Antusiasme Masyarakat Indonesia Terhadap Industri Otomotif Semakin Tinggi
Antusiasme Masyarakat Indonesia Terhadap Industri Otomotif Semakin Tinggi

Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia

27 Feb 2023 | 10:18 WIB

Sebelas hari telah dilalui, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 resmi menutup penyelenggaraannya pada hari Minggu 26 Februari 2023. Ajang otomotif paling bergengsi, yang telah dibuka dan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terlaksana dengan sukses. Panitia penyelenggara mencatat sejak hari pembukaan, angka pengunjung IIMS mengalami kenaikan yang stabil, yaitu sebesar 24 persen dari tahun 2022 pada kurun waktu yang sama. Nilai transaksi yang dilaporkan kepada panitia, tercatat senilai 3.45 Triliun Rupiah. Keseluruhan data transaksi merupakan pencatatan sementara, per hari Sabtu 25 Februari 2023 malam.

 

Pelaksanaan pameran otomotif IIMS, diyakini sebagai tolak ukur kegiatan otomotif lainnya. Momentum awal tahun sangat tepat bagi seluruh peserta pameran untuk menampilkan produk unggulannya yang akan dipasarkan tahun ini. Begitu juga bagi pengunjung, penyelenggaraan IIMS dapat dijadikan kesempatan untuk memiliki kendaraan baru yang dapat dipergunakan saat mudik Lebaran nanti. Bagi pegiat, pelaku, dan komunitas otomotif, IIMS tatkala memfasilitasi ruang tumbuh sektor otomotif dan kreatif yang potensial.


Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia

 

Beberapa hal yang sangat disoroti pada pelaksanaan IIMS 2023, yakni perpaduan aktivitas otomotif dan entertainment yang disebut Oto-tainment. Tampak jelas IIMS Skybridge, yang merupakan jembatan penyebrangan yang membentang sepanjang 78 meter guna memfasilitasi pengunjung dari area Hall A & D menuju Hall B & C. Pembuatan jembatan penyebrangan dipertimbangkan dengan matang dan melalui uji kelayakan (sertifikasi khusus), agar dapat dipergunakan dengan baik dan tidak ada resiko. Tepat dibawah IIMS Sky Bridge, terdapat IIMS Track, yaitu jalur khusus untuk test drive dan test ride kendaraan yang ada di IIMS. Untuk 1 putarannya mencapai 521 m2, sehingga jalur tersebut dapat memfasilitasi pengunjung dalam menguji kendaraan dengan maksimal. Sedangkan di area tengah dari IIMS Track, terdapat panggung dengan kemegahan 4 sisi terbuka bagi penikmat musik, IIMS Infinite Live. Program musik yang setiap harinya menampilkan musisi papan atas Indonesia, khusus bagi pengunjung pameran IIMS 2023.


Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia


Daswar Marpaung, Project Director IIMS 2023, "Apresiasi kepada insan otomotif yang setinggi-tingginya, atas kerjasama dalam menyukseskan IIMS 2023. Kami juga sangat senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia terhadap industri otomotif yang semakin tinggi, dan kami berharap acara ini dapat terus memperkuat perkembangan industri otomotif di Indonesia."

 

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, berkomitmen agar IIMS dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya, guna meningkatkan minat dan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang industri otomotif. "Kami berterima kasih kepada seluruh exhibitor, pengunjung, komunitas, pemerintah, sponsor, dan pihak terkait lainnya yang telah mendukung acara ini, dan kami berharap dapat bertemu kembali di IIMS berikutnya dengan inovasi yang lebih apik sebagai bukti komitmen kami mengembangkan sektor otomotif dan sektor MICE, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Nasional." imbuh Daswar Marpaung, Project Director IIMS 2023.


Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia

 

IIMS 2023 Gelorakan Ragam Aktivitas Menarik

Semarak kemeriahan hari terakhir IIMS 2023 tak mengurangi antusias pengunjung yang disuguhkan ragam aktivitas menyenangkan. Diawali dengan parade Sunday Morning Ride sebanyak 300 kendaraan dari Moto Village, kemudian dilanjutkan parade PPMKI sebanyak 60 mobil, dan seluruh iconic car pun ikut menyapa seluruh pengunjung yang datang.

 

IIMS memberikan kesempatan seluruh pelaku otomotif untuk menguasai gelaran hari terakhir ajang paling bergengsi ini. Tak mau ketinggalan, kendaraan listrik Yadea & KOSMIK (Komunitas Sepeda/ Motor LIstrik) mempertontonkan kemampuannya di PitStop Stage & IIMS Track sepanjang 500+ meter, dimana para Stunt Rider Profesional melakukan freestyle dan menguji ketahanan motor listrik Yadea membawa beban berat yang dinaiki 5 orang. Sementara itu di area IOF, gelaran parade dari Military American Jeep sebanyak 50 mobil turut menunjukkan kepiawaiannya. Berapa acara yang bisa dinikmati di hari terakhir seperti pushbike sampai malam hari di area Hall B3, Urban Crawling, dan Indonesia Drift Championship telah disiapkan oleh Dyandra sebagai penyelenggara.

 

Sebagai salah satu magnet kompetisi atraksi  teknik menyetir yang extreme, Indonesia Drift Championship 2023 digelar atas kerjasama Ikatan Motor Indonesia (IMI), IMI Kejuaraan Nasional Drift, Orange Racing Committee bekerja sama dengan Dyandra Promosindo. Tercatat sebanyak 35 atlet yang dibagi dalam tiga kelas Novice (2 drifter), Pro 2 (15 drifter) dan Pro 1 (16 drifter) berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Setelah melalui proses kualifikasi, hasil QTT, pertandingan- secara tandem, dan diperiksa oleh para pengawas lomba dan juri.


Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia

 

Hasil Indonesia Drift Championship Putaran 1:

Pada kategori Novice (Pemula), Darrel Keino Ervanthe dari tim Privateer meraih kemenangan dengan mengantongi 54 poin, disusul Inggris Suyono dari SS Group Racing Team di posisi kedua dengan raihan 32 poin.

 

Untuk kategori Pro 2 (Title Kejurnas), Kimi Jahanara dari EPro Engineering mendominasi di posisi pertama, Alvito Hardianto dari Belklo Racing Team mengisi posisi kedua, ditempel Triweko Bowo dari tim Privateer, serta Rifky Gandara dari SS Group Racing Team mengisi posisi ke empat.

 

Pro 1 (Title Kejurnas), Emmanuelle Amandio dari tim Privateer kokoh di posisi pertama, Ardy Prabaswara Wijaya dari tim Privateer mengisi posisi kedua, Firman Mbew dari Privateer di posisi ketiga dan Zico Harnadi yang juga dari tim Privateer di posisi keempat.

  

Berlanjut di kategori Umum, berhasil di dominasi drifter dari tim Privateer Billy Anjewa, Firenze Akello dari tim Mechanic Guys di posisi kedua, Emmanuelle Amandio dari tim Privateer di posisi ketiga dan disusul Ricko Nugraha dari tim EPro Engineering.

 

Beralih pada saat kualifikasi, pemenang Best QTT - Pro 1 yaitu Zico Harnadi dari tim  Privateer. Sementara pemenang Best QTT - Pro 2 yaitu Triweko Bowo dari tim Privateer.

 

Dewa 19 Menutup IIMS Infinite Live dengan Spektakuler

Pada malam terakhir IIMS Infinite Live, Dewa 19 feat. Virzha berhasil membuat takjub ribuan penonton dengan penampilan mereka yang energik. Meskipun sempat tertunda karena hujan deras mengguyur area JIExpo, band yang digawangi Ahmad Dhani ini tetap menepati janjinya untuk menyapa pengunjung IIMS 2023. Dalam pertunjukannya, Dewa 19 membawakan beberapa lagu andalan mereka seperti "Arjuna", "Separuh Nafas", "Pupus" dan belasan tembang andalannya.


Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia

 

Penampilan mereka disambut dengan antusias oleh Baladewa (official fans Dewa 19) yang rela menunggu dan bernyanyi bersama meski hujan turun. Panggung megah IIMS Infinite Live ditutup dengan spektakuler malam ini. Kedepannya IIMS kembali akan membawakan kembali esensi pertunjukan musik di tengah pelaksanaan pameran otomotif.

 

Rudi MF, Project Manager IIMS 2023 mengatakan, "Kolaborasi antara Dewa 19 feat. Virzha dengan Baladewa yang membanjiri IIMS Infinite Live sangat luar biasa. Kami mengapresiasi keduanya atas kemeriahan malam ini. IIMS kembali akan menghadirkan IIMS Infinite Live tahun depan."


Kesuksesan IIMS 2023 Menjadi Barometer Ajang Otomotif di Indonesia

 

Kesuksesan IIMS 2023 berjalan dengan meriah berkat dukungan dari MUFG Bank, Ltd. dan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) sebagai Official Bank Partner serta PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) sebagai Official Multifinance Partner, Pertamina sebagai Official Sponsor, PLN sebagai Official Sponsor, dari sektor industri pendukung, IIMS 2023 juga berkolaborasi dengan Mobbi sebagai Official Trade-in Partner, J&T Cargo sebagai Official Logistic Partner, Bridgestone sebagai Official Tire Partner, MRT Jakarta sebagai Official Public Transportation Partner, serta V-Kool Indonesia, Suryanation, Namota, Enjoy Jakarta, dan Mayora siap mendukung perhelatan IIMS  BOOST 2023.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 27 Feb 2023 | 10:39 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

BeritaIndonesiaInternationalMotorShowJIExpoKemayoran2023
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family