Mobil MPV merupakan mobil yang memiliki standar untuk dijadikan mobil keluarga
Mobil MPV merupakan mobil yang memiliki standar untuk dijadikan mobil keluarga

Kriteria Mobil MPV Bekas Murah untuk Keluarga

17 Sep 2019 | 14:27 WIB
BAGIKAN

Memiliki sebuah mobil keluarga adalah dambaan dan impian dari setiap keluarga. Hingga saat ini mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) masih mendominasi pilihan mobil keluarga masyarakat di Indonesia.

Kapasitas penumpang mobil MPV biasanya 7-8 orang. Daya tampung ini menjadi salah satu alasan mengapa orang membeli mobil. Selain itu, ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil MPV lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan memanjakan penggunanya.

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Tak heran bila pabrikan otomotif melakukan inovasi dan gencar mendesain mobil keluarga yang menarik.

Produsen mobil juga berlomba-lomba menawarkan berbagai kelebihan, baik itu dari segi harga, model maupun fitur-fitur modern agar bisa menyandang predikat mobil keluarga terbaik melalui segmen mobil MPV.

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Banyaknya merek, jenis, ukuran, dan model mobil MPV yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Saking banyaknya bikin konsumen bingung dan kesulitan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Sesungguhnya ada beberapa kriteria yang harus kamu penuhi sebagai salah satu syarat mobil MPV tersebut layak menjadi mobil keluarga. Berikut empat kriteria mobil MPV yang dinilai layak menjadi standar mobil keluarga.

Kapasitas mobil MPV muat banyak

Bagi mereka yang hendak mudik bersama keluarga, hal pertama yang mesti menjadi perhatian khusus adalah perihal kapasitas penumpang. Bayangkan bila pada satu momen mudik terdapat enam anggota keluarga yang ikut serta.

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Tentu jika kamu menggunakan mobil sedan atau hatchback, mobil tidak akan muat dengan jumlah orang tersebut. Beda halnya bila kamu menggunakan mobil MPV. Dibandingkan dengan mobil jenis lainnya, mobil MPV memiliki daya tampung penumpang lebih banyak, yakni 7-8 orang. Dua orang bisa menempati kursi bagian depan, sedangkan kursi bagian tengah dan belakang masing-masing bisa ditempati tiga orang. Nyaman bukan?

Ruang mobil MPV lebih luas

Setelah kapasitas penumpang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah daya tampung untuk barang bawaan. Barang bawaan ini biasanya berupa tas, oleh-oleh, ataupun perlengkapan mudik lainnya. Jangan sampai barang-barang tersebut malah mengganggu kenyamanan perjalanan.

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Faktanya, banyak pemudik yang meletakkan barang-barang tersebut di tempat duduk atau ruang kosong dekat pijakan kaki. Alih-alih menikmati perjalanan, mereka malah terganggu dengan kehadiran barang-barang tersebut. Untungnya, mobil MPV memiliki kabin khusus untuk meletakkan barang di bagian belakang.

Nyaman untuk dikendarai jarak jauh

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Mengemudi lama untuk perjalanan jauh seperti mudik tidak bisa disepelekan. Untuk itu, kenyamanan berkendara menjadi faktor penting yang wajib dicermati. Dengan ukuran kabin yang cukup luas dan kapasitas penumpang yang lebih banyak, mobil MPV bisa memberikan kenyamanan lebih bagi pemudik, terutama bila pergi dengan 4-5 orang saja.

Mereka bisa punya ruang lebih untuk istirahat, misalnya tidur atau sekadar berselonjor. Bayangkan bila kamu pergi menggunakan mobil sedan atau city car. Jangankan meluruskan kaki dan meregangkan badan, bergerak pun akan sulit karena harus duduk berdesak-desakan.

Ground clearance tinggi

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Memilih mobil MPV yang akan digunakan untuk mudik atau berlibur tak cukup dengan hanya melihat model dan fungsi untuk mengangkut orang saja. Satu hal lain yang wajib diperhatikan adalah kemampuannya untuk melewati berbagai medan, misalnya jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir. Untuk itu, mobil MPV yang memiliki ground clearance tinggi menjadi pertimbangan khusus.

Value for money

Kebutuhan sehari-hari yang kian meningkat membuat kita berhitung dalam membeli kendaraan baru. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap orang mau mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau namun dengan fitur-fitur yang mutakhir. Kondisi jalanan rusak dan bergelombang juga acap kali menjadi pertimbangan dalam membeli jenis mobil. 

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Di sinilah mobil MPV hadir sebagai pilihan yang tepat, karena harga sepadan dengan apa yang keluarga kamu dapatkan. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa mendapatkan mobil yang nyaman, awet, dan fitur-fitur keselamatannya terjamin. Membeli mobil MPV merupakan investasi tersendiri bagi keluarga Sahabat.

Baca juga: Tips memilih asuransi mobil yang tepat, TLO atau All Risk

Mobil MPV Keluarga Terbaik

Lantas mobil seperti apakah yang tepat untuk dibawa berlibur, berpergian keluar kota atau mungkin mudik? Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah jawaban yang tepat. Dilihat dari kemampuan daya tampung, keamanan dan dinilai sangat ekonomis baik dari segi harga dan perawatannya mobil MPV memiliki nilai di atas rata-rata.

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Berbicara mengenai mobil MPV paling pas dan ekonomis untuk mereka yang baru memiliki keluarga atau pekerjaan tetap, Avanza mungkin menjadi salah satu tipe mobil yang pasti terlintas di pikiran Sahabat.

Avanza sengaja didesain sebagai mobil MPV keluarga kelas menengah yang ekonomis dan mampu memenuhi kebutuhan perjalanan seluruh anggota keluarga berkat kabinnya yang luas.

Hingga saat ini, Avanza keluaran tahun 2012 keatas masih banyak diminati para pemburu mobil MPV bekas. Lantas, apa yang membuatnya tetap laris manis?

Harga Jual Avanza Cenderung Stabil

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Banyak orang yang mencari mobil bekas Avanza dan rivalnya Xenia yang dirilis tahun 2012 keatas. Para pemburu dua mobil MPV tersebut berpikir bahwa harga mobil bekas Avanza dan Xenia relatif stabil. Kalaupun ada penurunan, biasanya harganya tidak akan terjun bebas.

Nama Besar Toyota yang Sulit Digeser

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Toyota merupakan salah satu pencetus mobil ekonomis ramah lingkungan di industri otomotif. Begitu pun dengan anak emasnya, Avanza yang telah meraih penghargaan sebagai merek terbaik untuk kategori mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Avanza pun dapat dibilang sebagai brand image Toyota yang mampu membuatnya menjadi mobil MPV pilihan pertama, bagi siapa saja yang mencari mobil MPV dengan harga terjangkau.

Irit Bahan Bakar dan Mampu Menampung Tujuh Orang Sekaligus

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Sejak diluncurkan, Avanza muncul sebagai raja sekaligus pionir mobil murah di Indonesia. Meski dijual dengan harga ekonomis, Avanza menawarkan sejumlah inovasi pada performa mesin yang membuat kegiatan berkendara lebih aman dan nyaman. Efisiensi bahan bakar serta luasnya kabin menjadi faktor utama banyak orang jatuh cinta pada mobil sejuta umat ini.

Suku Cadang Mudah Didapat

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Hampir di seluruh bengkel resmi maupun non-resmi menyediakan suku cadang Avanza, baik yang orisinal ataupun KW. Mungkin harganya relatif mahal, tetapi bisa dipastikan kualitas suku cadang asli Toyota Avanza cukup baik. Dengan keberadaan suku cadang yang tersebar di bengkel-bengkel di kota maupun daerah, akses untuk perawatan mobil pun jauh lebih mudah. 

Desain Eksterior Dan Kualitas Mesin Handal

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Jika dilihat dari segi teknis, Toyota Avanza pun menjanjikan performa mumpuni meski dijual dengan harga merakyat. Salah satu keunggulan Toyota Avanza adalah sasis semi-monokok yang berkolaborasi dengan subframe unibody. Tipe sasis yang satu inilah yang membuat Toyota Avanza memiliki sistem gerak roda belakang yang lihai, dan tentunya daya tahan di atas rata-rata.

Di samping itu, Toyota Avanza pun dibekali dengan sistem keamanan yang terjamin. Berkat fitur 3-point-seat belt, seatbelt warning, side impact beam, serta ABS, Toyota Avanza memastikan setiap penumpang terlindung dari risiko benturan.

Memiliki tampilan mobil MPV sejati

Kriteria Mobil MPV Terbaik untuk Keluarga yang Nyaman dan Aman

Meski terdengar sedikit memaksakan, kita tidak dapat memungkiri bahwa banyak orang yang lebih menyukai tampilan Toyota Avanza dibanding rivalnya. Mereka yang sudah jatuh hati pada Toyota Avanza menilai bahwa produk andalan Toyota ini punya tampilan luar yang tinggi dan gagah.

Hal tersebut sebenarnya wajar jika kita melihat penggerak roda, tinggi mobil, ban dengan velg 14 inch, dan posisi kemudinya. Berdasarkan tampilannya, mungkin Toyota Avanza sangat layak jika menyandang gelar tampilan mobil MPV sejati.

Foto: Garasi.id

Cek Ribuan Listing Toyota Avanza Berkualitas di Garasi.id

Toyota Avanza adalah salah satu mobil yang paling banyak dicari di Garasi.id. Ini karena Avanza mampu memenuhi kebutuhan kendaraan keluarga di Indonesia.

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Sep 2019 | 11:20 WIB
BAGIKAN