar jarak pandang kamu saat mengemudi tidak terganggu dengan adanya kotoran atau debu yang menempel. Sudah pasti, ketika air tidak keluar ke arah permukaan kaca, pastinya bisa membuat Sahabat kesal dan yang lebih parah dapat menyebabkan kaca mobil tergores oleh kotoran yang menempel di karet wiper.


Pastikan Air Wiper Mobil Keluar

Pastikan Air Wiper Mobil Keluar


Lantas apa penyebab air wiper mobil tidak keluar? Tenang dulu ya Sahabat, sebab air wiper yang tidak bisa keluar ke arah kaca mobil, bukan berarti ada komponen yang rusak. Bisa saja akibat hal-hal kecil yang tidak kamu sadari. Apa saja penyebabnya? Kamu bisa cek di bawah ini.


  • Air Wiper Habis

Pertama Sahabat bisa cek terlebih dulu bagian tabung reservoir air wiper, yaitu tempat untuk menyimpan cadangan air wiper jika sewaktu-waktu digunakan. Caranya, buka kap mesin mobil dan cari tabung berbentuk putih agak transparan, dengan tutupnya yang diberi logo wiper, biasanya pakai tutup warna biru atau hitam.


Periksa kuantitas air di tabung itu, kalau menunjukkan di garis Minimum (MIN) atau air wiper kering sama sekali, maka isi dengan air wiper yang baru. Pastikan juga kamu menggunakan cairan khusus wiper kaca mobil ya Sahabat, jangan menggunakan air yang dicampur sabun cair mandi atau cuci piring. Karena air wiper buat mobil harganya cukup terjangkau kok!


Cek Rutin Isi Air Wiper Mobil

Cek Rutin Isi Air Wiper Mobil


  • Penyumbatan Pada Nozzle

Penyebab yang sering terjadi dan mengakibatkan air wiper pada mobil kesayangan Sahabat tidak bisa keluar dari lubangnya adalah bagian selang yang bermasalah. Selang penyalur air wiper ini tersumbat akibat ada endapan kotoran, biasanya ini terjadi di bagian ujung selang dekat dengan lubang semprotan air wiper.


Untuk mengatasinya Sahabat bisa membersihkan kotoran tersebut dengan cara mencolok lubang air wiper yang ada dekat kaca depan dengan jarum atau kawat kecil. Tusuk bagian itu beberapa kali sampai terasa tidak ada lagi endapan kotoran di saluran tersebut. Jika yakin sudah bersih, coba semprotkan lagi air wiper ke kaca, jika ternyata berhasil, maka endapan kotoran sudah teratasi.


Cek Semua Kondisi Komponen Mobil

Cek Semua Kondisi Komponen Mobil


  • Selang Air Wiper Bocor atau Lepas

Masih seputar selang penyalur air wiper, selain kotor di bagian ujungnya, bisa juga air tidak bisa keluar lantaran ada kebocoran pada jalur selang ataupun selang terlepas dari tempatnya.


Untuk mengatasinya, Sahabat harus mengecek jalur selang wiper ini hingga ke bagian selang yang mengarah ke tabung reservoir.  Pastikan bagian ujung-ujung selang masih terpasang pada tempatnya, dan jika ada bagian selang yang basah, mungkin itu akibat kebocoran selang. Jika ditemukan kebocoran, maka sebaiknya ganti dengan selang yang baru dan pastikan memasangnya dengan rapat supaya tidak mudah terlepas.


  • Motor Wiper Rusak

Penyebab lain yang harus Sahabat perhatikan ketika air wiper mobil tidak keluar adalah bagian motor wiper. Kondisi motor penggerak air wiper yang aus atau sudah rusak tentu saja membuat air wiper mobil tidak keluar. 


Jangan Anggap Sepele Air Wiper Tidak Keluar

Jangan Anggap Sepele Air Wiper Mobil Tidak Keluar


Untuk mengetahui kondisi tersebut, Sahabat cukup mendengarkan suara mesin dari motor penggerak air wiper. Caranya dengan menekan tombol air wiper dan dengarkan apakah ada suara dengungan dari mesin motor tersebut.  Jika tidak ada suara apa-apa maka bisa dipastikan bagian motor penggerak air wiper sudah aus atau mati. 


Keausan tersebut bisa saja terjadi karena usia motor penggerak air wiper sudah terlalu tua ataupun karena disebabkan bagian sekring dan sistem kelistrikan mobil yang bermasalah. Jika kamu kurang paham mengenai pengecekan atau perbaikan komponen ini, segera datang ke bengkel langganan untuk dilakukan perbaikan.


Itulah Sahabat penyebab tidak keluarnya air wiper. Sebaiknya kamu perlu rajin-rajin lagi membersihkan komponen ini. Lakukan pengecekan maupun perawatan supaya mobil kesayangan kamu lebih nyaman digunakan. 


Kerap Dilupakan, Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar


Sahabat bisa langsung kunjungi www.Garasi.id dan lakukan booking online jasa servis untuk melakukan perawatan terhadap mobil kamu. Nikmati semua promo terbaik yang cocok untuk mobil kamu dari bengkel terpercaya yang ada di Garasi.id.


Simak terus Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate lainnya, agar Sahabat tidak ketinggalan berita terbaru seputar Otomotif!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Nov 2023 | 16:11 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikcucimobileksteriorairwiperkacamobilkotorannodaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family