Modifikasi Bergaya Camber Banyak Dipilih Modifikator Untuk Mempercantik Mobil Kesayangannya
Modifikasi Bergaya Camber Banyak Dipilih Modifikator Untuk Mempercantik Mobil Kesayangannya

Komunitas Banyak Memodifikasi Mobil Gaya Camber

11 Feb 2023 | 11:00 WIB

Modifikasi ban miring atau camber adalah sebuah aliran modifikasi mobil ceper yang menonjolkan bagian kaki-kaki, khususnya pada bagian roda yang terlihat menonjol keluar di bagian bawah, dan masuk kedalam pada bagian roda atas. Identik dengan sudut kemiringan roda secara vertikal jika dilihat dari depan atau belakang, baik camber positif maupun pada umumnya negatif, itulah ciri khas dari mobil chamber.


Banyak istilah untuk modifikasi yang satu ini, namun julukan atau sebutan dari aliran modifikasi ini yang paling banyak dikenal dengan sebutan flush, hellaflush, hellafail dan  mexiflush yang pada intinya tetap sama, memperlihatkan bentuk velg mobil seakan akan menonjol keluar dari bodi.


Sahabat perlu ketahui apa saja yang diperlukan untuk melakukan modifikasi mobil ceper bergaya camber ini, untuk peralatan atau komponen yang dibutuhkan guna memodifikasi mobil bergaya camber berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Secara estetika Gaya Modifikasi Camber Jadi Terlihat Keren

Secara estetika Gaya Modifikasi Camber Jadi Terlihat Keren


  • Velg Mobil Yang Lebar

Hal pertama yang perlu Sahabat persiapkan adalah pemilihan bentuk velg mobil yang lebar, hal ini sangat penting karena tujuan dari modifikasi camber ini adalah menonjolkan bentuk kaki-kaki mobil khususnya pada bagian roda. Usahakan memilih velg dengan lebar yang rata dan ukuran offset yang kecil sebagai contoh velg dengan ukuran 16 x 8 inci dengan offset 20 mm.


Bila Sahabat menemukan velg yang berukuran lebar tentu akan lebih bagus sebab akan lebih gampang velg dibuat mepet ke spakbor. Pastikan jika akan menaikkan ukuran diameter velg maksimalnya adalah 2 inchi. Misalnya city car yang memiliki diameter velg standar 15 inci maka maksimal diameter yang masih diperbolehkan adalah 17 inchi. Pastikan juga velg yang akan dipakai bulat sempurna dan tidak peyang ataupun penyok.


  • Velg Mobil 3 Piece

Velg mobil 3 piece ini adalah jenis velg yang memiliki konstruksi 3 bagian sehingga di antara ketiga nya ini bisa dimodifikasi dan diganti sesuai dengan keinginan misalnya pada bagian bibir terluar diganti dengan yang lebih celong dan lain sebagainya. Banyak contoh merk velg legendaris 3 piece yang banyak dikenal komunitas dengan seri RS, turbo dan juga futura.


  • Ukuran Ban Mobil Lebar

Setelah memilih jenis dan bentuk velg yang lebar, langkah selanjutnya adalah memilih jenis ban yang juga tak kalah lebar dan pastinya sesuai dengan velg yang akan dipasangkan nanti. Biasanya semakin lebar diameter velg maka pemilihan ban tipis atau ban donat memakai velg berdiameter 16 x 7 inchi bisa memakai ban ukuran 165/45/16 atau bisa juga memakai ban berukuran 195/45/16 ataupun 195/40/16.


Sahabat juga bisa langsung konsultasikan rekan sesama komunitas atau langsung ke bengkel ban mengenai ukuran ban mana yang cocok untuk velg yang akan digunakan untuk dimodifikasi. Untuk merk ban juga perlu kalian perhatikan, sebab beberapa merk ban memiliki konstruksi sidewall yang beda teknologi.


  • Modifikasi Per Mobil Atau Di Press

Per mobil berfungsi untuk meredam getaran akibat kontur jalan yang dilalui kendaraan. Jika ingin memodifikasi mobil menjadi ceper dan camber maka Sahabat juga harus melakukan modifikasi di bagian per mobil dengan cara memotong, di press atau menggantinya dengan membeli aftermarket yang lebih lunak atau lebih pendek. Kamu juga harus tahu kelebihan masing masing antara memotong per, mengepress atau menggantinya sebab kedua nya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.


  • Modifikasi Suspensi

Suspensi adalah salah satu komponen mobil yang digunakan untuk menyerap getaran. Getaran tersebut terjadi ketika mobil berjalan, dan suspensi inilah yang berfungsi untuk menyerapnya. Sistem suspensi ini juga berfungsi untuk menjaga kenyamanan saat mobil digunakan berkendara.


Pastikan Sahabat juga mengubah suspensi bawaan dengan suspensi aftermarket yang bisa disetel ketinggiannya, atau lebih bagus lagi jika kalian menggunakan suspensi udara atau air suspension untuk menambah kenyamanan saat berkendara.


  • Modifikasi Liner Ban Mobil

Inner liner adalah sebuah teknologi modern yang memiliki fungsi yang sama seperti ban dalam. Jaman dahulu, ban luar dan ban dalam merupakan komponen yang berbeda namun di era ban tubeless, inner liner merupakan lapisan kedap udara yang menahan udara tetap di dalam.


Hal ini penting untuk memodifikasi mobil bergaya camber nan ceper maka secara otomatis kita juga harus memotong ( gerinda ) atau melepas liner atau kolong ban agar ban bisa ambles dan masuk kedalam kolong.


  • Camber Kit

Alat ini diaplikasikan untuk mengatur sudut kemiringan roda depan. Biasanya dipakai untuk meluruskan roda atau memiringkan roda (Hellaflush/stance). Untuk kaki-kaki bagian depan kita bisa mengganti dudukan as roda depan dengan baut camber kit yang ukurannya lebih kecil dari baut standarnya sehingga sudut camber roda depan bisa disetel masuk kedalam. Bila dirasa kurang Sahabat bisa sedikit mengebor lubang dudukan baut camber agar ban bisa lebih masuk menjorok kedalam.


Lakukan Spooring Untuk Menjaga Kestabilan Kendaraan

Lakukan Spooring Untuk Menjaga Kestabilan Kendaraan


  • Spooring

Spooring adalah proses untuk meluruskan kembali keempat roda mobil seperti posisi semula. Lakukan spooring mobil untuk mengukur dan menyetel sudut kemiringan camber dan juga toe in agar sesuai antara yang kiri dan yang kanan. Walaupun sudah di spooring, modifikasi camber ini tetap akan membuat ban menipis dalam dikarenakan modifikasi ekstrim. Keamanan ban memang sangat memegang kendali terhadap kemudi mobil. Jadi, melakukan spooring pada mobil merupakan suatu keharusan karena merupakan salah satu elemen utama dalam keselamatan berkendara.


Hal terakhir yang perlu Sahabat lakukan pengetesan mobil di jalan, bila terjadi gesekan yang timbul dalam modifikasi seperti ini bisa terbilang sangat wajar. Yang perlu Sahabat perhatikan adalah ukuran offset, ukuran ban dan ukuran lebar velg yang tidak terlalu ekstrim agar gesekan yang timbul bisa diminimalisir.


Salah satu solusi agar Sahabat tahu cara memilih bengkel agar tidak salah yaitu bertanya langsung kepada sesama komunitas. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membandingkan bengkel yang satu dengan bengkel yang lainnya. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam memilih bengkel modifikasi mobil.


Sahabat bisa simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate hanya di www.Garasi.id. Nikmati jasa servis dari partner bengkel yang sering digunakan komunitas mobil di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi Clara di Whatsapp atau email [email protected].


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 14 Feb 2023 | 14:35 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkomunitasmodifikasicamber
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family