Karat Pada Knalpot Mobil Tidak Boleh Dianggap Sepele
Karat Pada Knalpot Mobil Tidak Boleh Dianggap Sepele

Kerap Luput Dari Perhatian! Knalpot Mobil Rusak Karena Karatan

09 Sep 2023 | 23:33 WIB

Knalpot adalah salah satu komponen pada kendaraan, tak terkecuali mobil. Komponen knalpot berperan penting sebagai saluran akses pembuangan. Knalpot sangat rentan berkarat karena sering terkena air, debu, dan panas. Karat tidak hanya merusak penampilan knalpot, tetapi juga mengurangi performa dan kualitas suara. Kerusakan knalpot akibat karatan mengakibatkan pipa menjadi keropos. Jika dibiarkan terus menerus, maka keropos bisa membuat knalpot patah.


Perawatan dan pembersihan komponen knalpot mobil memang harus dilakukan oleh spesialis ahli knalpot dan tak boleh sembarangan. Jika Sahabat salah langkah dikhawatirkan bisa membuat knalpot mobil semakin rusak, bahkan bisa semakin hancur.


Komponen Knalpot Harus Dijaga Kualitasnya

Komponen Knalpot Harus Dijaga Kualitasnya


Penyebab utama knalpot mobil mulai karatan adalah air. Mulai dari kena hujan, melibas genangan air, hingga menerobos banjir atau kebiasaan cuci mobil. Untuk mencegah hal ini, Sahabat bisa mengikuti beberapa tips agar knalpot mobil tidak mudah berkarat.


  • Bersihkan knalpot mobil secara rutin dengan kain lap basah dan sabun. Jangan gunakan sikat atau bahan abrasif yang bisa menggores permukaan knalpot. Keringkan knalpot dengan kain lap kering setelah dibersihkan.


  • Oleskan pelindung anti karat seperti WD-40, silicone spray, atau vaseline pada bagian dalam dan luar knalpot mobil. Sahabat bisa lakukan ini setiap sebulan sekali atau setelah mencuci knalpot. Pastikan knalpot sudah dingin sebelum mengoleskan pelindung anti karat.


Lakukan Perawatan Knalpot Mobil Secara Berkala

Lakukan Perawatan Knalpot Mobil Secara Berkala


  • Sahabat juga harus menghindari parkir di tempat yang lembab, basah, atau berpasir. Tempat-tempat ini bisa mempercepat proses korosi pada knalpot mobil. Jika terpaksa parkir di tempat seperti itu, segera bersihkan dan oleskan pelindung anti karat pada knalpot setelah sampai di rumah.


  • Jika memang kondisi knalpot sudah terlalu berkarat dan tidak bisa dibersihkan lagi, sebaiknya segera Sahabat ganti knalpot mobil dengan yang baru. Knalpot yang baru biasanya sudah dilapisi dengan bahan anti karat yang bisa melindungi dari korosi.


Catat Sahabat, jangan biarkan knalpot mobil terserang karat. Jika sudah terlanjur banyak karat hingga keropos, maka mau tidak mau kamu harus segera lakukan perbaikan agar knalpot mobil kesayangan kamu kembali optimal.


Kerap Luput Dari Perhatian! Knalpot Mobil Rusak Karena Karatan


Sahabat juga bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di www.Garasi.id. Kamu bisa nikmati semua promo potongan harga untuk layanan jasa servis yang cocok dari partner bengkel terpercaya di kota kamu tercinta masing-masing. Informasi lengkap silahkan hubungi Clara dari Garasi.id.


Selamat merawat knalpot mobil kesayangan Sahabat Garasi.id! 


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 15 Sep 2023 | 21:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifknalpotmobilknalpotrusakknalpotkaratanperawatanknalpotservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family