Mobil Diesel Yang Prima Tidak Akan Mengeluarkan Asap Hitam
Mobil Diesel Yang Prima Tidak Akan Mengeluarkan Asap Hitam Atau Putih

Knalpot Mobil Diesel Kamu Keluar Asap, Begini Atasinya!

26 Mar 2022 | 14:00 WIB

Tren kepemilikan mobil bermesin diesel menunjukkan grafik yang terus naik di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perkembangan teknologi mobil bermesin diesel yang semakin canggih menjadikan kenyamanannya tak kalah dengan mobil berbahan bakar bensin.

Meskipun dahulu dikenal sebagai mesin untuk kerja berat, saat ini mobil-mobil bermesin diesel sudah berkembang sedemikian rupa sehingga suaranya lebih lembut, lebih responsif dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Biasanya, mobil diesel yang sehat mengeluarkan asap yang bersih. Namun, jika ada masalah pada mobil diesel, maka biasanya akan muncul asap berwarna putih bahkan hitam.

Kemunculan asap ini umumnya disebabkan karena ruang pembakaran mobil diesel kemasukan oli hingga jumlah bahan bakar yang terlalu sedikit. Untuk itu, pemilik mobil diesel disarankan untuk rutin merawat mobilnya secara teratur.


Selalu Perhatikan Jika Knalpot Kendaraan Mengeluarkan Asap Tebal

Selalu Perhatikan Jika Knalpot Kendaraan Mengeluarkan Asap Tebal


Ini beberapa cara mengatasi keluarnya asap dari knalpot mobil dieselmu:

1.    Panaskan mobil lebih lama

Mesin diesel tidak memiliki komponen busi. Karena kondisi ini, maka mobil diesel memerlukan waktu yang lebih lama dalam mencapai suhu serta tekanan tepat untuk dapat dikendarai. Jadi, sebaiknya panaskan dulu mesin mobil lebih lama, yaitu sekitar empat hingga lima menit.

Pastikan Kamu memanaskan mobil diesel lebih lama dibanding mobil biasa, yakni sekitar empat sampai lima menit. Alasannya, mesin pada mobil diesel tidak memiliki komponen busi sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu yang tepat untuk dikendarai.

Di samping itu, dengan suhu yang tepat dapat mencegah kerusakan pada mesin mobil diesel.

2.    Ganti oli mobil tepat waktu

Selain untuk mencegah borosnya bahan bakar pada kendaraan, oli mesin mobil diesel harus diganti tepat waktu guna mencegah keluarnya asap dari mesin mobil serta mengatasi kerusakan.


Ganti Oli Mobil Secara Berkala


Ganti Oli Mobil Secara Berkala


Dalam pemakaian normal, penggantian oli pada mesin diesel ini sebaiknya dilakukan tiap 3 bulan sekali atau jika jarak tempuhnya sudah mencapai 5.000 km. Tapi, jika mobil hanya digunakan seminggu sekali, maka penggantiannya bisa dilakukan 6 bulan sekali saja.

3.    Pasang water sedimenter

Jangan lupa untuk memasang water sedimenter pada mobil diesel. Alat ini berguna untuk mengidentifikasi kandungan air yang biasanya terdapat di dalam bahan bakar mesin mobil diesel.

Nah, jika pada saat pemakaiannya indikator pada water sedimeter ini menyala, artinya Kamu harus membuang air yang tersimpan di dalamnya karena sudah mencapai batas maksimal.

4.    Ganti filter udara

Sesuai dengan namanya, filter udara atau saringan udara berfungsi sebagai penyaring udara dari kotoran maupun debu agar tidak masuk ke dalam mesin mobil diesel ataupun ruang pembakarannya.

Lantaran, kegunaannya yang sangat penting ini, maka Kamu harus rutin mengganti filter udara ini, terlebih jika sudah terlihat kotor, supaya kerjanya tetap maksimal dalam menyaring udara yang masuk ke mobil.


Filter Udara Harus Dicek Dan Diganti Secara Teratur

Filter Udara Harus Dicek Dan Diganti Secara Teratur


Kendati demikian, saat ini mobil bermesin diesel memiliki teknologi yang canggih. Teknologi ini dapat menunjang kinerja mobil bermesin diesel. Beberapa teknologi mesin diesel yang umum digunakan diantaranya common rail pada sistem bahan bakar, Exhaust Gas Recirculating (EGR) pada sistem gas buang, dan turbo charger untuk menambah tenaga dan memperbaiki gas buang.


Meskipun mesin diesel umumnya dikenal tangguh, namun tetap harus rutin dirawat agar performanya tetap terjaga. Perawatan berkala di bengkel resmi sebaiknya rutin dilakukan sesuai anjuran pabrikan. Selain perawatan berkala, lakukan juga perawatan sehari-hari berikut ini:

·         Pilih bahan bakar yang tepat

Gunakan solar berkadar sulfur rendah terutama untuk mesin yang sudah menggunakan teknologi common rail. Penggunaan solar berkadar sulfur rendah akan berpengaruh ke tarikan yang lebih ringan dan suara mesin akan lebih halus. Selain itu asap yang keluar dari knalpot juga akan lebih bersih.

·         Ganti filter solar

Lakukan pergantian filter solar secara rutin. Tujuannya agar solar yang masuk ke mesin selalu dalam keadaan bersih sehingga tidak ada gangguan pada aliran bahan bakar yang masuk ke mesin.

·         Jangan langsung matikan mesin

Sebaiknya tidak langsung mematikan mesin terutama setelah mobil dikendarai pada kecepatan tinggi. Suhu kerja turbo charger sangat tinggi karena digerakkan oleh gas buang hasil pembakaran mesin, agar tidak overheat, dibutuhkan pendinginan yang baik.

Pendinginan turbo charger menggunakan oli mesin, jika mesin mati maka otomatis suplai oli menjadi terhenti dan pendinginan juga terhenti. Akibatnya pendinginan komponen turbo charger menjadi tidak maksimal yang nantinya memperpendek umur turbo charger tersebut.

·         Bersihkan saringan bahan bakar

Membersihkan saringan bahan bakar jika indikator saringan bahan bakar di dashboard sudah menyala. Saat indikator tersebut menyala menandakan ada kotoran atau air yang menyumbat saringan bahan bakar. Jika tidak segera dikuras maka kotoran atau air tersebut kemungkinan akan masuk ke sistem bahan bakar dan akan menyebabkan mesin bekerja tidak sempurna bahkan bisa mogok.

·         Bersihkan saringan udara

Bersihkan saringan udara secara rutin. Mesin diesel memerlukan udara yang banyak agar pembakaran sempurna. Jika tersumbat, selain lebih boros, performa mesin menjadi menurun. Oleh karena itu saringan udara harus selalu bersih agar pembakaran lebih sempurna.

·         Cek volume bahan bakar

Jaga agar volume solar di tangki bahan bakar selalu lebih dari sepertiga. Tujuannya agar tidak terjadi pengembunan di dalam tangki bahan bakar sehingga menimbukan uap air yang akan bercampur dengan bahan bakar. Banyaknya kandungan air di solar akan berakibat menurunnya kualitas bahan bakar sehingga performa mesin akan menurun tajam.


Knalpot Mobil Diesel Kamu Keluar Asap, Begini Atasinya!


Jika Sahabat Garasi ingin mengatasi permasalahan mesin diesel, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Maret Makin Greget dengan produk #PaketServisBerkala. Promo ini berlaku hingga 31 Maret 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 26 Mar 2022 | 14:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobildieselservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family