New Norma Masa Transisi PSBB
New Norma Masa Transisi PSBB

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

26 Jun 2020 | 13:10 WIB

Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, sejumlah kelonggaran sudah mulai diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Termasuk di sektor lalu lintas dan transportasi. Namun, tetap ada aturannya. Mobil pribadi diizinkan membawa penumpang penuh selama digunakan satu keluarga yang satu alamat, terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK). Sementara untuk pengendara mobil pribadi yang berbeda alamat, tetap harus menjalankan pembatasan 50 persen seperti angkutan umum, atau layaknya seperti PSBB biasanya. 

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

Melansir di Kompas.com, berikut rincian detail aturan berkendara yang diatur pada Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan ( Dishub) DKI Jakarta Nomor 105 Tahun 2020, tentang Pengendalian Sektor Transportasi Untuk Pencegahan Covid-19 Pada masa Transisi. 

  • Mobil perorangan, dalam satu baris jumlah penumpang yang boleh diangkut sebanyak dua orang. Diperbolehkan mengisi penuh asal berdomisili di alamat yang sama. 
  • Layanan taksi konvensional dua baris atau pun taksi online, boleh membawa empat orang dengan konfigurasi dua di depan dan dua di belakang.
  • Mobil 3 baris seperti mobil MPV diperbolehkan membawa kapasitas penumpang enam orang, dengan komposisi dua depan, dua tengah, dan dua belakang.

Melihat aturan tersebut, akan sangat tepat untuk menggunakan mobil MPV atau mobil-mobil dengan daya tampung yang besar. Karena akan mempermudah menopang aktivitas keluarga sehari-hari tanpa melanggar aturan mengenai masa transisi covid-19 ini. Selain memiliki keunggulan dengan kapasitas angkutnya, berikut alasan mengapa mobil 3 baris yang didominasi jenis MPV sangat tepat untuk dimiliki.

Kapasitas mobil MPV muat banyak

Bagi Sahabat yang selalu melakukan aktivitas bersama dengan keluarga, hal yang menjadi perhatian khusus adalah kapasitas penumpang. Apalagi di tengah masa transisi seperti ini akan sangat sulit jika memiliki mobil dengan kapasitas yang sedikit.

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

Dibandingkan dengan mobil jenis lainnya, mobil MPV memiliki daya tampung penumpang lebih banyak, yakni 7-8 orang. Dua orang bisa menempati kursi bagian depan, sedangkan kursi bagian tengah dan belakang masing-masing bisa ditempati tiga orang. Tidak melanggar aturan masa transisi bukan?

Ruang Mobil MPV Luas

Setelah kapasitas penumpang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah daya tampung untuk barang bawaan. Barang bawaan ini biasanya berupa tas, oleh-oleh, ataupun perlengkapan sehari-hari  lainnya. Jangan sampai barang-barang tersebut malah mengganggu kenyamanan perjalanan.

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

Faktanya, banyak orang yang meletakkan barang-barang tersebut di tempat duduk atau ruang kosong dekat pijakan kaki. Alih-alih menikmati perjalanan, mereka malah terganggu dengan kehadiran barang-barang tersebut. Untungnya, mobil MPV memiliki kabin khusus untuk meletakkan barang di bagian belakang.

Nyaman Untuk Dikendarai

Mengemudi lama untuk perjalanan jauh seperti mudik tidak bisa disepelekan. Untuk itu, kenyamanan berkendara menjadi faktor penting yang wajib dicermati. Dengan ukuran kabin yang cukup luas dan kapasitas penumpang yang lebih banyak, mobil MPV bisa memberikan kenyamanan lebih bagi pemudik, terutama bila pergi dengan 4-5 orang saja.

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

Mereka bisa punya ruang lebih untuk istirahat, misalnya tidur atau sekadar berselonjor. Bayangkan bila kamu pergi menggunakan mobil sedan atau city car. Jangankan meluruskan kaki dan meregangkan badan, bergerak pun akan sulit karena harus duduk berdesak-desakan.

Ground Clearance Tinggi

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

Satu hal lain yang wajib diperhatikan adalah kemampuannya untuk melewati berbagai medan, misalnya jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir. Untuk itu, mobil MPV yang memiliki ground clearance tinggi menjadi pertimbangan khusus.

Value for money

Kebutuhan sehari-hari yang kian meningkat membuat kita berhitung dalam membeli kendaraan baru. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap orang mau mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau namun dengan fitur-fitur yang mutakhir. Kondisi jalanan rusak dan bergelombang juga acap kali menjadi pertimbangan dalam membeli jenis mobil. 

Aturan Selama Masa Transisi PSBB, Jenis MPV Jadi Mobil PIlihan Masyarakat

Di sinilah mobil MPV hadir sebagai pilihan yang tepat, karena harga sepadan dengan apa yang keluarga kamu dapatkan. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa mendapatkan mobil yang nyaman, awet, dan fitur-fitur keselamatannya terjamin. Membeli mobil MPV merupakan investasi tersendiri bagi keluarga Sahabat.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 26 Jun 2020 | 13:10 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil