Penyebab Aki Mobil Soak
Penyebab Aki Mobil Soak

Ketahui Penyebab Aki Mobil Soak Pemicu Mobil Mogok

14 Mei 2024 | 09:38 WIB

Aki mobil adalah salah satu part mesin mobil yang berperan penting sebagai penyimpan energi dan menyediakan daya untuk memulai mesin dan sistem lainnya. Aki mobil yang mengalami penurunan daya dapat berpotensi menyebabkan mobil mogok dimana saja dan kapan saja selama aki belum diganti.


Aki mobil sebagai sumber listrik memiliki fungsi untuk menyalakan dan menjalankan mobil serta memberikan daya pada sistem elektronik di mobil seperti ac, lampu, radio dan lainnya. Aki mobil bekerja dengan cara menyalurkan arus listrik dari bagian positif ke negatif untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan kendaraan.


Pastikan aki mobil terus mendapatkan perawatan karena memiliki aki mobil yang terawat dan berkualitas akan meningkatkan perfoma mobil dan mencegah terjadinya mogok pada kendaraan. Kenali penyebab aki soak yang dapat menjadi potensi mogoknya mobil.


  1. Penggunaan Sistem Elektronik Mobil yang Berlebihan

Sistem elektronik pada mobil seperti ac memang sangat membuat pengendara dan penumpang mobil terasa lebih nyaman. Namun tak jarang penggunaan ac yang berlebihan dapat menyebabkan aki mobil soak. Gunakan ac sejawarnya dan menjaga suhu ac dengan tepat, tidak perlu menyetel suhu yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Hindari menyalakan ac ketika kondisi mobil mati karena dapat mempercepat pengurasan aki mobil.


Ketahui Penyebab Aki Mobil Soak Pemicu Mobil Mogok


  1. Terlalu Lama Tidak Menyalakan Mobil

Ketika mobil jarang dipanaskan atau digunakan, dapat membuat aki mobil menjadi melemah karena tidak ada suplai untuk sistem kelistrikan. Walaupun pada dasarnya aki memiliki kemampuan self discharge sebesar 3%-5% sehari, namun jika mobil terparkir lama dalam keadaan mati akan susah untuk dinyalakan.


Sebaiknya tetap panaskan mobil meski tidak dikendarai agar alternator aki tetap bisa mengisi daya pada mobil. Memanaskan mobil adalah cara paling mudah dan terbaik yang bisa Sahabat lakukan untuk menjaga aki mobil tetap terawat. Setidaknya cukup dengan waktu 15 - 20 menit untuk memanaskan mobil jika perlu dan memungkinkan jalankan mobil untuk mengetahui bila dirasa ada komponen mobil yang terganggu.


  1. Korosi pada terminal aki

Terminal aki adalah salah satu bagian penting dalam sistem listrik kendaraan, yang menghubungkan aki dengan kabel dan kepala aki. Sedangkan korosi timbul karena ikatan kabel dan terminal longgar sehingga menimbulkan ruang udara lembab yang menjadikannya korosi. Agar terhindar dari korosi terminal aki, Sahabat bisa menggunakan pelumas khusus untuk mencegah korosi serta melakukan pemeriksaan berkala dan menjaga kebersihan pada terminal aki.


  1. Air aki habis

Fungsi air aki adalah menjadi pengantar arus listrik yang dipasok oleh alternator ke sel-sel aki.  Ketika air aki berkurang itu merupakan hal yang biasa dan wajar terjadi, namun apabila air akir berkurang sangat jauh dari yang batas bawah maka perlu ditambah. Perlu diperhatikan juga jika air aki keruh maka perlu diganti. Pemeriksaan air aki perlu dilakukan secara berkala sebulan sekali.


  1. Usia aki yang sudah lama

Aki yang mati mendadak pun bisa diakibatkan oleh usia aki mobil yang tersimpan sudah sangat lama, sehingga sewaktu aki tersebut di pasangkan di mobil, maka sudah dalam performa yang kurang baik. Ketika ingin membeli aki baru atau melakukan charger aki mobil kamu, penting sekali untuk memperhatikan kapan tanggal aki tersebut dibuat. 


Ketahui Penyebab Aki Mobil Soak Pemicu Mobil Mogok


Itulah hal-hal yang menjadi penyebab aki mobil soak atau mengalami penurunan daya sehingga membuat mobil mogok. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada siapapun. Apabila Sahabat menemukan tanda-tanda diatas pada mobil, maka perlu dilakukan pemeriksaan atau diganti jika diperlukan. 


Namun jika Sahabat menghadapi situasi mobil mogok, nggak perlu panik untuk keluar dari situasi genting. Selalu ada Asisten Darurat Garasi.id yang bisa Sahabat pakai untuk membantu permasalah mobil mogok Sahabat. Layanan Asisten Darurat bisa Sahabat dapatkan dengan klik di sini atau WWW.Garasi.id.
Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 14 Mei 2024 | 09:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

akimobilakitekorakisoakmobilmogokperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family