Komponen Ini Wajib Diservis Rutin Setelah Mudik
Komponen Ini Wajib Diservis Rutin Setelah Mudik

Komponen-Komponen Ini Wajib Diservis Rutin Setelah Dipakai Mudik Lebaran

06 Mei 2022 | 11:00 WIB

Saat ini, mobil bukan hanya sebuah kendaraan, tetapi juga menjadi kebutuhan wajib untuk keluarga. Apalagi, setelah momen mudik lebaran, banyak masyarakat yang memanfaatkan mudik dengan mobil pribadi.

Untuk itu, Sahabat Garasi harus paham komponen terpenting yang wajib diservis setiap tahunnya. Berikut ulasannya:

Komponen-Komponen Ini Wajib Diservis Rutin Setelah Dipakai Mudik Lebaran


  1. Aki

Aki adalah salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Aki merupakan pusat dari kelistrikan pada mobil, terutama saat mobil belum aktif. Tanpa aki, beberapa bagian pada mobil yang membutuhkan tenaga listrik tidak akan menyala, seperti bagian lampu utama, maupun lampu mobil, bahkan, umumnya menyalakan mobil putaran awal pada dinamonya membutuhkan tenaga listrik.

Tanpa listrik dari aki, mobil Kamu mungkin tidak bisa menyala. Jadi jangan sampai tidak memperhatikan bagian aki mobil, ya.

  1. Sistem pendingin

Sistem pendingin merupakan bagian penting lainnya yang harus diperhatikan dari mobil. Sistem pendingin pada mobil berfungsi untuk menyerap panas pada mesin mobil yang sudah bekerja keras. Dengan adanya pendingin ini, mobil Sahabat masih bisa bekerja dengan maksimal sejauh apapun jaraknya.

Perhatikan bagian radiator, karena pada bagian ini biasanya rentan terhadap kerusakan. Namun, jika radiator dalam kondisi baik, mobil Kamu akan bekerja dengan optimal.

Komponen-Komponen Ini Wajib Diservis Rutin Setelah Dipakai Mudik Lebaran


  1. Transmisi

Transmisi berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga mobil pada poros propeller. Bagian ini merupakan salah satu yang sangat penting yang harus Kamu perhatikan. Cara merawat transmisi supaya terhindar dari kerusakan adalah dengan rutin mengganti oli transmisi secara berkala.

Tidak main-main, sahabat memang sangat perlu merawat transmisi dengan baik, karena kerusakan pada transmisi akan berdampak pada kerusakan-kerusakan pada komponen mobil yang lain.

  1. Suspensi

Suspensi merupakan bagian kaki-kaki mobil yang keberadaannya sangat penting. Tanpa suspensi, Kamu pastinya akan banyak mengeluh saat mengendarai mobil, apalagi ketika menghadapi jalanan yang tidak rata dan berlubang seperti jalanan di Indonesia pada umumnya.

Suspensi berguna untuk memberi kenyamanan Kamu saat berkendara, karena suspensi berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran, serta peredam kejut yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

  1. Ban

Inilah komponen terakhir yang paling penting bagi mobil Kamu yang harus diketahui. Ban adalah komponen paling penting, karena tanpa ban, mobil Kamu tidak akan bisa jalan. Ban yang bagus akan memberikan perjalanan yang mulus.

Berbagai jenis ban bisa Kamu temui dengan kelebihannya masing-masing. Jangan lupa untuk memperhatikan ban mobilmu masih dalam kondisi yang baik atau tidak, terutama setelah melakukan perjalanan yang jauh.

Pentingnya Perawatan Suspensi Mobil

Suspensi merupakan salah satu komponen penting kendaraan yang mendukung sistem kenyamanan dan keselamatan. Maka, komponen yang biasa disebut kaki-kaki mobil tersebut, harus selalu dalam kondisi maksimal.

Jika ada masalah pada suspensi, efeknya bisa membuat berkendara tidak nyaman. Lebih parahnya lagi, dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Ini tanda-tanda suspense mobil Kamu rusak, ya Sahabat Garasi:

  • Oli Rembes

Jika komponen suspensi rusak terlihat ada oli yang rembes. Masalahnya, ada pada seal suspensi. Jika kondisi seal sudah dipastikan rusak dan menjadi sumber penyebab kebocoran suspensi, sebaiknya harus diganti seal tersebut. 

  • Suspensi Terasa Lebih Keras

Ciri-ciri suspensi mobil rusak lainnya adalah terasa lebih keras. Hal ini terjadi karena suspensi tersebut sudah mengalami kebocoran.

Kebocoran oli akan tampak di batang as, menjadi lebih lembab dan bagian seal suspensi juga akan terlihat basah. Saat oli shock bocor dan akhirnya habis, maka dumping suspensi akan lambat, bahkan macet.

Jika pergerakan suspensi macet, maka otomatis bantingan akan menjadi keras, karena shock gagal merespon guncangan akibat jalan berlubang.

Macet pada suspensi terjadi karena oli habis dan tidak bisa berfungsi sebagai fluida hidrolik dan pelumas. Jika sudah begini salah satu caranya bisa dengan menambahkan oli shock ke volume semula. Tentunya, hal ini dilakukan setelah mengecek kondisi seal terlebih dahulu.

  • Mobil Terlihat Amblas

Ciri-ciri suspensi mobil rusak lainnya adalah terlihat amblas. Mobil terlihat amblas akibat oli shock yang sudah berkurang dan tersisa pernya saja.

Shock ambles umumnya terjadi pada mobil-mobil yang sering membawa muatan lebih. Jika terlalu sering menopang banyak muatan, gesekan-gesekan suspensi lama-lama akan panas, sehingga bisa melelehkan plastik, merusak klep-klep di dalam, dan menghambat redam kejut.

Saat posisi amblas, suspensi tidak mau balik lagi ke posisi awal. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya shockbreaker diganti dengan yang baru.

  • Mobil Limbung Saat Dikendarai

Ciri-ciri suspensi mobil rusak lainnya adalah mobil limbung saat dikendarai pada kecepatan tertentu. Hal ini lantaran suspensi sudah tidak bisa meredam kejutan dengan maksimal.

Atau bisa dikatakan suspensinya sudah mati. Salah satu penyebab suspensi mati bisa juga karena kondisi as suspense rusak akibat goresan yang parah.

Goresan ini umumnya terjadi karena kotoran yang mengendap kemudian bergesekan dengan badan shock. Nah goresan inilah yang juga jadi salah satu penyebab bocornya oli suspensi.

  • Timbul Suara Berisik

Adanya suara berisik dari suspensi belakang juga bisa menjadi tanda shock absorber sudah tidak berfungsi baik lagi.

Penyebab suara berisik pada mobil bisa terjadi kerena kerusakan bushing arm. Selain menimbulkan suara berisik, kerusakan pada bagian ini akan berakibat pada kenyamanan berkendara.

Jika kamu mendengar suara berisik dan laju mobil melenceng ke kiri atau ke kanan, maka bisa dipastikan penyebabnya berasal dari bushing arm.

Bunyi lainnya juga bisa berasal dari bushing stabilizer yang bekerja sebagai penyeimbang suspensi kanan dan kiri. Jika kamu merasa mobil  mengeluarkan bunyi saat melakukan pengereman, bisa jadi ada masalah pada bushing stabilizer.

Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan suspensi setelah mudik lebaran, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo Roadtrip Harmoni dengan diskon jasa servis hingga 50%. Promo ini berlaku mulai 1 April 2022 hingga 16 Mei 2022.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 06 Mei 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifrawatmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family