Air keluar dari knalpot mobil
Air keluar dari knalpot mobil

Knalpot Mobil Keluar Air itu Tidak Berbahaya. Berikut Fakta-Faktanya

18 Jun 2020 | 15:34 WIB

Pernahkah Sahabat melihat air keluar dari knalpot ketika baru dipanaskan di pagi hari? Banyak orang yang berpikiran, air yang keluar dari knalpot mengindikasikan ada bagian dari saluran knalpot yang bocor. Padahal nyatanya bukan tidak ada yang salah dengan saluran pipa knalpot kamu loh Sahabat. 

Knalpot Mobil Keluar Air itu Tidak Berbahaya. Berikut Fakta-Faktanya

Dengan keluarnya air dari knalpot, itu menandakan bahwa kondisi mesin kamu baik-baik saja. Tapi permasalahan ini lebih banyak sering terjadi pada mobil yang menggunakan sistem EFI. Tapi apakah benar keluar air dari sistem pembuangan/knalpot itu tidak apa-apa? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Air keluar dari knalpot itu wajar

Disimulasikan seperti sistem pernapasan manusia, manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Saat manusia berada pada suhu udara yang dingin, ketika kita menghembuskan napas akan terlihat jelas uapnya, hal itu dikarenakan uap terkondensasi di suhu udara yang dingin. 

Nah, proses pembakaran bahan bakar dan udara di ruang mesin itulah yang diumpamakan seperti pernafasan manusia. Namun, pada mesin, pembakaran yang terjadi berasal dari bahan bakar bensin dan oksigen. Hasil dari pembakaran bensin dan oksigen, akan menghasilkan karbondioksida dan uap air, namun itu terjadi jika pembakaran yang terjadi sempurna. 

Knalpot Mobil Keluar Air itu Tidak Berbahaya. Berikut Fakta-Faktanya

Di dalam satu siklus pembakaran, terdapat sekitar 18 molekul air dimana molekul air itu dibuang melalui knalpot. Oleh sebab itu, mesin-mesin dengan sistem injeksi / EFI yang sering mendapati gejala air keluar dari knalpot. Apalagi di pagi hari, dimana kondisi udara, knalpot dan mesin masih sangat rendah sehingga menghasilkan banyak tetesan air.

Jadi, Sahabat tidak perlu khawatir jika melihat air keluar dari knalpot ketika kamu memanaskan mobil di pagi hari. Jangan berpikiran bahwa ada kebocoran pada mesin mobil kamu, apalagi berpikiran bahwa air yang keluar dari knalpot adalah air radiator yang bocor ke mesin. Jika air radiator bocor, air akan menetes di bagian depan mobil, lebih tepatnya di daerah radiator.

Air keluar dari knalpot bukan berarti mesin bermasalah

Selama air yang dikeluarkan dari knalpot tidak banyak dan wajar, mesin mobil Sahabat masih bisa dikatakan sehat. Tetapi sebaliknya jika air yang dikeluarkan banyak, coba ingat kembali apakah Sahabat pernah membawa mobil kamu melewati genangan air, atau mobil kamu baru selesai dicuci. Air yang masuk ke dalam knalpot, pasti akan tertahan di muffler tidak mungkin masuk ke ruang mesin.

Knalpot Mobil Keluar Air itu Tidak Berbahaya. Berikut Fakta-Faktanya

Jadi jika ternyata ditemukan banyak air ketika memanaskan mobil setelah mencuci mobil, bisa jadi air dari pencucian masuk ke dalam muffler. Sahabat tidak perlu panik, cukup menekan pedal gas hingga rpm 4.000 saja atau boleh lebih tetapi jangan terlalu lama karena tidak baik. Tunggu knalpot hingga benar-benar mengeluarkan air yang tertahan pada muffler, jika knalpot sudah tidak mengeluarkan air tandanya air di dalam knalpot sudah keluar.

Kenali kerusakan mobil dari warna asap knalpot

Selama mobil kamu tidak pernah melibas genangan air, atau mogok ketika banjir, air yang keluar dari knalpot bukan masalah yang perlu dikhawatirkan. Berbeda dengan asap putih yang dikeluarkan oleh knalpot ketika kamu memanaskan mobil, bisa jadi oli ikut terbakar di ruang pembakaran mesin.

Knalpot Mobil Keluar Air itu Tidak Berbahaya. Berikut Fakta-Faktanya

Jika ditemui masalah seperti itu, alangkah baiknya kamu membawa mobil kamu ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Asap knalpot mobil yang berwarna mengindikasikan adanya kerusakan pada komponen mesin bagian dalam. Nah, apa saja sih indikasi kerusakan komponen mesin jika dilihat dari warna asap mobil? Yuk simak di bawah ini.

Asap knalpot mobil hitam 

Jangan samakan kerusakan mesin mobil dengan asap yang dikeluarkan oleh mobil mesin diesel ya Sahabat. Jika terjadi kerusakan pada mesin dan asap knalpot mobil tampak hitam pekat itu mengindikasikan bahwa mobil mengalami masalah pada sistem pembakarannya. Bahan bakar yang bersirkulasi di ruang pembakaran terlalu banyak sehingga banyak yang tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot mobil berwarna hitam. 

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Selain itu, asap knalpot mobil hitam pun dapat mengindikasikan permasalahan pada saringan udara, injektor, karburator atau mesin mengalami kebocoran kompresi. Untuk itu, segera atasi permasalahan ini dengan membawa mobil sesegera mungkin ke bengkel untuk menghindari kerusakan komponen lainnya.

Asap knalpot mobil putih

Selain asap knalpot mobil hitam, kerap kali ditemukan mobil yang mengeluarkan asap berwarna putih. Untuk gejala seperti ini, ada 2 indikasi yang bisa diketahui sesuai dengan ketebalan asapnya.

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Jika asap knalpot mobil putih yang tampak tipis, permasalahan ada pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius. Berbeda dengan asap knalpot mobil berwarna putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal itu mengindikasikan ada oli yang ikut terbawa masuk ke ruang pembakaran dimana yang seharusnya hanya bahan bakar yang dibakar di ruang pembakaran mesin. 

Warna asap knalpot mobil abu

Mobil yang dalam kondisi baik tentu tidak akan mengeluarkan asap knalpot yang berwarna. Jika ditemukan kendaraan yang mengeluarkan asap knalpot mobil abu-abu berarti ada sesuatu yang salah dengan mobil tersebut.

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Dikutip situs Suzuki.co.id, asap knalpot mobil abu-abu yang keluar dari knalpot mobil khususnya mobil bertransmisi matik, mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes sehingga oli di dalam sistem transmisinya berkurang. 

Sementara itu pada mobil pada umumnya, warna asap knalpot mobil abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

Warna asap knalpot mobil biru

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Ternyata asap knalpot mobil tidak hanya berwarna putih, abu-abu, dan juga hitam. Ada pula asap knalpot mobil yang berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Sahabat. Namun untuk warna asap knalpot biru, biasanya terjadi pada mesin mobil yang menggunakan turbo. Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa terjadi kerusakan pada ring piston yang sudah aus, blower turbo yang sudah lama, hingga gasket yang sudah kadaluarsa.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Jun 2020 | 15:34 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotifgarasiidasapknalpotmobil
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family