mesin mobil berdengung
mesin mobil berdengung

Kok Mesin Mobil Berdengung? Mungkin Ini Penyebabnya

21 Apr 2023 | 11:00 WIB

Sebagai pemilik kendaraan, Sahabat pernah mengalami suara mesin mobil berdengung tidak? suara tersebut dapat menjadi pertanda adanya permasalahan pada mesin loh Sahabat. Mesin mobil yang berdengung pada kecepatan rendah pasti membuat pengendara merasa tidak nyaman dan cukup mengganggu. Untuk itu yuk kita cari tahu apa penyebabnya dan bagaimana solusi menanganinya? Berikut penjelasannya.

Kok Mesin Mobil Berdengung? Mungkin Ini Penyebabnya


Penyebab Mesin Mobil Berdengung pada Kecepatan Rendah

Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika mobil Sahabat terdengar berdengung saat dipacu pada kecepatan rendah, antara lain :

1. Ban Salah Arah

Pada dasarnya ban mobil diciptakan dengan satu arah putaran. Namun ketika ban melakukan perputaran, tak jarang terjadi kekeliruan arah putaran ban sehingga berdampak pada suara mendengung terlebih ketika melewati aspal.

Coba periksa umur ban mobil Sahabat. Apabila usianya sudah lebih dari tiga tahun, maka ada baiknya ban tersebut ditukar dengan yang baru demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

2. Pompa Power Steering Rusak

Kerusakan pada pompa power steering juga dapat menjadi penyebab mesin mobil berdengung pada kecepatan rendah, terlebih apabila mobil Sahabat merupakan mobil keluaran dibawah tahun 2012 dimana masih menerapkan sistem hidrolik power steering dengan pompa.

Komponen ini diperlukan sebagai alat penyuplai energi guna meringankan beban pengemudian, dan posisinya menempel dengan mesin. Kerusakan pada pompa akibat keausan dapat menimbulkan suara mendengung ketika digas, atau ketika pengemudi membelokkan setir.

3. Kompresor AC Mengalami Aus

Penyebab selanjutnya adalah kompresor AC yang mengalami keausan. Kompresor AC mobil yang kondisinya kekurangan oli dapat membuat suara mesin berdengung ketika digas.

Pasalnya bukan tak mungkin bunyi dengung tersebut berasal dari kompresor AC, dimana metal-metalnya mengalami keausan. Ketika metal yang aus tetap bergesekan, maka bunyi yang dihasilkan pun akan lebih berisik.

Untuk mengetahui permasalahan ini pun mudah, karena bunyi dengung dan berisik dapat semakin terdengar ketika Sahabat menyalakan AC di suhu paling dingin.

4. Bearing Pulley Mesin Rusak

Tak hanya kompresor AC yang mengalami keausan, namun pulley yang letaknya di bagian depan mesin pun bukan tak mungkin mengalami hal serupa.

Di bagian kap mobil terdapat banyak pulley yang terhubung, sebut saja pulley idler, alternator, tensioner, dan mesin. Apabila salah satunya mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan suara mesin berdengung. 

Jika hal ini terjadi, segera bawa mobil ke bengkel terdekat karena perlu diperiksa secara langsung oleh montir. Pasalnya komponen ini memiliki banyak jenis dan saling terhubung, sehingga sulit untuk mendeteksi bagian mana yang mengalami kerusakan.

5. Bearing Roda Mengalami Keausan

Permasalahan bearing roda yang mengalami keausan juga dapat menjadi penyebab mengapa timbul suara dengung ketika mobil dipacu dalam kecepatan rendah, terlebih di bagian depan karena fungsinya menahan beban kendali kendaraan.

Ketika bearing mengalami keausan, akan terdengar bunyi dengung dan gesekan yang cukup keras. Untuk memeriksanya, coba dongkrak mobil agar terangkat lalu goyangkan bagian roda secara vertikal.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Berdengung pada Kecepatan Rendah

Apabila hal di atas terjadi pada mobil Sahabat, segera bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Pasalnya jika tidak segera ditangani, dapat menyebar dan berdampak buruk pada komponen lainnya.

Selain itu agar mesin mobil tidak berdengung pada kecepatan rendah sehingga mesin mobil menjadi lebih halus dan nyaman dikendarai, simak tipsnya di bawah ini :

1. Pakai Oli Sesuai Spesifikasi

Tak sedikit pemilik mobil yang menggunakan oli tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Padahal menggunakan oli yang tidak sesuai spek dapat membuat mesin mobil kurang halus. 

2. Periksa Komponen Luar Mesin 

Selain itu periksa komponen luar mesin, pasalnya suara mesin berisik dan kasar mungkin disebabkan oleh bagian luar mesin. Contohnya bagian fan belt, tensioner fan belt, alternator, pulley, dan kipas pendinginan.

Nah Sahabat, Itulah penyebab mobil berdengung pada kecepatan rendah yang harus diketahui. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 21 Apr 2023 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilmesinberdengung
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family