Pengendara Mobil Wajib Meminimalisir Potensi Bahaya Saat Touring
Pengendara Mobil Wajib Meminimalisir Potensi Bahaya Saat Touring

Komunitas Mobil Harus Perhatikan Hal Ini Saat Touring

29 Okt 2022 | 11:00 WIB

Kegiatan touring atau melakukan perjalanan jauh lintas daerah secara berkelompok adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bagi Sahabat yang hobi berkendara, touring pasti sudah menjadi kegiatan favorit. Apalagi setelah pandemi berakhir, kegiatan touring adalah kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu terutama para member komunitas mobil.

Tapi, banyak yang menganggap touring sama seperti berkendara harian biasa. Faktanya, persiapan touring jarak jauh cukup banyak, khususnya komunitas mobil. Berikut ini adalah apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan touring jarak jauh.

 Keamanan Jadi Patokan Utama Kenyamanan Dalam Perjalanan Touring

Keamanan Jadi Patokan Utama Kenyamanan Dalam Perjalanan Touring

  • Perhatikan Kesiapan Kendaraan

Hal utama yang harus diperhatikan saat akan melakukan touring adalah kesiapan kendaraan, seperti surat-surat lengkap, servis kendaraan, serta melakukan pengecekan pada oli mesin, bensin, ban dan rem.

Sangat penting bagi para pengendara yang gemar melakukan touring untuk melakukan perawatan mobil secara rutin. Lengkapi juga perjalanan dengan membawa tools serta suku cadang ringan untuk mengantisipasi saat terjadi masalah pada kendaraan. Ketika akan berangkat, usahakan tangki bensin terisi penuh sehingga tidak harus berhenti berulang kali dan menghambat perjalanan.

 

  • Fisik dalam Kondisi Prima

Touring jarak jauh biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga berhari-hari lamanya. Sayangnya, banyak dari pengendara yang tidak memperhatikan kesiapan fisik sehingga badan mudah lelah saat melakukan touring.

Sebelum touring pastikan sudah memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin dan membawa obat-obatan yang sekiranya akan kamu butuhkan selama di perjalanan.

 

  • Alat Komunikasi dan Peta Penunjuk Jalan

Kalau tidak ingin ketinggalan atau nyasar saat touring maka jangan sampai melupakan alat komunikasi, seperti handphone, HT, atau bluetooth communicator. Alat-alat tersebut akan memudahkan tim untuk memberi arahan. Lengkapi juga perbekalan dengan membawa petunjuk jalan berupa peta lembaran atau aplikasi di ponsel.

 

  • Perhatikan Barang Bawaan

Barang bawaan ini sering kali menjadi dilema bagi penggemar touring. Saat touring, pengendara biasanya ingin membawa banyak barang bawaan dengan alasan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Selain itu, beberapa juga akan membawa beberapa kamera dan perlengkapan untuk mendokumentasikan setiap momen di sepanjang perjalanan. Sebaiknya, membawa satu kamera saja agar tidak terlalu banyak membawa barang.

Jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga di dalam kendaraan. Sebaliknya, pastikan meletakkan barang-barang tersebut di tempat yang aman. Tempatkan juga barang-barang yang seringkali digunakan di tempat yang mudah diambil, seperti power bank, dompet, ponsel, dan perlengkapan obat-obatan.

  • Riset Rute Perjalanan

Menentukan rute perjalanan adalah hal yang sangat penting dalam menentukan segala kesiapan untuk melakukan touring. Melakukan riset rute perjalanan akan memudahkan dalam menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan.

 

  • Menentukan Estimasi Biaya

Menentukan estimasi biaya adalah hal penting yang juga harus diperhatikan saat berencana touring. Kebanyakan orang menganggap kalau hal ini sepele. Seminim apapun anggaran yang dibutuhkan, sebaiknya tetap menentukan estimasi biaya.

Jangan sampai touring jadi berantakan karena kehabisan ongkos. Estimasi biaya bisa dibuat dengan mempertimbangkan besarnya biaya bahan bakar, penginapan, tiket wisata, hingga keperluan makanan selama di perjalanan.

 

  • Start Sepagi Mungkin

Inilah persiapan terakhir sebelum kamu berangkat touring. Usahakan start dimulai sepagi mungkin sehingga masih memiliki waktu untuk melakukan pengecekan ulang. Jangan sampai berangkat dengan terburu-buru sehingga tidak punya cukup waktu untuk mengecek ulang kesiapan kendaraan.

Sahabat harus lakukan persiapan touring yang terencana. Utamakan kesadaran aman berkendara agar touring berjalan dengan lancar.


Garasi.id selalu mengutamakan kondisi kendaraan agar selalu prima. Sahabat bisa kunjungi www.Garasi.id dan nikmati promo yang selalu menarik untuk komunitas mobil di seluruh Nusantara. Langsung sikat promo dari partner Monte Carlo berikan diskon hingga 75Ribu untuk jasa Paket Hi-tech Engine Tune up + Catalytic system clean dan Ganti Oli di cabang kota Sahabat komunitas mobil. Info lengkap bisa melalui Clara Garasi.id di WhatsApp.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Nov 2022 | 10:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservistuneupgantiolikomunitastouring
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family